Maag Sering Kambuh? Hindari Makanan Jenis Ini!

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Kamis, 21 April 2016 | 16:04 WIB


IST

Wartakesehatan - Jika Anda sering kali mengalami sakit maag, hal yang menjadi kemungkinan adalah Anda masih saja mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu sehingga penyakit maag Anda jadi sering mampir.

Perlu diketahui bahwa maag merupakan gangguan lambung yang banyak diderita masyarakat Indonesia, terutama wanita. Rasa kembung, perih, mual dan perasaan ditusuk-tusuk pada bagian lambung dan ulu hati sangat ganggu aktivitas. Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah penyakit yang terjadi karena terjadi luka atau radang di bagian dalam lambung. Selain karena stres, pola makan tidak teratur beberapa jenis makanan yang bisa memicu gangguan maag adalah mengkonsumsi makanan tertentu yang menyebabkan produksi asam lambung lebih banyak. Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk tangkal maag Anda kambuh lagi.

Masam

Makanan masam secara berlebihan menyebabkan lambung mengeluarkan asam lebih banyak, hal ini akan membuat penderita maag merasa nyeri dan kambuh. Contoh makanan masam adalah Kopi, Susu full cream, Minuman beralkohol 5-20%, Anggur putih dan Sari buah sitrus.

Mengandung Gas

Beberapa jenis buah dan sayur dapat menghasilkan gas setelah dikonsumsi. Penderita maag sebaiknya hindari makanan jenis ini. Contoh makanan yang menghasilkan gas diantaranya Kol, Sawi, Nangka, Pisang Ambon, Kedondong, dan minuman yang bersoda.

Sulit Dicerna

Makanan yang sulit dicerna membuat kerja lambung makin berat dan ini dapat memicu maag kambuh. Beberapa makanan yang sulit dicerna antara lain makanan berlemak, kue tart dan keju.

Merusak Lambung

Anda yang memilik keluhan maag sebaiknya kurangi beberapa jenis makanan yang melukai lambung, makan berlebihan pedas, cuka, merica dan asam berlebih dapat melukai lambung.

Sumber Karbohidrat

Berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat juga tidak baik untuk lambung penderita maag. Makanan yang mengandung karbohidrat seperti beras ketan, Mie, Bihun, Bulgur, Jagung, Singkong, Tales dan dodol.

Jadi jika Anda sudah merasa berlebih mengonsumsi makanan diatas, untuk menghentikan konsumsi makanan itu, ingatlah beberapa waktu lalu ketika maag Anda kambuh.




Fokus : Maag


#Maag
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






2 jam yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
5 jam yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..
7 jam yang lalu

Ini Dia Beberapa Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan jika tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Mood

Wartakesehatan.com - Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, studi yang memberitakan dalam..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Langkah Hindari Terjadinya Pikun

Wartakesehatan.com - Pikun terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Bermanfaat Penting bagi Kesehatan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Saat sedang menjalankan puasa  ternyata memiliki banya manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buka Puasa dengan Kurma bisa Cegah Diare

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang manis alami, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan selama berpuasa lho. Salah..

+Indeks