Antara Fresh Air, Jateng Gayeng dan Incinerator

Oleh : Gunawan Abdillah | Minggu, 10 Juli 2016 | 08:19 WIB



Wartakesehatan.com - Peraturan pemerintah pp 101 tahun 2014 yang membahas limbah berbahaya seharusnya mengikuti perubahan zaman dan tekhnologi. Contoh Jawa Tengah yang bahkan menganggarkan laboratorium Incinerator di beberapa kotanya yang bisa disebut bebas polutan tak tuntas.

Dalam situs World Health Organizatian (WHO) jelas membuat aturan ketat masalah incenerator yang disebutkan 16 milliar jarum suntik dipergunakan namun tidak benar dalam pembuanganya, disitus tersebut asap hasil pemusnahan limbah bisa menimbulkan racun berbahaya melalui udara.

Jawa Tengah sendiri dalam situs lpse di kota dan kabupatennya tercantum anggaran mengenai incenerator seperti Blora, Pati, bahkan sampai saat ini puluhan rumah sakitnya juga menggunakan alat pembakaran tersebut.

Badan kesehatan dunia memiliki aturan ketat mengenai dampak lingkungan dan dibahas mengenai pencemaran udara berbahaya jika pembakaran tidak sempurna terhadap limbah medis tersebut serta menyebar dan menimbulkan masalah baru yakni penyakit.

"Pembakaran limbah telah banyak dipraktekkan, tetapi insinerasi tidak memadai atau pembakaran hasil bahan yang tidak cocok dalam rilis polutan ke udara andof residu abu. bahan dibakar mengandung klorin dapat menghasilkan dioksin dan furan, yang karsinogen manusia dan telah dikaitkan dengan berbagai efek kesehatan yang merugikan. Pembakaran logam berat atau bahan dengan kandungan logam yang tinggi (dalam memimpin tertentu, merkuri dan cadmium) dapat menyebabkan penyebaran logam beracun di lingkungan"

Kembali ke Jawa Tengah yang telah dicanangkan pak Gubernur Ganjar Pranowo untuk menggaet turis asing terutama Eropa harus berfikir ulang karena para turis ini peduli dengan udara bersih/fres air, untuk itu perlu mengkaji peralatan baru yang modern tekhnologi microwave yang saat ini canggih sehingga limbah yang diolah menjadi steril dan bebas polutan.

Jika Gubernur bersama tim lingkungan hidup mendatangi rumah-rumah sakit mungkin akan bisa dihitung berapa kadar asap beracun yang keluar dan mengotori wilayah Jawa Tengah. Belum lagi para transporter limbah medis yang membuang sembarangan.

Semoga blusukan Ganjar Pranowo tak hanya melulu masalah jalan, namun bergerak hati untuk membuka diri dengan peralatan modern dalam dunia kesehatan untuk Jawa Tengah.

Incenerator memang murah dari sisi pembiayaannya namun jika ditelisik lebih lanjut akan terasan besar mudaratnya, karena polusi medis hasil pembakaran yang tidak benar akan berdampak ke masyarakat Jawa Tengah.

Semoga pak Ganjar bisa melakukan terobosan,,,,sukses untuk Jateng Gayeng

 




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 13 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
14 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 17 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks