Penyakit Kronis Bisa Muncul Akibat Kurang Tidur

Oleh : Ilham Moestavi | sidomi.com | Kamis, 28 April 2016 | 08:00 WIB


IST

Wartakesehatan - Sebuah studi terbaru telah menemukan tentang hal yang mengaitkan seringnya kurang tidur di malam hari dengan Tingginya risiko mengalami sindrom metabolik. Beberapa penyakit yang bisa muncul dari sindrom ini adalah diabetes, penyakit jantung dan stroke.

Dari studi yang dlakukan selama dua tahun tersebut menemukan, Orang yang tidurnya kurang dari enam jam setiap harinya memiliki risiko terkena sindrom metabolik sampai 41 persen dibanding mereka yang jam tidurnya 6-8 jam per hari. Studi ini melibatkan orang dewasa sebanyak 2.600 sampel.

"Seseorang yang memiliki jam tidur pendek harus menyadari berkembangnya riko sindrom metabolik yang dapat meningkatkan risiko mereka terhadap penyakit kronis" kata Dr Jang Young Kim, peneliti utama dari Universitas Yonsei, Korea Selatan, seperti dikutip laman Detik Health.

Hanya saja studi ini masih memiliki kekurangan. Pengamatan tidak mendapatkan data tentang kualitas tidur. Hasil didapat dari informasi peserta yang melaporkan tentang kebiasaan tidur mereka, keadaan medis, sampai gaya hidup. Meski begitu, studi masih berkesesuaian dengan hasil penelitian lainnya yang mengkaji hal serupa.

Misalnya menurut peneliti tentang tidur dari Universitas Chicago, Kristen Knutson, tidur yang terlalu singkat dikaitkan dengan berkembangnya sindrom metabolic dalam tubuh.Seseorang perlu untuk melakukan gaya hidup sehat untuk mengatasi sindrom ini. Menjaga pola tidur, mengendalikan pola makan hanya dengan yang menyehatkan, dan berolahraga adalah beberapa cara yang bisa ditempuh.

“Hingga saat ini hanya dengan gaya hidup sehat termasuk dengan jam tidur yang tepat, diet sehat dan olahraga yang dapat bermanfaat menjaga kesehatan Anda,” ujar Knuston.




Fokus : Kurang Tidur


#Kurang Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

4 Jenis Insomnia yang Perlu Diketahui

Wartakesehatan - Dokter dari Klinik Gangguan Tidur Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, Astuti,..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Menguap Teryata Miliki Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Menguap adalah indikasi dari perasaan bosan, lelah dan juga mengantuk. Sadar atau tidak, saat kita..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 14 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 18 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 19 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 20 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..

+Indeks