Bahayakah Jika Sering Kentut?

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Kamis, 23 Juni 2016 | 22:04 WIB


IST

Wartakesehatan - Buang angin pada dasarnya merupakan hal normal yang selalu terjadi pada setiap orang. Gas yang dikeluarkan sebenarnya berasal dari sepanjang jalur usus besar sebagai bagian akhir dari sistem pencernaan. Selain kentut, hasil akhir dari adanya gas di dalam sistem pencernaan adalah sendawa. Namun jika frekuensi buang angin meningkat atau menjadi sering, maka ada yang harus diperhatikan dengan kondisi tubuh Anda. Kemungkinan besar terjadi penumpukan gas di dalam tubuh yang dipicu oleh banyak hal, salah satunya adalah kebiasaan makan yang salah, seperti makan sambil berbicara dan mengunyah secara cepat.

Selain kebiasaan makan yang salah, makanan yang Anda konsumsi juga bisa menyebabkan frekuensi buang angin Anda meningkat. Untuk itu penting juga untuk diperhatikan pilihan makanan yang dikonsumsi. Berikut adalah makanan dan minuman yang dapat meningkatkan produksi gas dalam perut:

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Sayuran kubis, kembang kol, brokoli
  • Makanan mengandung gandum seperti sereal, roti
  • Minuman bersoda

Tapi jangan khawatir, masalah ini bukanlah masalah yang terlalu serius. Anda dapat menghilangkan kebiasaan sering buang angin dengan melakukan beberapa kebiasaan sehat. Berikut, terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi frekuensi buang angin, antara lain olahraga dan makan secara perlahan.

Berolahraga sangat baik untuk memperbaiki metabolisme tubuh, termasuk sistem pencernaan. Dengan memiliki sustem pencernaan yang lancar, maka frekuensi buang angin Anda pun juga akan kembali normal. Dan mengunyah makanan dengan perlahan-lahan juga dapat meminimalisir masuknya udara ke dalam rongga perut dan pencernaan. Dengan begitu, tidak akan terjadi penumpukan gas berlebih di dalam tubuh yang biasa menyebabkan masalah buang angin.




Fokus : Kentut


#Kentut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Praktik puasa telah dijalankan umat Islam sejak zaman dulu hingga saat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jangan Abaikan ! Ini Awal Tanda Munculnya Gejala Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke sendiri merupakan kondisi akibat aliran darah yang tidak lancar ke otak, akibatnya pembuluh di otak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Tips Jaga Kesehatan Bulu Mata Anda

Wartakesehatan.com - Apakah kamu sendiri sudah menyempatkan diri untuk berfokus pada kesehatan bulu mata? Berbagai cara untuk..
1 hari yang lalu

Benarkah Suhu Dingin Sebabkan Flu ?

Wartakesehatan.com - Hasil studi dari pertengahan abad ke-20 yang ditemukan oleh metode ilmiah modern, menunjukkan beberapa hal..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
3 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
3 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
3 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..

+Indeks