Cara Usir Stres coba Bermain di Alam Terbuka

Oleh : Dirk/kompas | Jumat, 12 Juli 2019 | 10:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Peneliti dari University of Queensland menyatakan, mengunjungi taman kota atau melakukan kegiatan alam lainnya, bisa menjadi resep terbaik dalam mengurangi stres penduduk kota. Tapi, berapa lama waktu yang harus dihabiskan bersama alam untuk mendapatkan manfaat sehat?

Lebih dari separuh penduduk dunia atau sekitar 3,5 miliar orang kini tinggal di daerah perkotaan. Angka itu diperkirakan akan membengkak menjadi 5 miliar pada pertengahan abad, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Walau akses dan fasilitas di perkotaan dirancang untuk memudahkan hidup, kehidupan yang jauh dari alam bisa meningkatkan risiko stres sebanyak 2 kali lipat.

Beberapa ahli menganggap alam sebagai penangkal penyakit abad ke-21, seperti obesitas dan bahkan kejahatan.

Mengutip sejumlah penelitian sebelumnya selama lebih dari 40 tahun, berinteraksi dengan alam juga dapat mencegah naiknya tekanan darah tinggi, tingkat yang lebih rendah dari penyakit jantung dan alergi, dan kesehatan mental yang lebih baik.

Sehingga, sudah banyak gedung kota yang meningkatkan ruang hijau dan menelan biaya ratusan juta.

Karena saran untuk berinteraksi dengan ruang hijau sudah menjadi saran kesehatan umum, para peneliti Australia berangkat untuk menentukan seberapa sering seseorang harus mengunjungi alam dan berapa lama mereka harus menghabiskan waktu di alam untuk dapat menuai manfaat sehat.

Pasalnya, tidak semua alam diciptakan sama, peneliti juga mengukur bagaimana kualitas dan kuantitas ruang hijau dalam memberikan manfaat kesehatan.

Hasil studi menunjukkan, setiap orang perlu “dosis” alam minimum: 30 menit sehari, setidaknya satu kali kunjungan ke taman kota setiap minggu. Itu sudah dianggap sangat ideal bagi penduduk kota dengan beragam kesibukan.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, tim peneliti menyurvei 1.538 orang usia 18-70 tahun yang tinggal di Brisbane, Australia.

Peneliti merekrut baik pria maupun wanita yang cocok dengan sosiodemografi kota. Termasuk informasi tentang depresi, tekanan darah tinggi, kohesi sosial, dan frekuensi aktivitas fisik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang menghabiskan setidaknya 30 menit di alam atau taman kota setidaknya satu minggu sekali, menurunkan risiko depresi atau memiliki tekanan darah tinggi dan lebih mungkin untuk aktif secara fisik.

Sedang warga yang gagal untuk menghabiskan rata-rata 30 menit atau lebih ke ruang hijau selama 1 seminggu, 7 persen lebih mungkin untuk menunjukkan tanda-tanda depresi dan 9 persen lebih mungkin untuk memiliki tekanan darah tinggi.




Fokus : Stres


#Stres
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 22 menit yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 4 Fakta tentang Keringat

Wartakesehatan.com -Semua orang pasti mengeluarkan keringat. Keringat bisa juga menjadi tanda dari beragam gangguan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Gejala jika Tubuh Kekurangan Kalium

Wartakesehatan - Kalium merupakan salah satu elektrolit yang paling penting dalam tubuh. Kalium bermanfaat untuk..

+Indeks