Bermanfaat bagi Tubuh, Tempe bisa atasi Penyakit ini!

Oleh : Dirk/Okezone | Kamis, 08 Agustus 2019 | 18:10 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Mungkin masih banyak orang menyepelekan tempe sebagai makanan "murahan". Tetapi, sebenarnya tempe memberikan banyak manfaat kesehatan.

Ahli gizi dari RSUP Fatmawati, Dr Pauline Endang, Sp.GK mengatakan, sebuah penelitian di Jepang memperkirakan kedelai sebagai bahan dasar tempe dan fitroestrogen (kandungan dalam kedelai) berhubungan dengan penurunan risiko endometriosis. Menurutnya, dalam penelitian tersebut, tingginya kadar fitroestrogen dalam kedelai berhubungan dengan penurunan risiko endometriosis stadium lanjut.

Karena itu, Dr Pauline menyarankan mengonsumsi makanan dari kedelai, termasuk tempe. Namun, Dr Pauline mengingatkan tentang cara pengolahan tempe agar bermanfaat.

"Jangan dimasak dengan digoreng, karena merusak fitrostrogen dalam kedelai, sehingga manfaatnya bisa hilang," ujarnya di RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Fitroestrogen dalam kedelai juga hilang ketika dimasak dengan panas 70 derajat celsius. Tempe bisa dikukus, dibacem biar lebih enak, agar manfaatnya tidak hilang," imbuhnya.

Dibanding makanan dari kedelai lain, tempe memang paling tinggi mengandung fitroestrogen, karena melalui proses fermentasi. Sedangkan, makanan dari kedelai lain seperti susu dan tahu lebih sedikit mengandung fitroestrogen, karena tidak melalui proses fermentasi.

"Karena, misalnya pada tahu itu kan yang diambil ampasnya, sehingga sedikit fitroestrogen-nya. Jadi jangan salah, tempe itu banyak manfaatnya bagi kesehatan, tetapi harus benar cara pengolahannya," tutupnya.




Fokus : Tempe


#Penyakit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Manfaat Sehat Tidur tanpa Pakaian

Wartakesehatan - Banyak ahli dan dokter yang sudah mengatakan bahwa memiliki tidur yang berkualitas dapat membuat tubuh..
Seks - 2 hari yang lalu

Ketahui 5 Fakta tentang Ejakulasi Dini

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masalah umum yang sering menghantui pria dewasa saat melakukan hubungan seksual..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jangan sepelekan Jeruk Lemon

Wartakesehatan - Selama ini kita mengenal lemon sebagai minuman yang konsumsi setelah makan makanan...
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Keringat Berlebihan ini 7 Penyebabnya!

Wartakesehatan - Beberapa orang sering mengalami berkeringat secara berlebihan, bahkan tanpa beraktivitas. Sejujurnya..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

10 Manfaat Sehat Jagung

Wartakesehatan.com - Di Indonesia sendiri masih jarang menggunakan jagung sebagai makanan pokok sehari-hari. Padahal..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Turunkan Resiko Diabetes dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Sebuah hasil studi membawa kabar baik bagi pecinta kopi. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kopi..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Diet Sehat dengan Pepaya

Wartakesehatan.com - Banyak wanita pasti ingin memperoleh tubuh yang lansing dan ideal, biasanya untuk memeperoleh tubuh..
Mamin - 2 hari yang lalu

Kebisaan Buruk Pekerja Saat Makan Siang

Wartakesehatan.com - Ada banyak juga orang yang makan siang sambil bekerja. Akibatnya, mereka tidak memakan menu makan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

4 Manfaat yang Tak Terduga dari Cabe

Wartakesehatan.com - Apakah Anda termasuk orang yang suka makan cabai? Selain memiliki sensasi yang pedas di lidah, cabai..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Plum Berkhasiat bagi Jantung

Wartakesehatan.com - Plum adalah salah satu buah segar dan lezat yang mengandung antioksidan tinggi. Buah plum memiliki..

+Indeks