Cegah Kanker Usus Besar coba Konsumsi Kacang

Oleh : Dirk/jpnn | Jumat, 08 Juli 2016 | 17:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Kacang telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko obesitas, diabetes dan penyakit jantung. Kini, temuan baru dari Korea Selatan menunjukkan bahwa diet kaya kacang juga bisa mengurangi risiko seseorang terkena kanker usus besar. Para peneliti menemukan penurunan risiko ini bagi pria dan wanita.

" Makan satu porsi kacang tiga kali atau lebih dalam seminggu ternyata memiliki efek besar pada risiko kanker usus besar," kata seorang profesor kedokteran preventif di Seoul National University College of Medicine Dr. Aesun Shin, seperti dilansir laman Fox News.

Untuk menguji hubungan antara makan kacang-kacangan dan risiko kanker usus besar, para peneliti mengamati 923 pasien yang telah didiagnosis dengan kanker usus besar dan membandingkan diet mereka dengan 1.846 orang yang tidak memiliki kanker usus besar.

Para peneliti menemukan bahwa pria yang melaporkan makan tiga atau lebih porsi kacang seminggu memiliki risiko 69 persen lebih rendah dari kanker usus besar daripada mereka yang tidak.


Wanita yang makan tiga porsi atau lebih memiliki risiko 81 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak
Selain itu, para peneliti melihat beberapa jenis kanker usus besar berdasarkan lokasi di usus besar di mana kanker ditemukan.

Konsumsi kacang dikaitkan dengan penurunan risiko di semua lokasi yang berbeda. Penelitian ini tidak membuktikan hubungan sebab-akibat antara makan kacang-kacangan dan risiko lebih rendah terkena kanker usus besar.

Namun, para peneliti berhipotesis bahwa beberapa senyawa yang terkandung dalam kacang termasuk serat dan antioksidanbisa membantu mengurangi risiko seseorang terkena kanker usus besar. 




Fokus : Kacang


#Kanker Usus Besar
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
2 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks