Kurang Tidur Semalam Dapat Menurunkan Sensitivitas Tubuh

Oleh : nurul kinanti/vemale | Selasa, 31 Mei 2016 | 11:32 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Josiane Broussard, PhD dan beberapa peneliti dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles menemukan bahwa kurang tidur semalam saja dapat menurunkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sama besar seperti ketika kamu makan makanan berlemak selama 6 bulan lamanya.

Insulin sendiri adalah hormon yang diproduksi pankreas yang berfungsi menjaga kadar gula dalam darah, berperan dalam mengubah karbohidrat jadi energi dan menyimpan glukosa sebagai lemak tubuh untuk energi cadangan.

Ketika tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin, tubuh tak bisa memproduksi insulin yang cukup untuk menjaga kadar gula darah stabil. Jika kondisi ini berlanjut terus-menerus, maka tubuh bisa dengan muda mengembangkan potensi diabetes tipe 2, di mana tubuh tak dapat lagi memproses dan mengontrol gula dengan baik dalam tubuh.

Penelitian serupa juga dilakukan oleh Dr Broussard, yang mengujicoba pada anjing dengan memberi makanan kaya lemak selama 6 bulan dibandingkan dengan anjing yang tidak tidur semalam. Hasilnya, tubuh anjing mengalami penurunan sensitivitas insulin sebanyak 33 persen.

Orang diabetes atau kencing manis dengan kadar gula darah tinggi akan mudah sakit dan sulit sembuh bahkan berisiko terserang penyakit jantung. Ternyata, sebegitu besarnya pengaruh kurang tidur terhadap kerusakan insulin dan potensi serangan diabetes.

Meski memang dilakukan pada hewan, namun hal ini bisa jadi peringatan kesehatan bagi banyak orang tentang pengaruh kurang tidur yang berbahaya untuk tubuh. Tapi kabar baiknya, masalah insulin yang terjadi ketika kamu kurang tidur bisa "diobati" dengan cara menambah waktu tidur atau cukup tidur.

Jadi, jika kamu kurang tidur beberapa hari ini, bayar hutang tidurmu esok harinya agar tubuh bisa mengembalikan sensitivitas insulin seperti sedia kala lagi sehingga tubuh tak mengembangkan penyakit diabetes ya ladies.




#Kurang Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 2 menit yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 3 jam yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 5 jam yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..
Herbal - 7 jam yang lalu

Jamu Tradisional anti Anemia

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang lebih memilih menggunakan obat dan jamu tradisional dibandingkan dengan obat..
Kecantikan - 8 jam yang lalu

Waspada, Jerawat bisa memicu Bunuh Diri

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti tidak asing dengan yang namanya jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan di mana..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Lemon Hangat Bantu Turunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Kandungan vitamin C dalam lemon dinilai mampu menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Tapi..

+Indeks