Musik Bermanfaat bagi Bayi

Oleh : Dirk/kompas | Sabtu, 30 April 2016 | 22:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Alunan musik tak hanya enak didengar dan menenangkan. Bagi bayi, musik bermanfaat untuk perkembangan otaknya.

Menurut para ahli, pola berirama dalam musik dapat meningkatkan kemampuan bayi dalam berbicara. Seperti musik, bahasa memiliki pola ritmis yang kuat sehingga membantu meningkatkan kemampuan identifikasi perbedaan suara yang akan membantu bayi belajar berbicara.

Para peneliti dari Universitas Washington menemukan, bayi 9 bulan yang diperkenalkan dengan musik memiliki peningkatan kemampuan pengolahan otak.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Prosiding National Academy of Sciences ini mengamati bayi-bayi selama 15 menit dalam kurun waktu sebulan. Ada 20 bayi yang bermain dengan musik bersama orangtuanya. Kemudian 19 bayi melakukan permainan tanpa musik.

Peneliti kemudian melihat perbedaan aktivitas otak bayi yang diperdengarkan dengan musik dan tidak. Bayi yang mendengarkan musik memiliki respon otak yang lebih kuat pada pendengarannya. Jjika terjadi gangguan dalam irama musik, bayi akan merespon.

Penulis studi T. Christina Zhao. University of Washington's Institute for Learning & Brain Sciences mengatakan, penelitiannya ini menunjukkan pola ritmis dalam musik dapat meningkatkan kemampuan bayi untuk berbicara.

Para ahli mengatakan, mendengarkan musik maupun memainkan alat musik pada bayi juga akan meningkatkan keterampilan kognitif yang lebih luas. 

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan, suara musik yang diperkenalkan pada bayi saat masih dalam kandungan bisa menstimulasi pendengaran bayi. Selain itu, mendengarkan musik yang pelan juga dipercaya membuat bayi menjadi lebih tenang.




Fokus : Musik


#Bayi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

WFH Bikin Sakit Kepala Ini Obatnya

JAKARTA - Sejak bulan Maret 2020, sebagian besar kantor sudah menerapkan kebijakan kerja dari rumah (WFH) akibat penularan..

+Indeks