Rambut Rontok Bisa disebabkan Beberapa Gaya Rambut Ini

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Selasa, 03 Mei 2016 | 07:34 WIB


IST

Wartakesehatan - Memang tak ada larangan untuk setiap orang dalam memilih gaya rambutnya masing-masing. Namun, pilihan gaya tersebut jangan sampai membuat rambut rontok. Seperti di kalangan keturunan Afrika Amerika, misalnya, kebiasaan menarik rambut agar tampak lurus malah membahayakan.

Sejumlah peneliti dari John Hopkins School of Medicine di kota Baltimore menelaah 19 penelitian tentang hal itu dan menemukan ”hubungan erat” antara gaya rambut yang melibatkan penarikan kulit kepala dengan traction alopecia, yaitu kerontokan perlahan pada rambut karena kerusakan akar rambut.

Dikutip pada Selasa (3/5/2016), traction alopecia merupakan jenis kerontokan rambut yang paling sering di antara kaum wanita kulit hitam di Amerika dan berdampak pada sekitar sepertiga populasi wanita kulit hitam AS.

Penelitian ini memang tidak membuktikan hubungan sebab-dan-akibat. Namun demikian, terungkaplah gaya-gaya rambut yang berkaitan dengan jenis kerontokan ini, misalnya kepang, kunciran buntut kuda yang ketat, gimbal, pelurusan dan perpanjangan (extension). Apalagi jika rambutnya diluruskan secara kimiawi, demikian laporan penelitian tersebut.

“Rambut merupakan hal utama rasa percaya diri dan identitas bagi banyak orang. Tapi, ironisnya, beberapa gaya rambut yang dimaksudkan untuk meningkatkan rasa percaya diri malah mengarah kepada kerusakan rambut dan kulit kepala,” kata Dr. Crystal Aguh, asisten profesor dermatologi di John Hopkins melalui suatu terbitan pers.

Temuan ini menunjukkan perlunya ahli dermatologi mempelajari potensi bentuk kerusakan gaya rambut ini dan menasehatkan pasien tentang risiko dan alternatifnya, demikian diusulkan oleh para peneliti.

Traction alopecia bisa dicegah dan intervensi dini dapat menghentikan ataupun membalik keadaan itu, kata para peneliti. Berganti-ganti gaya rambut dan pencegahan penarikan terus menerus pada akar rambut bisa membantu.

“Kita harus lebih baik lagi sebagai penyedia layanan untuk menawarkan para pasien kita bimbingan yang selayaknya supaya mereka tetap sehat dari ujung kepala hingga ujung kaki,“ kata Aguh lagi.

Penelitian ini sudah diterbitkan secara daring dalam Journal of the American Academy of Dermatology edisi 17 April 2016.




Fokus : Rambut Rontok


#Rambut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 2 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks