Penyakit Kronis Bisa Muncul Akibat Kurang Tidur

Oleh : Ilham Moestavi | sidomi.com | Kamis, 28 April 2016 | 08:00 WIB


IST

Wartakesehatan - Sebuah studi terbaru telah menemukan tentang hal yang mengaitkan seringnya kurang tidur di malam hari dengan Tingginya risiko mengalami sindrom metabolik. Beberapa penyakit yang bisa muncul dari sindrom ini adalah diabetes, penyakit jantung dan stroke.

Dari studi yang dlakukan selama dua tahun tersebut menemukan, Orang yang tidurnya kurang dari enam jam setiap harinya memiliki risiko terkena sindrom metabolik sampai 41 persen dibanding mereka yang jam tidurnya 6-8 jam per hari. Studi ini melibatkan orang dewasa sebanyak 2.600 sampel.

"Seseorang yang memiliki jam tidur pendek harus menyadari berkembangnya riko sindrom metabolik yang dapat meningkatkan risiko mereka terhadap penyakit kronis" kata Dr Jang Young Kim, peneliti utama dari Universitas Yonsei, Korea Selatan, seperti dikutip laman Detik Health.

Hanya saja studi ini masih memiliki kekurangan. Pengamatan tidak mendapatkan data tentang kualitas tidur. Hasil didapat dari informasi peserta yang melaporkan tentang kebiasaan tidur mereka, keadaan medis, sampai gaya hidup. Meski begitu, studi masih berkesesuaian dengan hasil penelitian lainnya yang mengkaji hal serupa.

Misalnya menurut peneliti tentang tidur dari Universitas Chicago, Kristen Knutson, tidur yang terlalu singkat dikaitkan dengan berkembangnya sindrom metabolic dalam tubuh.Seseorang perlu untuk melakukan gaya hidup sehat untuk mengatasi sindrom ini. Menjaga pola tidur, mengendalikan pola makan hanya dengan yang menyehatkan, dan berolahraga adalah beberapa cara yang bisa ditempuh.

“Hingga saat ini hanya dengan gaya hidup sehat termasuk dengan jam tidur yang tepat, diet sehat dan olahraga yang dapat bermanfaat menjaga kesehatan Anda,” ujar Knuston.




Fokus : Kurang Tidur


#Kurang Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 1 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 1 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks