Risiko Sakit Jantung Meningkat Akibat Polusi

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Jumat, 10 Juni 2016 | 14:35 WIB


IST

Wartakesehatan - Baru-baru ini Journal of American Health, baru saja menerbitkan penelitian yang menyebutkan bahwa wanita dengan diabetes yang terekspos polusi udara dalam jangka waktu berkepanjangan, memiliki risiko penyakit jantung yang tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh Jaime Hart dari Harvard Medical School di Boston ini melibatkan 114,537 wanita dengan usia rata-rata 64 tahun. Penelitian yang berlangsung selama 17 tahun ini menunjukkan adanya tanda-tanda penyakit kardiovaskular, jantung koroner, dan stroke pada sampel.

Para penguji menghitung besarnya pengaruh dari berbagai partikel polusi udara yang berbeda ukuran. Misalnya yang bersumber dari pembakaran mesin mobil, pembangkit listrik, debu jalanan dan berbagai sumber lainnya. Walaupun semua wanita yang diuji menunjukkan tanda-tanda meningkatnya risiko penyakit kardiovaskuler maupun stroke, namun wanita dengan diabetes berada pada risiko tertinggi.

Sampai sekarang para ahli masih terus meneliti pengaruh buruk polusi udara terhadap kesehatan manusia. Sebuah penelitian lain juga menunjukkan hasil yang sama. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa sekitar 6.767 wanita mengalami penyakit kardiovaskular, dan 3.878 wanita memiliki risiko stroke akibat polusi.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut juga disebutkan bahwa risiko 10 microgram bahan partikel polusi terhadap tiap meter kubik udara bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sekitar 44 persen, dibanding bila terekspos debu jalan raya yang hanya meningkatkan risiko sebesar 17 persen. Sementara wanita yang menderita diabetes terbukti memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi apabila terekspos 10 microgram partikel polusi dalam udara yang mereka hirup.

Bahkan, dari penelitian ini terbukti juga bahwa wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dan berusia 70 tahun ke atas sangat berisiko tinggi terhadap penyakit kardiovaskular.




Fokus : Polusi


#Jantung #Polusi Udara
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

+Indeks