Find us on:

Terlanjur Gemuk? Inilah 5 Olahraga yang Tepat

Oleh : Ilham Moestavi | Jumat, 29 April 2016 | 12:05 WIB


IST

Wartakesehatan - Berat badan yang selalu meningkat sehingga mengalami kegemukan karena kurang gerak dan sebaliknya, tentu akan sulit juga untuk bergerak karena terlanjur gemuk. Bagi orang gemuk, memaksakan diri bergerak bisa meningkatkan risiko cedera. Beberapa kasus cedera saat olahraga terjadi karena seseorang kurang mengantisipasi berat badannya yang berlebihan. Keseleo dan pergeseran sendi adalah sebagian di antaranya.

Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi kegemukan? Selain mengurangi porsi makan, olahraga tetap harus dilakukan. Hanya saja, cara dan pilihan jenis olahraganya harus diperhatikan. Prinsipnya, pilih yang sifatnya low-impact.

Beberapa pilihan jenis olahraga untuk orang-orang yang sudah telanjur gemuk adalah sebagai berikut, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Renang

Renang adalah olahraga paling banyak dianjurkan untuk orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan. Bukan hanya low-impact, olahraga ini bahkan disebut-sebut sebagai no-impact sama sekali. Sangat minim risiko cedera karena tidak memberi beban berlebihan pada persendian. Di sisi lain, sangat efisien membakar kalori.

2. Jalan kaki

Bagi yang tidak bisa berenang, jangan khawatir karena masih ada banyak pilihan. Jalan kaki termasuk jenis olahraga low-impact yang paling murah sekaligus mudah karena tidak membutuhkan peralatan apapun.

Syaratnya satu, lakukan dengan intensitas yang lebih tinggi dari sekedar jalan santai. Gunakan pedometer untuk menghitung, usahakan mencapai 100 langkah permenit atau 3.000 langkah per 30 menit.

3. Latihan beban

Ada banyak manfaat yang didapat saat melakukan latihan beban, dan orang-orang gemuk bisa mendapatkan manfaat lebih. Mereka bisa memanfaatkan berat badannya sendiri sebagai beban ekstra untuk meningkatkan pembakaran kalori.

Para ahli mengatakan, latihan beban efektif meningkatkan basal metabolic rate (BMR), yakni laju pembakaran kalori saat tubuh tidak sedang beraktivitas.

4. Yoga dan sejenisnya

Biasanya, olahraga semacam ini masuk dalam kategori 'mind and body'. Selain Yoga, juga ada Tai Chi dan berbagai jenis olahraga pernapasan. Kelebihannya adalah minim hentakan, sehingga tidak membebani persendian. Selama dilakukan dengan gerakan yang benar, dijamin akan ada banyak kalori yang terbakar.

5. Group training

Apapun jenis olahraganya, musuh utama konsistensi adalah rasa bosan. Dan cara untuk mengatasi kebosanan adalah dengan mencari dukungan sosial. Bergabung dalam kelas-kelas olahraga berkelompok adalah pilihan yang tepat, tapi pastikan dulu jenis olahraganya tidak high-impact.




Fokus : Gemuk


#Gemuk #Olah raga
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks