Masalah Vagina yang Kerap Mengancam

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Kamis, 30 Juni 2016 | 14:05 WIB


IST

Wartakesehatan - Ternyata gangguan iritasi, gatal, atau ruam bukanlah suatu batasan masalah bisa terjadi pada vagina, melainkan ada kemungkinan kulit di area vagina mampu tercemar masalah kulit pada umumnya.

Angela Lamb, MD, seorang asisten profesor dermatology di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, mengatakan permasalahan kulit seperti eksim rentan mengintai area kulit vagina.

Melansir laman Prevention, berikut lima masalah kulit yang mampu terjadi di area kulit vagina wanita.

1. Eksim

Peradangan pada kulit atau kondisi kulit kering bukan hanya tidak memberikan kenyamanan, tetapi kondisi kulit tersebut cukup rentan dengan datangnya eksim.

Ironisnya masalah kulit ini juga dapat terjadi pada vagina. Menurut Lamb nampak dari eksim pada vagina seperti memerah dan ruam gatal. "Eksim umumnya terkait dengan autoimun," kata Lamb.

Kemungkinan besar beberapa produk seperti sabun, pembersih, atau lube adalah pemicu yang dapat membuat iritasi kulit sehingga berpotensi menyebabkan eksim.

2. Lichen sclerosus

Masalah kulit satu ini cukup langka namun kronis jika menyerang vagina wanita. Kulit pada vagina akan berubah strukturnya seperti memerah dan memiliki bintil putih.

Menurut Lamb, biasanya kondisi ini muncul pada wanita pasca-menopause. Sementara beberapa dokter tidak yakin dengan penyebab yang pasti dari masalah Lichen sclerosus ini. Sebab banyak pakar yang menduga bahwa hal ini ada hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif juga gangguan hormon.

The American Cancer Society memperkirakan bahwa sekitar empat persen dari wanita mengalami Lichen sclerosus akan berkembang menjadi kanker vulva.

3. Psoriasis

Masalah kulit ini akan menyebabkan ruam bahkan dapat mempengaruhi alat kelamin. Identifikasi umum dari masalah kulit ini ialah permukaan kulit yang berubah menjadi merah halus dan kering--juga dapat muncul di lipatan paha bagian dalam.

Meskipun tidak ada obat untuk psoriasis, steroid dan perawatan topikal nonsteroid dapat membantu meringankan rasa sakit, kata Lamb. Pilihan lain untuk pengobatan dapat dilakukan dengan merubah gaya hidup seperti diet, olahraga, dan menghindari atau meregulasi tingkat stres.

4. Dermatitis kontak

Peradangan kulit ini terjadi akibat penggunaan pelumas atau sabun yang mengandung pewangi. Zat terlarang yang tidak disebutkan namanya dapat mengubah permukaan kulit menjadi memerah, ruam, gatal, bahkan lepuhan kecil, lanjut Lamb.

Penting untuk memilih produk khusus vagina yang tepat dan menghindari produk yang memiliki wewangian.




Fokus : Vagina


#Kulit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 52 menit yang lalu

Mie Instan Sehat Dikonsumsi , Mungkinkah ?

Wartakesehatan.com - Hampir seluruh kalangan menggemari makanan yang satu ini karena dianggap praktis dan tidak memakan banyak..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Efek Samping Konsumsi Vitamin Berlebihan

Wartakesehatan.com - Jika mengonsumsinya secara berlebihan, maka bisa muncul keluhan. Misal, konsumsi vitamin C dosis tinggi..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Suplemen

Wartakesehatan.com - Terutama saat menjalani ibadah puasa seperti sekarang, kita perlu mengkonsumsi suplemen. Jika..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Tips Sehat Jaga dan Turunkan Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Cara Sehat Agar Tidur Nyenyak

Wartakesehatan.com - Bagi sebagian orang tidur tak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Menangis Memiliki 5 Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sering menangis tidaklah selalu identik dengan cengeng, memiliki mental lemah dan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa ahli gizi, air hangat bermanfaat dalam memudahkan proses pencernaan, sementara air dingin..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Makan Kulit Ayam Goreng untuk Buka Puasa? Sehat atau Ngga

Wartakesehatan.com - Meski rasanya sangat enak, sebetulnya sehat atau tidak makan kulit ayam goreng untuk buka puasa? Dikutip..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Konsumsi Yoghurt Dapat Meredakan nyeri PMS

Wartakesehatan.com - Kandungan probiotiknya memberi keuntungan bagi kesehatan pencernaan, begitu juga dengan kalsium dan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Inilah Manfaat Angkat Beban Bagi Otak

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa salah satu latihan yang paling bermanfaat yang dapat dilakukan untuk..

+Indeks