6 Dampak Buruk dari Kurang Tidur

Oleh : Dirk/jpnn | Kamis, 30 Juni 2016 | 11:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri kurang tidur sangat berdampak buruk bagi kesehatan hal ini bukan hanya sekedar opini tapi sudah menjadi kenyataan lewat beberapa penelitian. Menurut penelitian terbaru, dikatakan lebih dari 1 miliar orang mengalami kurang tidur. Salah satu penyebab utamanya adalah pemakaian ponsel atau gadget lainnya secara berkepanjangan hingga mampu memangkas jam tidur.

Padahal manusia dianjurkan tidur 6-8 jam hal ini agar tubuh kembali sehat baik secara fisik dan mental.

Berikut beberapa dampak yang terjadi bila Anda kurang tidur, seperti dilansir laman Care2, Senin (27/6).

1. Mempertua usia kulit Anda.

Tidur yang tidak memadai bisa menurunnya kesehatan kulit, penuaan kulit dini dan penurunan kemampuan untuk pulih setelah terkena paparan sinar matahari. Orang-orang yang tidak mendapatkan cukup tidur, cenderung kurang puas dengan penampilan mereka dari mereka yang cukup tidur.

2. Menurunkan gairah seks Anda.

Jika Anda ingin kehidupan seks yang baik, Anda perlu tidur yang baik. Sebuah studi 2015 menunjukkan bahwa mendapatkan jumlah tidur tepat, bisa meningkatkan dorongan seks wanita.

Sebuah studi 2011 menunjukkan, kurang tidur bisa menurunkan kadar testosteron pria.

3. Memengaruhi suasana hati Anda.

Kurang tidur bisa memengaruhi suasana hati Anda dan pandangan hidup. Anda lebih mungkin menjadi mudah tersinggung dan tidak termotivasi. Para peneliti mengatakan itu meningkatkan risiko kecemasan dan depresi.

4. Memengaruhi memori Anda.

Sulit untuk fokus ketika Anda lelah dan pikiran Anda mengembara di semua tempat. Kurang tidur membuat neuron kita lamban, sehingga informasi baru tidak menempel. Kurang tidur juga mengakibatkan Anda sulit untuk membuat keputusan yang baik, karena kemampuan untuk menilai situasi terganggu.

5. Membuat lebih rentan terhadap penyakit.

Anda mengisi ulang sistem kekebalan tubuh saat tidur. Kurang tidur bisa membuat sistem kekebalan tubuh Anda lemah, sehingga Anda lebih rentan terhadap virus dan penyakit menular.

6. Mengacaukan metabolisme Anda.

Studi skala besar menunjukkan, bahwa orang yang tidur lima jam atau kurang per malam lebih mungkin untuk mengalami kenaikan berat badan atau menjadi gemuk. Ada juga hubungan antara berapa banyak tidur yang Anda dapatkan dan risiko diabetes tipe 2.




Fokus : Kurang Tidur


#Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 1 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 1 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks