Waspada Kesepian bisa Berujung Kematian Dini

Oleh : Dirk/jpnn | Jumat, 03 Juni 2016 | 19:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Dari berita sebelum-sebelum banyak membahas tentang jomblo dan masalah kesehatan hal ini memang sangar berkaitan karena kesepian bisa meningkatnya risiko kesehatan. Bahkan kesepian bisa meningkatkan risiko seseorang dari kematian dini. Kini, para peneliti telah menemukan mengapa kesepian bisa memengaruhi kesehatan seseorang. Kesepian bisa memicu perubahan seluler yang bisa menurunkan kemampuan seseorang untuk melawan infeksi virus.

Dalam sebuah penelitian, yang dilakukan kepada 141 orang dewasa yang lebih tua. Peneliti melihat hubungan antara kesepian dan pola ekspresi gen dalam sel darah putih, yang terlibat dalam melindungi tubuh terhadap virus dan bakteri.

Di antara orang-orang dalam penelitian ini, 36 diklasifikasikan sebagai orang yang menderita kesepian kronis. Para peneliti menemukan orang-orang yang kesepian kronis, sel-sel mereka menunjukkan tanda-tanda peningkatan ekspresi gen yang terlibat dalam peradangan dan memerangi infeksi bakteri potensial, dibandingkan dengan sel-sel orang yang tidak kesepian.

Sel-sel ini juga memiliki tingkat yang lebih rendah dari ekspresi gen yang terlibat dalam memerangi infeksi virus.

"Pola ekspresi gen berubah, di mana tubuh menjadi lebih mungkin untuk menunjukkan respon inflamasi," kata penulis studi, John Cacioppo, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (2/6).

Dengan kata lain, pada orang yang kesepian ada pergeseran dari melindungi terhadap virus menjadi ke arah perlindungan terhadap bakteri, ungkap Cacioppo.

Selain itu, temuan menunjukkan kesepian dan pola pro-inflamasi ekspresi gen berjalan beriringan dan bisa menyebar dari waktu ke waktu.

Orang-orang yang kesepian kronis pada awal penelitian, cenderung masih memiliki pro-inflamasi pola ekspresi gen setahun kemudian. Karena itu, buatlah diri Anda bahagia dengan cara yang positif. 




Fokus : Kesepian


#Kematian
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 7 jam yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 8 jam yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks