Masalah Vagina yang Kerap Mengancam

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Kamis, 30 Juni 2016 | 14:05 WIB


IST

Wartakesehatan - Ternyata gangguan iritasi, gatal, atau ruam bukanlah suatu batasan masalah bisa terjadi pada vagina, melainkan ada kemungkinan kulit di area vagina mampu tercemar masalah kulit pada umumnya.

Angela Lamb, MD, seorang asisten profesor dermatology di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, mengatakan permasalahan kulit seperti eksim rentan mengintai area kulit vagina.

Melansir laman Prevention, berikut lima masalah kulit yang mampu terjadi di area kulit vagina wanita.

1. Eksim

Peradangan pada kulit atau kondisi kulit kering bukan hanya tidak memberikan kenyamanan, tetapi kondisi kulit tersebut cukup rentan dengan datangnya eksim.

Ironisnya masalah kulit ini juga dapat terjadi pada vagina. Menurut Lamb nampak dari eksim pada vagina seperti memerah dan ruam gatal. "Eksim umumnya terkait dengan autoimun," kata Lamb.

Kemungkinan besar beberapa produk seperti sabun, pembersih, atau lube adalah pemicu yang dapat membuat iritasi kulit sehingga berpotensi menyebabkan eksim.

2. Lichen sclerosus

Masalah kulit satu ini cukup langka namun kronis jika menyerang vagina wanita. Kulit pada vagina akan berubah strukturnya seperti memerah dan memiliki bintil putih.

Menurut Lamb, biasanya kondisi ini muncul pada wanita pasca-menopause. Sementara beberapa dokter tidak yakin dengan penyebab yang pasti dari masalah Lichen sclerosus ini. Sebab banyak pakar yang menduga bahwa hal ini ada hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif juga gangguan hormon.

The American Cancer Society memperkirakan bahwa sekitar empat persen dari wanita mengalami Lichen sclerosus akan berkembang menjadi kanker vulva.

3. Psoriasis

Masalah kulit ini akan menyebabkan ruam bahkan dapat mempengaruhi alat kelamin. Identifikasi umum dari masalah kulit ini ialah permukaan kulit yang berubah menjadi merah halus dan kering--juga dapat muncul di lipatan paha bagian dalam.

Meskipun tidak ada obat untuk psoriasis, steroid dan perawatan topikal nonsteroid dapat membantu meringankan rasa sakit, kata Lamb. Pilihan lain untuk pengobatan dapat dilakukan dengan merubah gaya hidup seperti diet, olahraga, dan menghindari atau meregulasi tingkat stres.

4. Dermatitis kontak

Peradangan kulit ini terjadi akibat penggunaan pelumas atau sabun yang mengandung pewangi. Zat terlarang yang tidak disebutkan namanya dapat mengubah permukaan kulit menjadi memerah, ruam, gatal, bahkan lepuhan kecil, lanjut Lamb.

Penting untuk memilih produk khusus vagina yang tepat dan menghindari produk yang memiliki wewangian.




Fokus : Vagina


#Kulit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 18 menit yang lalu

Jagung yang Bermanfaat untuk Kulit Sehat

Wartakesehatan.com - Kita biasa mengenal jagung untuk dimakan, baik jagung rebus maupun menjadi camilan lezat lain. Namun,..
Herbal - 1 jam yang lalu

Keputihan juga dapat diatasi dengan Rempah

Wartakesehatan.com - Keputihan bisa menimpa setiap wanita dan merupakan masalah yang cukup memusingkan bagi banyak kaum..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

5 Buah Segar ini dapat Membersihkan Usus

Wartakesehatan.com - Usus manusia sangat membutuhkan asupan buah-buahan kaya serat. Karena itu merupakan salah satu..
Herbal - 3 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Lengkuas

Wartakesehatan.com - Lengkuas masuk dalam keluarga jahe, dan mudah ditemukan di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia,..
Mamin - 4 jam yang lalu

4 Cara Baik untuk Tahan Rasa Lapar

Wartakesehatan.com - Cara ampuh mengatasi rasa lapar yakni dengan makan. Padahal makan terus menerus untuk sebagian besar..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Awas, Patah Hati Kini Jadi Penyakit

Wartakesehatan.com - hati kadang muncul karena adanya masalah dalam hubungan percintaan seseorang. Ternyata patah..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Keetahui Mitos tentang Obesitas

Wartakesehatan.com - Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan, berbeda dengan overweight (kelebihan berat badan)...
7 jam yang lalu

Ingin Anak Gemuk Coba Konsumsi 4 Makanan ini

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri disaat banyak anak lain mengalami obesitas, malah ada beberapa anak yang tipenya susah..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kanker Payudara Harus Dicegah Sejak Dini

Wartakesehatan - Di Indonesia sendiri kanker payudara menduduki peringkat 2 terbanyak setelah kanker rahim. Mayoritas kanker..
Mamin - 9 jam yang lalu

Minum Teh Jahe bisa Cegah Kenaikan Berat Badan

Wartakesehatan - Air jahe mungkin bagi sebagian orang adalah minuman favorit saat sedang merasa tidak enak badan. Selain itu..

+Indeks