Makanan Protein Tinggi baik saat Berpuasa

Oleh : Dirk/Metro | Sabtu, 28 Mei 2016 | 22:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Seminggu lagi umat muslim diseluruh dunia akan menjalani ibadah puasa. oleh karena itu sudah saatnya menyiapkan strategi agar tetap bersemangat menjalankan ibadah puasa dengan sehat tanpa rasa lemas. Agar tetap bugar selama berpuasa, kuncinya adalah ketika makan sahur dan berbuka puasa.

"Upayakan makan banyak protein saat sahur karena membantu menahan rasa kenyang lebih lama," ujar Prof. Hardinsyah, MS. PhD, Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia dalam edukasi kesehatan bertajuk Pentingnya Keseimbangan Protein untuk Kesehatan Optimal, di Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Hardinsyah tidak menyarankan makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti roti atau bubur.

Jika ingin mengonsumsi karbohidrat, disarankan karbohidrat kompleks yang bisa membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Misalnya, beras merah atau roti gandum.

Hindari pula makanan berlemak yang bisa meningkatkan hormon insulin. Insulin akan mempercepat turunnya gula darah sehingga Anda cepat lapar.

Guru Besar Ilmu Gizi di IPB tersebut juga mengingatkan bahwa saat sahur tak boleh hanya berfokus pada makanan, tetapi juga minuman.

"Baiknya, asupan terakhir yang masuk ke dalam mulut adalah air putih untuk memimalkan dehidrasi yang dialami selama berpuasa," jelasnya.

Dia juga menyarankan untuk tetap berolahraga selama bulan puasa untuk menjaga kebugaran. Adapun waktu olahraga yang tepat, yakni menjelang waktu berbuka. Jadi, ketika Anda sudah merasa haus dan letih, Anda bisa langsung minum pada waktu berbuka.

Pilih olahraga ringan untuk menghindari cedera dan dehidrasi yang parah, mengingat saat berpuasa kondisi seseorang tidak sebugar biasanya.

Fungsi protein

Protein memenuhi 25 persen jaringan otot pada tubuh manusia. Itu sebabnya, protein menjadi salah satu sumber zat gizi yang penting, terutama ketika Anda menjalankan ibadah puasa.

Banyak penelitian menghubungkan kecukupan asupan protein dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan, dari rambut, otot, saluran pencernaan, tulang, darah, otak, jantung hingga kulit.

Meskipun menyimpan energi, protein tidak berfungsi sebagai cadangan makanan layaknya lemak.

"Hal tersebut karena fungsinya yang berhubungan dengan jaringan dan otot," ujar Prof. Hardinsyah, MS. PhD, Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia dalam edukasi kesehatan bertajuk Pentingnya Keseimbangan Protein untuk Kesehatan Optimal, di Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Berapa asupan protein harian yang diperlukan tubuh?

Pentingnya protein untuk kesehatan membuat Kementerian Kesehatan menganjurkan masyarakat untuk mengonsumsi pangan protein yang terdapat pada lauk pauk (2 hingga 4 porsi sehari), atau 20 persen dari satu porsi makanan yang dimakan.

Bahkan, kajian terkini merekomendasikan untuk mengonsumsi 1,5 gram protein per kilogram berat badan dalam sehari agar bisa beraktivitas dengan bugar. 




Fokus : Puasa


#Makanan #Protein
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 5 jam yang lalu

Ereksi 3-5 kali Semalam Menandakan Kesehatan Pria

Wartakesehatan.com - Seorang Profesor dan Direktur dari Divisi Urologi di Southern Illinois University School of Medicine,..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Pare Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Wartakesehatan.com - Ternyata pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Dampak Buruk Minum Teh Setelah Makan

Wartakesehatan.com - Tahukah kalian kalau ternyata minum teh setelah makan punya dampak buruk bagi tubuh? Dikutip..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Dampak Tak Terduga Dari Diabetes

Wartakesehatan.com - Menurut Osama Hamdy Direktur Inpatient Diabetes Program at the Joslin Diabetes Center, Boston,..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Buah Srikaya Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Buah srikaya cukup mudah ditemui dimanapun. Di toko buah atau pun di pasar. Buah srikaya memiliki daging..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Konsumsi Cokelat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Bagi mereka yang takut gemuk sering kali menghindari coklat. Karena kandungan lemak yang..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

6 Manfaat Terong yang Perlu Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Terong mempunyai banyak jenis mulai dari terong ungu, belanda dan juga terong bulat dan masih..
Mamin - 13 jam yang lalu

Bahaya !! Makanan Sehat Ternyata Mengandung Racun

Wartakesehatan.com - Ini dia lima makanan yang dianggap sehat, namun ternyata mengandung racun berbahaya, seperti dilansir..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

6 Manfaat Sehat Buah Pir

Wartakesehatan.com - Buah Pir merupakan buah yang memiliki rasa buah yang manis keasaman yang menjadikannya sangat segar..
15 jam yang lalu

Bayam Efektif Mengurangi Kembung

Waartakesehatan.com - Makanan sehat merupakan kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mendapatkan berat badan ideal,..

+Indeks