Kenali 3 Ciri Penyakit Skizofrenia

Oleh : Dirk Christ | Rabu, 27 April 2016 | 07:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 mengatakan penyakit gangguan jiwa berat atau skizofrenia cukup besar diderita penduduk Indonesia, hal ini cukup memprihatinkan.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit gangguan jiwa dimana penderita mengalami putus kontak dengan realitas sehingga memiliki dunia sendiri yang orang lain sulit mengerti.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang dialami oleh para penderita skizofrenia yang perlu Anda ketahui.

1. Halusinasi
Di sini, penderita mengalami sensasi atau indera dengan hal-hal yang sebenarnya tidak dirasakan oleh orang lain secara visual atau pendengaran.

"Dia akan mendengar bisikan-bisikan dari dalam kepala atau merasa melihat seseorang yang tidak ada di dunia nyata," ujar Ivan Sujana, M. Psi, psikolog klinis Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dikutip dari Metrotvnews.com.

2. Delusi atau waham
Delusi atau waham adalah pemikiran dimana seseorang meyakini suatu hal yang tidak sesuai dengan realitas. Contohnya, ia merasa dirinya adalah utusan Tuhan atau ia merasa disenangi oleh artis terkenal yang di kehidupan nyata tidak memiliki hubungan sama sekali.

3. Emosi yang kurang tepat
Penderita skizofrenia biasanya menunjukkan emosi yang berlawanan dengan respon orang normal saat menghadapi suatu kejadian. "Saat di pemakaman yang identik dengan suasana sedih, penderita akan tertawa-tawa sendiri," ujar Ivan memberikan contoh.




Fokus : Skizofrenia


#Skizofrenia
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
8 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks