Gula, 'Si Manis' Pemicu Berbagai Penyakit

Oleh : Dirk/Metro | Rabu, 25 Mei 2016 | 08:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com – Suka yang manis-manis seperti gula? Enak sih tapi mengkonsumsinya secara berlebihan berimbas buruk pada kesehatan. Berikut fakta-fakta menyejutkan dari si manis yang dilanisir Boldsky.

1. Penyakit kanker
Gula memantik produksi sel-sel kanker dalam tubuh. Para peneliti menemukan bahwa β-catenin yang terdapat dalam gula dapat mempengaruhi sel-sel tubuh membentuk sel kanker semakin cepat.

2. Kegemukan
Konsumsi berlebihan fruktosa dapat menyebabkan obesitas pada orang dewasa. Namun, obesitas tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak juga berpotensi serupa. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menyantap gula karena gula akan disimpan dalam perut sehingga menghasilkan sel-sel lemak visceral yang membuat Anda gemuk.

3. Diabetes
Anda perlu mengetahui dengan detail bahwa penyebab utama dari penyakit diabetes itu sebenarnya karena asupan gula yang dikonsumsi penderita. Memakan makanan yang mengandung gula secara berlebihan dan rutin setiap hari bisa membuat gula dalam darah Anda meningkat drastis. Hasilnya, diabetes akan Anda sandang ke depannya.

4. Menyebabkan candu
Tidak hanya kafein maupun alkohol yang bisa menyebabkan kecanduan. Konsumsi gula secara terus menerus juga bisa membuat Anda menjadi seorang pecandu. Bahkan, pada beebrapa kasus, gula dikaitkan dengan kokain dan ganja. Jadi waspadalah dalam mengonsumsi gula mulai hari ini.

5. Memori berkurang
Sebuah studi pada 2012 menemukan bahwa memakan gula secara berlebihan dikaitkan dengan berkurangnya memori secara keseluruhan. Bahkan, gula pun merusak kesehatan kognitif secara perlahan.

6. Menyembunyikan virus HIV
Apakah Anda tahu bahwa gula memiliki kemampuan menyembunyikan virus HIV? Apabila Anda sering makan gula, maka Anda akan sulit mendeteksi keberadaan virus tersebut di dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa virus HIV akan tertutupi molekul-molekul gula.

7. Risiko gagal jantung
Pada 2013, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa terlalu banyak kadar gula dalam tubuh dapat memengaruhi mekanisme pemompaan jantung seseorang dan meningkatkan risiko gagal jantung. Jika tidak mau menyandang risiko terserang penyakit jantung, Anda harus mengurangi asupan gula.

8. Merusak organ hati
Ketika mengonsumsi gula dan  alkohol yang dicampur secara bersamaan, Maka Anda cenderung meningkatkan efek buruk pada kesehatan hati. Campuran dua komponen itu adalah racun bagi organ hati dan dapat merusaknya.

9. Gula tinggi
Anda pasti sudah sering mendengar istilah tentang "gula tinggi." Ini merupakan masalah kesehatan umum yang menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Gula tinggi sangat buruk bagi otak dan secara bersamaan dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.




Fokus : Gula


#Penyakit #Gula
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 30 menit yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 3 jam yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 4 jam yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Wow, Berenang baik bagi Kesehatan Otak

Wartakesehatan.com -  Tahukah Anda bahwa setiap olahraga dapat memberikan efek kesehatan yang berbeda-beda? Tidak..
Obat & Penyakit - 6 hari yang lalu

Kenali Penyebab Anyang-anyangan

Wartakesehatan - Anyang-anyangan tentu saja hampir pernah dirasakan oleh setiap orang. Banyak yang merasa terganggu dengan..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Cek Mata secara Rutin sangat Penting

Wartakesehatan - Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Optometry and Vision Science mengungkapkan bahwa banyak orang tak..

+Indeks