Waspada, 4 Penyakit ini Menghantui saat Mudik dan Lebaran

Oleh : Dirk/sindo | Rabu, 05 Juni 2019 | 09:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Sebentar lagi umat muslim akan mengakihiri bulan puasa dan menjalani hari raya lebaran. Biasanya waktu lebaran menjadi momen yang di tunggu-tunggu umat muslim untuk pulang kampung alias mudik. Namun, waspadalah. Pasalnya, ada sedikitnya empat penyakit yang kerap menyerang saat merayakan Idul Fitri dan menjalankan mudik.

Berikut ulasannya yang diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. M. Adib Khumaidi, Sp.OT.

1. Infeksi saluran pernapasan
Pemudik yang menggunakan kendaraan umum lebih berisiko tertular penyakit ini. Hal ini pun akan diperparah ketika Anda sebelumnya sudah pernah menderita penyakit infeksi saluran pernapasan sebelumnya. Virus dan bakteri pun akan terus berputar.

"Saat di jalan, risiko penyakit ini sangat besar karena udara yang kotor akibat polusi dan debu," papar dr. Adib di Jakarta.

2.  Infeksi saluran pencernaan
Jajan sembarangan kerap dilakukan oleh pemudik. Padahal kebiasaan ini memicu terjadinya infeksi saluran pencernaan. Agar terhindar dari penyakit tersebut, sediakan hand sanitiser tisu basah dan air mengalir untuk membunuh bakteri, virus dan kuman pada tangan.

Selain itu, pilih tempat makanan yang bersih. Sebaiknya mengonsumsi makanan yang baru dimasak saat dipesan, bukan siap saji. Hindari juga makanan yang merangsang peradangan usus, seperti pedas dan berbumbu tajam. Agar terhindar dari sembelit, perbanyak konsumsi buah sebagai camilan.

3. Infeksi jamur
Toilet dan sanitasi yang tidak bersih memicu terjadinya infeksi jamur. Pada wanita, hal ini akan berisiko keputihan pada Miss V. Oleh karena itu, pilihlah toilet umum dengan WC jongkok aar tidak bersentuhan dengan kloset yang kotor. Anda juga bisa bersihkan kloset dengan menggunakan tisu atau disinfektan dan lapisi mulut kloset dengan kertas khusus yang  bisa dibeli di apotek atau toko obat.

Untuk membasuh organ intim gunakan botol berisi air mineral atau keran. Sementara wanita yang menggunakan panty liner untuk selalu menggantinya secara teratur. Terakhir, cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan toilet umum.

4. Dehidrasi
Berada dalam mobil selama berjam-jam dengan AC bisa menyebabkan cairan tubuh hilang hingga 100 cc. Agar terhindar dari dehidrasi, bawalah air mineral untuk minum selama perjalanan.




Fokus : Penyakit


#Lebaran #Mudik
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 17 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks