Bahaya Kurang Tidur

Nur Wasiah/metrotvnews | Rabu, 04 Mei 2016 | 19:30 WIB


(ilustrasi)

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan hal wajib bagi semua orang dan semua usia. Bayi yag baru lahir memiliki kebutuhan tidur yang lebih banyak sedangkan orang dewasa dan lanjut usia paling tidak tidur kurang lebih tujuh sampai delapan jam. Anda tidak akan percaya bahaya dari kurang tidur sebagai berikut.

Menurut Royal Society for Public Health, kurang tidur tersebut menyebabkan sepertiga orang merasa depresi dan lebih dari setengahnya menjadi stres. Selain itu, risiko lain yang bisa dihadapi adalah tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, dan stroke.

Shirley Cramer CBE, Chief Executive dari RSPH, mengatakan, "Kurang tidur dan gangguan tidur berdampak pada kemampuan kita untuk menjalani gaya hidup sehat dan berkaitan dengan berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, serangan jantung dan depresi."

Laporan tersebut mengemukakan bahwa tidur adalah kegiatan terpenting kedua untuk mengoptimalkan kesehatan dan kesejahteraan, selain tidak merokok, berolahraga, dan tidak mengonsumsi terlalu banyak alkohol. Namun, orang dewasa masih sulit mengatur jadwal tidur mereka.

Beberapa alasan mengapa mereka kurang tidur adalah macet, jadwal kerja shift, mengasuh anak, dan bercengkerama hingga larut malam.

Seorang juru bicara dari RSPS mengatakan, "Sayangnya, kelihatannya banyak yang beranggapan dengan gaya hidup yang modern dan sibuk ini, cukup tidur akan sulit untuk dilakukan. Dan itu memang terjadi."

Orang mengerti kurang tidur berakibat buruk dan membuat menjadi kurang produktif, namun mereka tidak memperhatikan efek kesehatan yang akan dialami.

Untuk mengatasi masalah tersebut, masyarakat menyerukan pengenalan pedoman waktu tidur untuk menginformasikan pentingnya pola tidur yang lebih baik, yaitu sekitar 7-9 jam bagi kebanyakan orang dewasa.

"Orang-orang bisa mendapatkan kesempatan tidur yang lebih baik dengan melakukan perubahan kecil seperti tidak melihat layar gadget sebelum tidur," ujar salah satu juru bicara.

Tidur yang baik adalah imbas dari perilaku sehat dari aspek kehidupan lain, seperti makan dengan sehat dan melakukan banyak aktivitas fisik. Sebaliknya, pola tidur yang baik dapat membuat seseorang berperilaku sehat.




#Kurang Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 54 menit yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 3 jam yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 6 jam yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..
Herbal - 7 jam yang lalu

Jamu Tradisional anti Anemia

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang lebih memilih menggunakan obat dan jamu tradisional dibandingkan dengan obat..
Kecantikan - 8 jam yang lalu

Waspada, Jerawat bisa memicu Bunuh Diri

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti tidak asing dengan yang namanya jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan di mana..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Lemon Hangat Bantu Turunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Kandungan vitamin C dalam lemon dinilai mampu menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Tapi..

+Indeks