Ternyata Kurang Minum Air Berisiko Obesitas

Oleh : Dirk/kompas | Minggu, 09 Juni 2019 | 18:00 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Ternyata selama ini anggapan beberapa orang tentang terlalu banyak mengonsumsi air bisa membuat gemuk ternyata salah. Karena senjata ampuh atasi berat badan adalah air. Demikian hasil sebuah riset yang melibatkan hampir 10.000 orang dewasa.

"Mereka yang kurang minum ternyata memiliki indeks massa tubuh lebih tinggi dibandingkan yang cukup minum," kata pemimpin penelitian Dr Tammy Chang, asisten profesor kedokteran keluarga dari University of Michigan Medical School.

Juga ditemukan, mereka yang minum terlalu sedikit air ternyata 50 persen lebih berisiko mengalami obesitas dibandingkan mereka yang cukup minum.

Kaitan antara minum dan obesitas ini ternyata cukup kuat, kendati peneliti memasukkan faktor lain seperti usia, jenis kelamin dan penghasilan.

"Studi ini mengindikasikan asupan cairan mungkin berdampak terhadap berat badan tetapi belum membuktikan hal tersebut," kata Connie Diekman, direktur nutrisi universitas dari Washington University di St Louis.

"Hal yang terlihat adalah pola makan yang banyak air, entah dalam bentuk minuman atau air yang ada pada buah dan sayur tampaknya berhubungan dengan berat badan lebih sehat," kata Diekman yang tak terlibat dalam penelitian di atas.

Untuk keperluan studi, asupan cairan diukur cukup atau tidak cukup berdasarkan sampel urin yang diadakan untuk US National Health and Nutrition Examination Survey 2009-2012. Lebih dari 9.500 peserta dari usia 18-64 tahun terlibat di dalamnya. Hampir sepertiga ternyata kurang minum.

Indeks massa tubuh adalah perhitungan lemak tubuh yang didasarkan tinggi dan berat badan. Secara keseluruhan, orang dewasa yang cukup minum memiliki indeks massa tubuh 28. Mereka yang kurang minum memiliki indeks 29. Indeks 25 termasuk kelebihan berat badan sedangkan indeks 30 termasuk obesitas.

"Studi kami adalah studi cross section, sebuah potret singkat dalam sekali waktu," kata Chang. Peneliti belum dapat membuktikan penyebab dan dampaknya.

"Mungkin pada orang yang kegemukan punya kebiasaan yang mencegah mereka minum," ujarnya. Misalnya, mereka mungkin makan ketika sebenarnya mereka haus.

Minum cukup air memang membantu kita merasa kenyang. Menurut Diekman, itu sebabnya kita jadi makan lebih sedikit dan tidak kelebihan berat badan. Atau seseorang yang cukup minum mungkin memiliki pola makan sehat pula.

Penjelasan mengapa asupan cairan berhubungan dengan berat badan sehat tidak termasuk dalam bahasan penelitian ini.

Cara sederhana mengukur kecukupan cairan cukup mudah. "Lihatlah warna urin. Jika berwarna jernih seperti air, kita cukup air. Jika kuning gelap, itu tanda kita butuh lebih air," kata Chang.

Saran kebutuhan cairan seharusnya juga dimasukkan dalam saran penurunan berat badan. Orang yang gemuk ternyata butuh lebih cairan dibandingkan dengan yang lebih langsing.

Kopi dan minuman berkafein sejatinya bersifat diuretik alias menyebabkan buang air kecil, tetapi minuman ini tampaknya tidak meningkatkan risiko dehidrasi.

"Tetapi saya tak merekomendasikan kopi sebagai minuman untuk menambah cairan di tubuh," kata Chang.




Fokus : Minum Air


#Obesitas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 58 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 14 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 14 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks