Ini Bahayanya Jika Alami Hipertensi Saat Hamil

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Rabu, 01 Juni 2016 | 11:04 WIB


IST

Wartakesehatan - Tak terkecuali bagi ibu hamil, hipertensi atau tekanan darah tinggi memanglah merupakan suatu kondisi yang berbahaya. Dengan berbagai perubahan hormon dan melemahnya daya tahan tubuh, ibu hamil bisa mengalami hipertensi, meski tidak memiliki riwayat hipertensi sebelumnya. Itulah yang membuat hipertensi sering tidak disadari oleh ibu hamil. Maka, penting bagi ibu hamil untuk memeriksakan tekanan darahnya secara teratur.

Hipertensi saat hamil dapat mengakibatkan terjadinya beberapa hal berikut ini:

1. Kurangnya aliran darah

Tekanan darah yang tinggi dapat mengganggu peredaran darah di dalam tubuh Anda. Aliran darah menuju plasentapun akan berkurang. Hal ini dapat menyebabkan bayi tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup.

2. Berat badan bayi rendah

Tidak tercukupinya nutrisi akibat aliran darah yang terhambat, juga dapat berdampak pada ukuran bayi. Berat badan bayi bisa saja rendah sampai masa melahirkan tiba. Bayi dengan berat badan lahir rendah, memiliki risiko untuk mengalami berbagai penyakit.

3. Prematur

Kurangnya asupan oksigen dan nutrisi yang didapatkan bayi, juga dapat membuat kondisi bayi menjadi gawat. Hal tersebut seringkali membuat dokter menyarankan untuk melakukan proses melahirkan, meski bayi belum cukup bulan atau prematur. Sementara bayi yang terlahir prematur juga memiliki berbagai risiko penyakit dan perlu mendapatkan perawatan instensif.

4. Keguguran

Risiko keguguran sangat besar dialami saat trimester pertama. Hal ini juga disebabkan karena terhambatnya aliran darah dan nutrisi ke janin, saat ibu hamil mengalami hipertensi. Maka Anda sebaiknya selalu memeriksakan keadaan janin Anda.

5. Preeklamsia

Hipertensi yang tidak segera ditangani, dapat menyebabkan terjadinya preeklamsia. Preeklamsia merupakan komplikasi, dengan adanya kerusakan organ tubuh, seperti ginjal. Risiko ini biasanya akan terjadi saat usia kehamilan di atas 20 minggu. Preeklamsia merupakan salah satu penyebab terbesar terjadinya kematian ibu atau bayi saat lahir.




Fokus : Hipertensi


#Hipertensi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 7 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
8 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 10 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks