Cara Mudah Cek Keaslian Vaksin

Oleh : Gunawan Abdillah | Selasa, 19 Juli 2016 | 10:01 WIB



Wartakesehatan.com - Sekelas pengelola rumah sakit maupun dokter anak tentunya tahu mengenai cara pengecekan vaksin palsu yang terdaftar, bukan mencari kambing hitam dengan mengaku tidak tahu.

Memberantas segala hal yang berbau ilegal di Indonesia tentunya memerlukan usaha dan tenaga yang keras, seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang tak pernah menyerah melakukan berbagai upaya dalam menangani praktik terkait pemalsuan, pembajakan, penyelundupan vaksin palsu di Indonesia.

Akibat pemegang kepentingan tak bertanggung jawab implikasi praktik ilegal tersebut berujung pada kerugian ekonomi secara global, juga terpenting berisiko terhadap kesehatan masyarakat Indonesia juga dunia.

Hal ini menjadi tanggung jawab besar BPOM dalam menanggulangi pangan dan obat yang berbahaya. Namun jika tak didukung dengan masyarakat maka usaha yang dilakukan oleh pihak berwenang akan menjadi sia-sia.


Terkait edukasi yang diberikan oleh BPOM kepada masyarakat, bahwa untuk menjadi masyarakat yang pintar dalam memilih pangan yang aman, masyarakat kedokteran haruslah sadar terlebih dahulu akan pentingnya memilih vaksin yang aman dengan cara CEK-KIK.

"Sebelum konsumen memilih segala produk cobalah mengecek dengan cara CEK-KIK yaitu Cek K. K-nya adalah Kondisi Kemasan, apakah kondisi kemasannya baik. Lalu I adalah izin edar atau izin kemasan - ada enggak izin edarnya atau nomor BPOM yang tertera di kemasan. Tapi, walaupun ada nomor BPOM-nya Anda juga harus periksa lebih lanjut lagi, masih ada yang memalsukan soalnya," jelas mantan penyidik BPOM kepada wartakesehatan.com

Penyidik yang makan asam garan di BPOM ini menambahkan memeriksa nomor BPOM yang tertera pada kemasan dapat dilakukan dengan mengunjungi situs resmi BPOM yakni cekbpom.pom.go.id.

"Nah, cara untuk memastikannya kami sudah punya aplikasi tersendiri yang bisa didownload, atau dengan buka website di cekbpom.pom.go.id. Nanti di sana Anda tinggal masukkan nomor yang tertera di kemasan lalu lihat deh terdaftar atau tidak produknya," tutunya.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 5 jam yang lalu

Ereksi 3-5 kali Semalam Menandakan Kesehatan Pria

Wartakesehatan.com - Seorang Profesor dan Direktur dari Divisi Urologi di Southern Illinois University School of Medicine,..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Pare Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Wartakesehatan.com - Ternyata pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Dampak Buruk Minum Teh Setelah Makan

Wartakesehatan.com - Tahukah kalian kalau ternyata minum teh setelah makan punya dampak buruk bagi tubuh? Dikutip..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Dampak Tak Terduga Dari Diabetes

Wartakesehatan.com - Menurut Osama Hamdy Direktur Inpatient Diabetes Program at the Joslin Diabetes Center, Boston,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Srikaya Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Buah srikaya cukup mudah ditemui dimanapun. Di toko buah atau pun di pasar. Buah srikaya memiliki daging..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Konsumsi Cokelat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Bagi mereka yang takut gemuk sering kali menghindari coklat. Karena kandungan lemak yang..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

6 Manfaat Terong yang Perlu Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Terong mempunyai banyak jenis mulai dari terong ungu, belanda dan juga terong bulat dan masih..
Mamin - 12 jam yang lalu

Bahaya !! Makanan Sehat Ternyata Mengandung Racun

Wartakesehatan.com - Ini dia lima makanan yang dianggap sehat, namun ternyata mengandung racun berbahaya, seperti dilansir..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

6 Manfaat Sehat Buah Pir

Wartakesehatan.com - Buah Pir merupakan buah yang memiliki rasa buah yang manis keasaman yang menjadikannya sangat segar..
14 jam yang lalu

Bayam Efektif Mengurangi Kembung

Waartakesehatan.com - Makanan sehat merupakan kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mendapatkan berat badan ideal,..

+Indeks