Waspada, 4 Penyakit ini Menghantui saat Mudik dan Lebaran

Oleh : Dirk/sindo | Rabu, 05 Juni 2019 | 09:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Sebentar lagi umat muslim akan mengakihiri bulan puasa dan menjalani hari raya lebaran. Biasanya waktu lebaran menjadi momen yang di tunggu-tunggu umat muslim untuk pulang kampung alias mudik. Namun, waspadalah. Pasalnya, ada sedikitnya empat penyakit yang kerap menyerang saat merayakan Idul Fitri dan menjalankan mudik.

Berikut ulasannya yang diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. M. Adib Khumaidi, Sp.OT.

1. Infeksi saluran pernapasan
Pemudik yang menggunakan kendaraan umum lebih berisiko tertular penyakit ini. Hal ini pun akan diperparah ketika Anda sebelumnya sudah pernah menderita penyakit infeksi saluran pernapasan sebelumnya. Virus dan bakteri pun akan terus berputar.

"Saat di jalan, risiko penyakit ini sangat besar karena udara yang kotor akibat polusi dan debu," papar dr. Adib di Jakarta.

2.  Infeksi saluran pencernaan
Jajan sembarangan kerap dilakukan oleh pemudik. Padahal kebiasaan ini memicu terjadinya infeksi saluran pencernaan. Agar terhindar dari penyakit tersebut, sediakan hand sanitiser tisu basah dan air mengalir untuk membunuh bakteri, virus dan kuman pada tangan.

Selain itu, pilih tempat makanan yang bersih. Sebaiknya mengonsumsi makanan yang baru dimasak saat dipesan, bukan siap saji. Hindari juga makanan yang merangsang peradangan usus, seperti pedas dan berbumbu tajam. Agar terhindar dari sembelit, perbanyak konsumsi buah sebagai camilan.

3. Infeksi jamur
Toilet dan sanitasi yang tidak bersih memicu terjadinya infeksi jamur. Pada wanita, hal ini akan berisiko keputihan pada Miss V. Oleh karena itu, pilihlah toilet umum dengan WC jongkok aar tidak bersentuhan dengan kloset yang kotor. Anda juga bisa bersihkan kloset dengan menggunakan tisu atau disinfektan dan lapisi mulut kloset dengan kertas khusus yang  bisa dibeli di apotek atau toko obat.

Untuk membasuh organ intim gunakan botol berisi air mineral atau keran. Sementara wanita yang menggunakan panty liner untuk selalu menggantinya secara teratur. Terakhir, cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan toilet umum.

4. Dehidrasi
Berada dalam mobil selama berjam-jam dengan AC bisa menyebabkan cairan tubuh hilang hingga 100 cc. Agar terhindar dari dehidrasi, bawalah air mineral untuk minum selama perjalanan.




Fokus : Penyakit


#Lebaran #Mudik
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 20 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks