Turunkan Tekanan Darah dengan Seledri

Oleh : Dirk/kompas | Minggu, 09 Juni 2019 | 10:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Selama ini kita mengenal seledri sebagai salah satu bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, khususnya menurunkan tekanan darah. Penelitian secara ilmiah juga mendukung pengetahuan tersebut.

Seledri diketahui mengandung fitokimia yang disebut phthalides. Ekstraknya yang disebut NBP terbukti dalam melemaskan jaringan di dinding arteri sehingga aliran darah lebih lancar dan tekanan darah turun.

Konsumsi seledri utuh, baik dijus atau dicampur dalam makanan, lebih disarankan karena bagian batangnya memiliki kandungan garam rendah. Kita juga akan mendapatkan serat, magnesium, dan potasium, mineral yang penting untuk menurunkan tekanan darah.

Untuk mendapatkan manfaat seledri bagi penurunan tekanan darah, sebaiknya batasi asupan garam, makanan manis, serta daging merah. Selain pola makan sehat, disarankan mengonsumsi empat batang seledri sehari. 

Meski demikian, para ahli mengingatkan bahwa tidak ada satu jenis sayuran atau tumbuhan yang bisa dijadikan terapi suatu penyakit. 

"Bukan rahasia jika suatu sayuran mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Tetapi, kita harus mengonsumsi berbagai jenis sayur atau tumbuhan untuk melengkapi manfaatnya," kata Kenneth Shafer, dokter penyakit jantung dari Cleveland Clinic.

Untuk menurunkan tekanan darah, Shafer menyarankan agar kita mengonsumsi berbagai sayuran, buah, whole grain, kacang-kacangan, dan juga minyak sayur, untuk mendapatkan potasium, kalsium, magnesium, serat. 




Fokus : Seledri


#Seledri
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 17 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks