Skoliosis Rentan pada Seseorang dengan Kriteria Ini

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Senin, 20 Juni 2016 | 02:07 WIB


IST

Wartakesehatan - Posisi berdiri atau duduk dalam aktvitas sehari-hari, mungkin tak jarang terabaikan oleh sebagian orang dan tanpa disadari dapat membuat bentuk tulang punggung bermasalah. Padahal bentuk tulang puggung sangat memengaruhi aktivitas seseorang sehari-hari. Lalu, pernahkah Anda mendengar ada orang yang mengalami bengkok pada bagian tulang punggung mereka? Bisa jadi orang tersebut mengalami skoliosis. "Skoliosis adalah kelainan yang terjadi akibat tulang belakang yang bengkok. Bentuk kelainannya bisa melengkung ke arah kiri atau ke arah kanan, bisa di bagian tulang belakang atas, atau tulang belakang bawah atau bahkan lengkungan di kedua area atas dan bawah. Namun daerah yang paling sering terkena adalah daerah yang selevel dengan daerah rongga dada," jelas Dr. Karina Besinga, SpOT (K).



Scoliosis Research Society (SRS) menyatakan bahwa 80% penderita skoliosis tidak diketahui penyebab terjadinya dengan kata lain "idiopathic". Namun skoliosis itu sendiri biasanya merupakan suatu penyakit turunan atau genetik.



Skoliosis dapat terjadi pada seluruh golongan usia. Tapi, golongan usia yang paling sering terkena "idiopathic scoliosis" ialah golongan usia 10-12 tahun atau usia awal remaja. Periode usia ini adalah periode dimana pertumbuhan anak sangat berkembang dan cepat. Dan ditemukan bahwa remaja wanita ternyata memiliki insiden yang lebih tinggi dibanding remaja pria. Bagi ibu hamil yang menderita skoliosis, sangat dianjurkan juga untuk selalu berkonsultasi minimal dengan dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis orthopedi, pada setiap perkembangan di masa kehamilannya, untuk memeroleh informasi dan anjuran yang jelas, dan sesuai bagi ibu hamil penderita skoliosis.



Dalam penanganan kasus skoliosis, dibutuhkan serangkaian pemeriksaan yang terarah untuk menentukan diagnosa yang benar. Dengan diagnosa yang benar, barulah terapi untuk penanganan skoliosis bisa dilakukan. Terapi untuk penanganan skoliosis sangat bervariasi seperti tahapan observasi, bracing, olahraga atau aktivitas khusus dan juga tindakan bedah. Semua variasi diatas bertujuan untuk mengembalikan posisi tulang punggung pasien agar kembali normal.



"Tindakan bedah dilakukan, jika lengkung yang terjadi pada tulang sangat parah dan secara fungsional menganggu. Dimana tindakan pembedahan bertujuan untuk menyatukan beberapa ruas tulang belakang, dan menempatkan alat atau implan khusus (rod) yang berfungsi untuk menarik kekuatan lengkung tulang tersebut, agar ruas tulang belakang dipertahankan setegak mungkin," tambah Karina.




Fokus : Tulang


#Kesehatan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 18 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks