Pendengaran Bayi Perlu Dideteksi Dini

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Senin, 20 Juni 2016 | 01:03 WIB


ISt

Wartakesehatan - Sangat penting bagi setiap orang tua untuk dapat  memperhatikan tumbuh kembang anak. Bila menginjak usia tertentu perkembangan anak terlihat belum sempurna atau tertinggal, orangtua perlu waspada, karena hal ini berkaitan dengan tumbuh kembang anak di masa depan. Salah satu hal penting adalah kemampuan mendengar karena hal ini menentukan kemampuan bicara anak. dr. Eko Teguh Prianto, Sp.THT dari Siloam Hospitals menjelaskan bahwa bila anak tidak bisa mendengar dengan baik, maka yang terjadi adalah anak tidak akan mampu berbicara dengan sempurna. Biasanya hal ini terjadi saat anak tidak merespon panggilan atau mengalami keterlambatan pada kemampuannya dalam berbicara. Bila hal ini dibiarkan, kehidupan sosial anak bisa terganggu, dan anak akan merasa kurang percaya diri saat berada di lingkungan tempat pergaulannya. Selain itu, hal tersebut juga menentukan prestasi akademis anak.

Penyebab gangguan pendengaran pada bayi

Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan seorang anak mengalami gangguan pendengaran. Di antaranya adalah kondisi atau penyakit yang memerlukan anak mendapatkan perawatan di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) selama lebih dari 48 jam setelah lahir, berat badan yang rendah, kurang dari 2 kg saat lahir, terkena infeksi Toksoplasmosis, Rubella, virus Sitomegalo dan Herpes (TORCH) saat masih dalam kandungan, pernah mengalami trauma di bagian kepala karena jatuh maupun terbentur, kelainan tulang wajah atau tengkorak, serta bila salah seorang anggota keluarga memiliki gangguan pendengaran permanen.

Jenis tes pendengaran pada bayi

Sejak di dalam kandungan, bayi sudah memiliki kemampuan untuk mendengar. Saat ia lahir, Anda dapat melakukan beberapa metode pemeriksaan berikut ini untuk mendeteksi dini gangguan pendengaran pada bayi.

1. Oto Acoustic Emission (OAE)

Tes ini idealnya dilakukan saat bayi masih berusia dua hari atau sebelum satu bulan. Tes dilakukan dengan memasang alat berupa earphone yang memutar lagu dan alat pendeteksi respon dari telinga bayi saat mendengar suara.

2. Brain Evoked Response Auditory (BERA)

Tes ini dilakukan dengan memasangkan alat yang dapat merekam gelombang otak saat merespon suara. Tes ini juga dapat mendeteksi kerusakan di bagian koklea (rumah siput), sistem saraf pendengaran dan jalur auditori di batang otak.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan adanya ketulian, maka bayi perlu menjalani habilitasi, yaitu proses pengembalian fungsi pendengaran yang seharusnya dimiliki bayi/anak yang belum pernah memiliki kemampuan atau pengalaman mendengar. Program habilitasi terdiri dari amplifikasi (memperkeras input suara) yaitu berupa pemasangan alat bantu dengar atau implan telinga yang juga perlu disertai dengan terapi mendengar maupun bicara.




Fokus : Pendengaran


#Bayi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 2 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks