Cara Usir Stres coba Bermain di Alam Terbuka

Oleh : Dirk/kompas | Jumat, 12 Juli 2019 | 10:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Peneliti dari University of Queensland menyatakan, mengunjungi taman kota atau melakukan kegiatan alam lainnya, bisa menjadi resep terbaik dalam mengurangi stres penduduk kota. Tapi, berapa lama waktu yang harus dihabiskan bersama alam untuk mendapatkan manfaat sehat?

Lebih dari separuh penduduk dunia atau sekitar 3,5 miliar orang kini tinggal di daerah perkotaan. Angka itu diperkirakan akan membengkak menjadi 5 miliar pada pertengahan abad, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Walau akses dan fasilitas di perkotaan dirancang untuk memudahkan hidup, kehidupan yang jauh dari alam bisa meningkatkan risiko stres sebanyak 2 kali lipat.

Beberapa ahli menganggap alam sebagai penangkal penyakit abad ke-21, seperti obesitas dan bahkan kejahatan.

Mengutip sejumlah penelitian sebelumnya selama lebih dari 40 tahun, berinteraksi dengan alam juga dapat mencegah naiknya tekanan darah tinggi, tingkat yang lebih rendah dari penyakit jantung dan alergi, dan kesehatan mental yang lebih baik.

Sehingga, sudah banyak gedung kota yang meningkatkan ruang hijau dan menelan biaya ratusan juta.

Karena saran untuk berinteraksi dengan ruang hijau sudah menjadi saran kesehatan umum, para peneliti Australia berangkat untuk menentukan seberapa sering seseorang harus mengunjungi alam dan berapa lama mereka harus menghabiskan waktu di alam untuk dapat menuai manfaat sehat.

Pasalnya, tidak semua alam diciptakan sama, peneliti juga mengukur bagaimana kualitas dan kuantitas ruang hijau dalam memberikan manfaat kesehatan.

Hasil studi menunjukkan, setiap orang perlu “dosis” alam minimum: 30 menit sehari, setidaknya satu kali kunjungan ke taman kota setiap minggu. Itu sudah dianggap sangat ideal bagi penduduk kota dengan beragam kesibukan.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, tim peneliti menyurvei 1.538 orang usia 18-70 tahun yang tinggal di Brisbane, Australia.

Peneliti merekrut baik pria maupun wanita yang cocok dengan sosiodemografi kota. Termasuk informasi tentang depresi, tekanan darah tinggi, kohesi sosial, dan frekuensi aktivitas fisik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang menghabiskan setidaknya 30 menit di alam atau taman kota setidaknya satu minggu sekali, menurunkan risiko depresi atau memiliki tekanan darah tinggi dan lebih mungkin untuk aktif secara fisik.

Sedang warga yang gagal untuk menghabiskan rata-rata 30 menit atau lebih ke ruang hijau selama 1 seminggu, 7 persen lebih mungkin untuk menunjukkan tanda-tanda depresi dan 9 persen lebih mungkin untuk memiliki tekanan darah tinggi.




Fokus : Stres


#Stres
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 44 menit yang lalu

Cuka Apel Bantu Menstabilkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Cuka apel konon bisa mengobati aneka masalah kesehatan. Ya, memang ada penelitian yang mendukung..
Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Stop! Mengupil bisa Berakibat Kematian

Wartakesehatan.com - Bagi banyak orang mengupil adalah kegiatan yang menyenangkan kerap dilakukan setiap orang baik..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Menyanyi

Wartakesehatan.com - Hal-hal apa sajakan yang kalian rasakan pada saat kalian berkaraoke ataupun setelah kalian berkaraoke..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Cegah Rabun dengan Terapi Peregangan Otot

Wartakesehatan.com - Beberapa Gangguan pada mata ternyata dapat disembuhkan dengan cara sederhana yaitu rutin mengkonsumsi..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

5 Hal Sumber Penyakit di Dalam Rumah

Wartakesehatan.com - Berada di dalam rumah, bukan berarti terhindar dari polusi. Menurut EPA (US Environmental Protection..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

Perut Buncit dapat Timbulkan 5 Penyakit ini

Wartakesehatan.com - Berat badan ideal dan tubuh langsing sangat dinginkan oleh setiap orang, terkhusus kaum hawa. Selain..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 21 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
22 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..

+Indeks