Skoliosis Rentan pada Seseorang dengan Kriteria Ini

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Senin, 20 Juni 2016 | 02:07 WIB


IST

Wartakesehatan - Posisi berdiri atau duduk dalam aktvitas sehari-hari, mungkin tak jarang terabaikan oleh sebagian orang dan tanpa disadari dapat membuat bentuk tulang punggung bermasalah. Padahal bentuk tulang puggung sangat memengaruhi aktivitas seseorang sehari-hari. Lalu, pernahkah Anda mendengar ada orang yang mengalami bengkok pada bagian tulang punggung mereka? Bisa jadi orang tersebut mengalami skoliosis. "Skoliosis adalah kelainan yang terjadi akibat tulang belakang yang bengkok. Bentuk kelainannya bisa melengkung ke arah kiri atau ke arah kanan, bisa di bagian tulang belakang atas, atau tulang belakang bawah atau bahkan lengkungan di kedua area atas dan bawah. Namun daerah yang paling sering terkena adalah daerah yang selevel dengan daerah rongga dada," jelas Dr. Karina Besinga, SpOT (K).



Scoliosis Research Society (SRS) menyatakan bahwa 80% penderita skoliosis tidak diketahui penyebab terjadinya dengan kata lain "idiopathic". Namun skoliosis itu sendiri biasanya merupakan suatu penyakit turunan atau genetik.



Skoliosis dapat terjadi pada seluruh golongan usia. Tapi, golongan usia yang paling sering terkena "idiopathic scoliosis" ialah golongan usia 10-12 tahun atau usia awal remaja. Periode usia ini adalah periode dimana pertumbuhan anak sangat berkembang dan cepat. Dan ditemukan bahwa remaja wanita ternyata memiliki insiden yang lebih tinggi dibanding remaja pria. Bagi ibu hamil yang menderita skoliosis, sangat dianjurkan juga untuk selalu berkonsultasi minimal dengan dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis orthopedi, pada setiap perkembangan di masa kehamilannya, untuk memeroleh informasi dan anjuran yang jelas, dan sesuai bagi ibu hamil penderita skoliosis.



Dalam penanganan kasus skoliosis, dibutuhkan serangkaian pemeriksaan yang terarah untuk menentukan diagnosa yang benar. Dengan diagnosa yang benar, barulah terapi untuk penanganan skoliosis bisa dilakukan. Terapi untuk penanganan skoliosis sangat bervariasi seperti tahapan observasi, bracing, olahraga atau aktivitas khusus dan juga tindakan bedah. Semua variasi diatas bertujuan untuk mengembalikan posisi tulang punggung pasien agar kembali normal.



"Tindakan bedah dilakukan, jika lengkung yang terjadi pada tulang sangat parah dan secara fungsional menganggu. Dimana tindakan pembedahan bertujuan untuk menyatukan beberapa ruas tulang belakang, dan menempatkan alat atau implan khusus (rod) yang berfungsi untuk menarik kekuatan lengkung tulang tersebut, agar ruas tulang belakang dipertahankan setegak mungkin," tambah Karina.




Fokus : Tulang


#Kesehatan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 5 jam yang lalu

Ereksi 3-5 kali Semalam Menandakan Kesehatan Pria

Wartakesehatan.com - Seorang Profesor dan Direktur dari Divisi Urologi di Southern Illinois University School of Medicine,..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Pare Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Wartakesehatan.com - Ternyata pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Dampak Buruk Minum Teh Setelah Makan

Wartakesehatan.com - Tahukah kalian kalau ternyata minum teh setelah makan punya dampak buruk bagi tubuh? Dikutip..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Dampak Tak Terduga Dari Diabetes

Wartakesehatan.com - Menurut Osama Hamdy Direktur Inpatient Diabetes Program at the Joslin Diabetes Center, Boston,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Srikaya Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Buah srikaya cukup mudah ditemui dimanapun. Di toko buah atau pun di pasar. Buah srikaya memiliki daging..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Konsumsi Cokelat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Bagi mereka yang takut gemuk sering kali menghindari coklat. Karena kandungan lemak yang..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

6 Manfaat Terong yang Perlu Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Terong mempunyai banyak jenis mulai dari terong ungu, belanda dan juga terong bulat dan masih..
Mamin - 12 jam yang lalu

Bahaya !! Makanan Sehat Ternyata Mengandung Racun

Wartakesehatan.com - Ini dia lima makanan yang dianggap sehat, namun ternyata mengandung racun berbahaya, seperti dilansir..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

6 Manfaat Sehat Buah Pir

Wartakesehatan.com - Buah Pir merupakan buah yang memiliki rasa buah yang manis keasaman yang menjadikannya sangat segar..
14 jam yang lalu

Bayam Efektif Mengurangi Kembung

Waartakesehatan.com - Makanan sehat merupakan kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mendapatkan berat badan ideal,..

+Indeks