Ternyata Kurang Minum Air Berisiko Obesitas

Oleh : Dirk/kompas | Minggu, 09 Juni 2019 | 18:00 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Ternyata selama ini anggapan beberapa orang tentang terlalu banyak mengonsumsi air bisa membuat gemuk ternyata salah. Karena senjata ampuh atasi berat badan adalah air. Demikian hasil sebuah riset yang melibatkan hampir 10.000 orang dewasa.

"Mereka yang kurang minum ternyata memiliki indeks massa tubuh lebih tinggi dibandingkan yang cukup minum," kata pemimpin penelitian Dr Tammy Chang, asisten profesor kedokteran keluarga dari University of Michigan Medical School.

Juga ditemukan, mereka yang minum terlalu sedikit air ternyata 50 persen lebih berisiko mengalami obesitas dibandingkan mereka yang cukup minum.

Kaitan antara minum dan obesitas ini ternyata cukup kuat, kendati peneliti memasukkan faktor lain seperti usia, jenis kelamin dan penghasilan.

"Studi ini mengindikasikan asupan cairan mungkin berdampak terhadap berat badan tetapi belum membuktikan hal tersebut," kata Connie Diekman, direktur nutrisi universitas dari Washington University di St Louis.

"Hal yang terlihat adalah pola makan yang banyak air, entah dalam bentuk minuman atau air yang ada pada buah dan sayur tampaknya berhubungan dengan berat badan lebih sehat," kata Diekman yang tak terlibat dalam penelitian di atas.

Untuk keperluan studi, asupan cairan diukur cukup atau tidak cukup berdasarkan sampel urin yang diadakan untuk US National Health and Nutrition Examination Survey 2009-2012. Lebih dari 9.500 peserta dari usia 18-64 tahun terlibat di dalamnya. Hampir sepertiga ternyata kurang minum.

Indeks massa tubuh adalah perhitungan lemak tubuh yang didasarkan tinggi dan berat badan. Secara keseluruhan, orang dewasa yang cukup minum memiliki indeks massa tubuh 28. Mereka yang kurang minum memiliki indeks 29. Indeks 25 termasuk kelebihan berat badan sedangkan indeks 30 termasuk obesitas.

"Studi kami adalah studi cross section, sebuah potret singkat dalam sekali waktu," kata Chang. Peneliti belum dapat membuktikan penyebab dan dampaknya.

"Mungkin pada orang yang kegemukan punya kebiasaan yang mencegah mereka minum," ujarnya. Misalnya, mereka mungkin makan ketika sebenarnya mereka haus.

Minum cukup air memang membantu kita merasa kenyang. Menurut Diekman, itu sebabnya kita jadi makan lebih sedikit dan tidak kelebihan berat badan. Atau seseorang yang cukup minum mungkin memiliki pola makan sehat pula.

Penjelasan mengapa asupan cairan berhubungan dengan berat badan sehat tidak termasuk dalam bahasan penelitian ini.

Cara sederhana mengukur kecukupan cairan cukup mudah. "Lihatlah warna urin. Jika berwarna jernih seperti air, kita cukup air. Jika kuning gelap, itu tanda kita butuh lebih air," kata Chang.

Saran kebutuhan cairan seharusnya juga dimasukkan dalam saran penurunan berat badan. Orang yang gemuk ternyata butuh lebih cairan dibandingkan dengan yang lebih langsing.

Kopi dan minuman berkafein sejatinya bersifat diuretik alias menyebabkan buang air kecil, tetapi minuman ini tampaknya tidak meningkatkan risiko dehidrasi.

"Tetapi saya tak merekomendasikan kopi sebagai minuman untuk menambah cairan di tubuh," kata Chang.




Fokus : Minum Air


#Obesitas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 18 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks