Makanan Protein Tinggi baik saat Berpuasa

Oleh : Dirk/Metro | Sabtu, 28 Mei 2016 | 22:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Seminggu lagi umat muslim diseluruh dunia akan menjalani ibadah puasa. oleh karena itu sudah saatnya menyiapkan strategi agar tetap bersemangat menjalankan ibadah puasa dengan sehat tanpa rasa lemas. Agar tetap bugar selama berpuasa, kuncinya adalah ketika makan sahur dan berbuka puasa.

"Upayakan makan banyak protein saat sahur karena membantu menahan rasa kenyang lebih lama," ujar Prof. Hardinsyah, MS. PhD, Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia dalam edukasi kesehatan bertajuk Pentingnya Keseimbangan Protein untuk Kesehatan Optimal, di Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Hardinsyah tidak menyarankan makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti roti atau bubur.

Jika ingin mengonsumsi karbohidrat, disarankan karbohidrat kompleks yang bisa membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Misalnya, beras merah atau roti gandum.

Hindari pula makanan berlemak yang bisa meningkatkan hormon insulin. Insulin akan mempercepat turunnya gula darah sehingga Anda cepat lapar.

Guru Besar Ilmu Gizi di IPB tersebut juga mengingatkan bahwa saat sahur tak boleh hanya berfokus pada makanan, tetapi juga minuman.

"Baiknya, asupan terakhir yang masuk ke dalam mulut adalah air putih untuk memimalkan dehidrasi yang dialami selama berpuasa," jelasnya.

Dia juga menyarankan untuk tetap berolahraga selama bulan puasa untuk menjaga kebugaran. Adapun waktu olahraga yang tepat, yakni menjelang waktu berbuka. Jadi, ketika Anda sudah merasa haus dan letih, Anda bisa langsung minum pada waktu berbuka.

Pilih olahraga ringan untuk menghindari cedera dan dehidrasi yang parah, mengingat saat berpuasa kondisi seseorang tidak sebugar biasanya.

Fungsi protein

Protein memenuhi 25 persen jaringan otot pada tubuh manusia. Itu sebabnya, protein menjadi salah satu sumber zat gizi yang penting, terutama ketika Anda menjalankan ibadah puasa.

Banyak penelitian menghubungkan kecukupan asupan protein dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan, dari rambut, otot, saluran pencernaan, tulang, darah, otak, jantung hingga kulit.

Meskipun menyimpan energi, protein tidak berfungsi sebagai cadangan makanan layaknya lemak.

"Hal tersebut karena fungsinya yang berhubungan dengan jaringan dan otot," ujar Prof. Hardinsyah, MS. PhD, Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia dalam edukasi kesehatan bertajuk Pentingnya Keseimbangan Protein untuk Kesehatan Optimal, di Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Berapa asupan protein harian yang diperlukan tubuh?

Pentingnya protein untuk kesehatan membuat Kementerian Kesehatan menganjurkan masyarakat untuk mengonsumsi pangan protein yang terdapat pada lauk pauk (2 hingga 4 porsi sehari), atau 20 persen dari satu porsi makanan yang dimakan.

Bahkan, kajian terkini merekomendasikan untuk mengonsumsi 1,5 gram protein per kilogram berat badan dalam sehari agar bisa beraktivitas dengan bugar. 




Fokus : Puasa


#Makanan #Protein
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 40 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks