Ketahui Bedanya Nyeri Akibat Mag dengan Usus Buntu

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Selasa, 31 Mei 2016 | 13:04 WIB


IST

Wartakesehatan - Gejala yang terjadi pada penyakit mag dan usus buntu memang kerap kali memiliki efek yang hampir serupa. Sakit mag merupakan penyakit lambung yang sangat menggangu. Sakit mag terkadang tiba-tiba muncul saat menjalankan aktivitas. Biasanya orang yang terserang penyakit mag adalah orang yang punya kebiasaan pola makan tidak teratur.

Sementara Penyakit usus buntu merupakan pembengkakan yang cukup menyakitkan dan menimbulkan infeksi pada usus. Usus buntu merupakan sebuah organ tubuh yang memiliki jaringan-jaringan kecil yang melekat pada usus besar. Usus buntu ini terletak di bagian kanan bawah perut.

Banyak penderita usus buntu yang menyangka dirinya hanya mengalami mag biasa. Pada akhirnya penyakit usus buntu yang diderita semakin parah karena tidak mendapatkan penanganan yang benar. Oleh karena itu Anda wajib mengetahui perbedaan dari penyakit mag dan penyakit usus buntu jika dilihat dari gejalanya.

Gejala sakit mag

Gejala penyakit mag yang biasanya sering muncul pada seseorang adalah mengalami perut kembung. Perut kembung ini diakibatkan oleh lambung yang didalamnya terdapat banyak gas.

  • Mual dan Muntah sering terjadi pada penderita mag.
  • Perut Merasakan Sering Lapar.
  • Sering bersendawa ini terjadi akibat gas yang dihasilkan lambung.
  • Dari banyaknya ciri-ciri sakit mag yang biasanya muncul yang paling sering terjadi adalah penderita merasakan rasa sakit atau perih pada bagian perut dan juga pada bagian dada.

Gejala Usus Buntu

Gejala sakit perut pada penyakit usus buntu memiliki ciri-ciri sakit perut dimulai pada daerah tengah atau sekitar pusar yang terasa hilang timbul, rasa sakit ini perlahan-lahan bergerak ke bagian perut kanan bawah perut dan cenderung fokus pada tempat di mana usus buntu berada. Sakit perut pada titik ini akan terasa semakin parah dan konstan, jika disentuh akan terasa sakit. Sakit perut akan semakin memburuk ketika batuk, bersin, mengambil nafas dalam, berjalan, atau gerakan tubuh lainnya yang menimbulkan penekanan pada perut kanan bawah. Ciri-Ciri dan Gejala Lainnya:

  • Rasa mual ingin muntah, bahkan sampai muntah.
  • Meriang.
  • Kehilangan selera makan.
  • Diare.
  • Sembelit.
  • Demam diikuti wajah memerah.
  • Perut kembung dan susah kentut.
  • Perut kanan bawah akan menjadi sakit saat ditekan, dan rasa sakit akan semakin terasa sesaat setelah tekanan dilepaskan.

Jika ciri-ciri diatas Anda rasakan, sebaiknya segera hubungi dokter Anda atau untuk keterangan lebih lanjut Anda bisa tanyakan kepada dokter di halaman ini. 




Fokus : Maag


#Maag #Usus
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






2 jam yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
5 jam yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..
7 jam yang lalu

Ini Dia Beberapa Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan jika tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Mood

Wartakesehatan.com - Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, studi yang memberitakan dalam..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Langkah Hindari Terjadinya Pikun

Wartakesehatan.com - Pikun terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Bermanfaat Penting bagi Kesehatan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Saat sedang menjalankan puasa  ternyata memiliki banya manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buka Puasa dengan Kurma bisa Cegah Diare

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang manis alami, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan selama berpuasa lho. Salah..

+Indeks