Polusi sangat Berdampak Buruk bagi Ibu Hamil

Oleh : Dirk/pregnancy | Rabu, 18 Mei 2016 | 23:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Polusi merupakan sesuatu yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, apalagi yang tinggal di daerah perkotaan. Di setiap tempat terdapat polusi asap dari kendaraan bermotor dan juga polusi asap rokok dari pada perokok.

Bagi ibu hamil polusi tentulah sangat berbahaya,untuk itu ibu hamil harus bisa menjaga kesehatan diri sendiri dan calon buah hatinya.

Sejumlah studi menyebutkan, wanita hamil yang banyak menghirup udara tercemar di luar ruangan dapat menyebabkan bayinya berbobot rendah saat dilahirkan. Dilaporkan bahwa sumber polusi udara berasal dari asap knalpot kendaraan, pembangkit listrik, hingga partikel debu.

Para peneliti kemudian memperhatikan berat lahir dari sekitar 3 juta bayi untuk menilai hubungan antara paparan polusi udara pada ibu hamil dengan berat bayi lahir rendah. Para peneliti menemukan, setiap kenaikan 10 mikrogram partikel polusi per m³ udara yang terhirup oleh ibu hamil dapat menurunkan berat lahir Sang Bayi sebesar 8,9 gram. Berat bayi lahir rendah merupakan faktor risiko yang diketahui dapat menyebabkan kematian bayi, gangguan jantung, pernapasan, dan tumbuh-kembang di kemudian hari.

“Studi ini meningkatkan keyakinan kita bahwa dampak polusi udara pada bayi dengan berat lahir rendah adalah nyata,” ungkap Tracey Woodruff, Ph.D., seorang ilmuwan kesehatan reproduksi bagian kesehatan ibu dan bayi di University of California, San Francisco Medical Center.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan adanya pengaruh ibu hamil yang terpapar udara tercemar dengan berbagai gangguan  kehamilan yang merugikan, termasuk berat bayi lahir rendah, kelahiran prematur, kematian bayi, dan kelainan bawaan. Sementara itu, beberapa studi juga telah menemukan hubungan yang kuat antara polusi udara luar dan pertumbuhan janin.

Berat bayi lahir rendah memang tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat polusi udara saja. Beberapa faktor lain, seperti status sosial ekonomi ibu dan asap rokok juga turut memengaruhinya. Selain ibu hamil, polusi udara juga berdampak buruk terhadap kesehatan orang dewasa lainnya, seperti penyebab timbulnya asma, penyakit jantung, diabetes, dan stroke




Fokus : Polusi


#Ibu Hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 19 menit yang lalu

Macam-Macam Infeksi Mata Dan Cara Mengatasinya

Wartakesehatan.com-Infeksi mata bisa ditandai dengan mata merah, terasa sakit, berair, belekan, dan sensitif terhadap cahaya...
Konsultasi - 49 menit yang lalu

Penyebab Gangguan Otot Yang Perlu Anda Ketahui

Wartakesehatan.com-Gangguan otot dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal itu karena otot merupakan bagian penting dari..
Herbal - 1 jam yang lalu

Mengonsumsi Tomat Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com-Ada banyak cara menurunkan tekanan darah, yang alami jika Anda didiagnosis memiliki..
Konsultasi - 1 jam yang lalu

Cegah Coronavirus,Berhenti Mengonsumsi Hewan Liar

Wartakesehatan.com-Hasil investigasi pada Journal Of Medical Virology mengungkapkan bahwa wabah novel..
Herbal - 2 jam yang lalu

5 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Bagi para pecinta jeruk mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat yang ditawarkan oleh buah berwarna..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Naik Turun Tangga Kantor ,Apakah Termasuk Olahraga?

Wartakesehatan.com-Sulit untuk mencari waktu berolahraga ketika Anda berada di kantor. Naik turun tangga di kantor bahkan..
Herbal - 3 jam yang lalu

Manfaat Dari Daun Siri Merah

Wartakesehatan.com-Inilah beberapa khasiat dari daun jarak merah yang jarang kita ketahui berikut ini kami uraikan beberapa..
Ibu & Anak - 3 jam yang lalu

Bahan Makanan Yang Bisa Menambah nafsu Makan Anak

Wartakesehatan.com-Anak yang kehilangan nafsu makan bisa menjadi masalah besar, Bun. Kurangnya nutrisi bisa memengaruhi gizi..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Minum Air Putih Selepas Bangun Tidur

Wartakesehatan.com - Ada kebiasan yang biasa maupun tidak biasa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman yang..

+Indeks