Olahraga Bisa Turunkan Nafsu Makan Jika dilakukan Usai Bekerja

Oleh : Ilham Moestavi | cnnindonesia.com | Selasa, 17 Mei 2016 | 15:32 WIB


IST

Wartakesehatan - Mungkin bisa dikatakan hampir setiap perempuan menginginkan berat badannya turun menjadi seindah mungkin. Berbagai upaya dilakukan dari diet sampai olahraga, tujuannya agar bisa mendapat tubuh ideal.

Namun, dalam sebuah penelitian terbaru, terungkap bahwa orang yang berolahraga sehabis kerja lebih mungkin turun badan. Hasil ini dibandingkan dengan orang yang beristirahat setelah bekerja.

Penelitian kecil yang dirilis dalam jurnal Medicine 7 Science in Sports & Exercise menemukan bahwa istirahat setelah melakukan pekerjaan yang menguras mental dan otak memungkinkan orang akan makan lebih banyak. Sedangkan orang yang berolahraga setelah bekerja akan makan lebih sedikit.

Studi ini melibatkan 38 mahasiswa dengan persiapan menuju ujian masuk sekolah pascasarjana. Setelah mereka mengerjakan ujian, selama 15 menit mereka diminta untuk beristirahat.

Kelompok lainnya juga diminta mengerjakan ujian, namun 15 menit setelahnya diharuskan berolahraga ringan seperti lari di treadmill atau aktivitas fisik lainnya. Setelahnya, mereka diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan sebanyak yang diinginkan.

Hasil menunjukkan orang-orang yang melakukan pekerjaan menguras mental dan pikiran lalu kemudian beristirahat, mengonsumsi rata-rata 100 kalori lebih banyak saat santai.

Sebaliknya, orang yang sehabis bekerja dilanjutkan dengan olahraga justru tidak banyak mengonsumsi kalori. Padahal, secara penggunaan energi lebih besar pada kelompok olahraga saat santai dibanding kelompok sebelumnya.

"Olahraga memiliki kemampuan untuk meningkatkan ketersediaan sumber daya dalam tubuh yang kemudian memberikan sinyal kepada otak yang menyatakan bahwa tubuh tidak perlu mengisi energi melalui makanan," kata penulis studi William H Neumeier dari University of Alabama di Birmingham, seperti yang dilansir Time.

Menurut Neumeier, penelitian lebih dalam diperlukan mengapa otak justru menolak rasa lapar sehabis bekerja dan berolahraga. Namun Neumeier menduga olahraga berpengaruh pada keberadaan hormon ghrelin yang berperan membuat rasa lapar.

"Mungkin olahraga adalah sebuah gangguan yang menjaga keinginan atas makanan," katanya. "Saya rasa ini dapat sangat digunakan untuk beberapa orang yang bekerja dengan duduk terus menerus karena lebih mempengaruhi mental dibandingkan pekerjaan fisik." katanya.




Fokus : Makan


#Makan #Olahraga
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 26 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks