Penyakit Kronis Bisa Muncul Akibat Kurang Tidur

Oleh : Ilham Moestavi | sidomi.com | Kamis, 28 April 2016 | 08:00 WIB


IST

Wartakesehatan - Sebuah studi terbaru telah menemukan tentang hal yang mengaitkan seringnya kurang tidur di malam hari dengan Tingginya risiko mengalami sindrom metabolik. Beberapa penyakit yang bisa muncul dari sindrom ini adalah diabetes, penyakit jantung dan stroke.

Dari studi yang dlakukan selama dua tahun tersebut menemukan, Orang yang tidurnya kurang dari enam jam setiap harinya memiliki risiko terkena sindrom metabolik sampai 41 persen dibanding mereka yang jam tidurnya 6-8 jam per hari. Studi ini melibatkan orang dewasa sebanyak 2.600 sampel.

"Seseorang yang memiliki jam tidur pendek harus menyadari berkembangnya riko sindrom metabolik yang dapat meningkatkan risiko mereka terhadap penyakit kronis" kata Dr Jang Young Kim, peneliti utama dari Universitas Yonsei, Korea Selatan, seperti dikutip laman Detik Health.

Hanya saja studi ini masih memiliki kekurangan. Pengamatan tidak mendapatkan data tentang kualitas tidur. Hasil didapat dari informasi peserta yang melaporkan tentang kebiasaan tidur mereka, keadaan medis, sampai gaya hidup. Meski begitu, studi masih berkesesuaian dengan hasil penelitian lainnya yang mengkaji hal serupa.

Misalnya menurut peneliti tentang tidur dari Universitas Chicago, Kristen Knutson, tidur yang terlalu singkat dikaitkan dengan berkembangnya sindrom metabolic dalam tubuh.Seseorang perlu untuk melakukan gaya hidup sehat untuk mengatasi sindrom ini. Menjaga pola tidur, mengendalikan pola makan hanya dengan yang menyehatkan, dan berolahraga adalah beberapa cara yang bisa ditempuh.

“Hingga saat ini hanya dengan gaya hidup sehat termasuk dengan jam tidur yang tepat, diet sehat dan olahraga yang dapat bermanfaat menjaga kesehatan Anda,” ujar Knuston.




Fokus : Kurang Tidur


#Kurang Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
10 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks