Cara Mudah Cek Keaslian Vaksin

Oleh : Gunawan Abdillah | Selasa, 19 Juli 2016 | 10:01 WIB



Wartakesehatan.com - Sekelas pengelola rumah sakit maupun dokter anak tentunya tahu mengenai cara pengecekan vaksin palsu yang terdaftar, bukan mencari kambing hitam dengan mengaku tidak tahu.

Memberantas segala hal yang berbau ilegal di Indonesia tentunya memerlukan usaha dan tenaga yang keras, seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang tak pernah menyerah melakukan berbagai upaya dalam menangani praktik terkait pemalsuan, pembajakan, penyelundupan vaksin palsu di Indonesia.

Akibat pemegang kepentingan tak bertanggung jawab implikasi praktik ilegal tersebut berujung pada kerugian ekonomi secara global, juga terpenting berisiko terhadap kesehatan masyarakat Indonesia juga dunia.

Hal ini menjadi tanggung jawab besar BPOM dalam menanggulangi pangan dan obat yang berbahaya. Namun jika tak didukung dengan masyarakat maka usaha yang dilakukan oleh pihak berwenang akan menjadi sia-sia.


Terkait edukasi yang diberikan oleh BPOM kepada masyarakat, bahwa untuk menjadi masyarakat yang pintar dalam memilih pangan yang aman, masyarakat kedokteran haruslah sadar terlebih dahulu akan pentingnya memilih vaksin yang aman dengan cara CEK-KIK.

"Sebelum konsumen memilih segala produk cobalah mengecek dengan cara CEK-KIK yaitu Cek K. K-nya adalah Kondisi Kemasan, apakah kondisi kemasannya baik. Lalu I adalah izin edar atau izin kemasan - ada enggak izin edarnya atau nomor BPOM yang tertera di kemasan. Tapi, walaupun ada nomor BPOM-nya Anda juga harus periksa lebih lanjut lagi, masih ada yang memalsukan soalnya," jelas mantan penyidik BPOM kepada wartakesehatan.com

Penyidik yang makan asam garan di BPOM ini menambahkan memeriksa nomor BPOM yang tertera pada kemasan dapat dilakukan dengan mengunjungi situs resmi BPOM yakni cekbpom.pom.go.id.

"Nah, cara untuk memastikannya kami sudah punya aplikasi tersendiri yang bisa didownload, atau dengan buka website di cekbpom.pom.go.id. Nanti di sana Anda tinggal masukkan nomor yang tertera di kemasan lalu lihat deh terdaftar atau tidak produknya," tutunya.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 5 menit yang lalu

Waspada, Stres Pengaruhi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata stres berkaitan dengan mengalami serangan jantung, hal ini ditemukan oleh..
Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan Terbaik untuk Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Saat memilih jenis makanan, anda harus memilih makanan yang terutama mengandung serat lebih banyak,..
Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Obati Batuk dan Flu dengan Kunyit

Wartakesehatan - Musim hujan yang datang tak menentu sering membawa bakteri dan virus yang bisa membuat kita mengalami..
Mamin - 14 jam yang lalu

Makanan Cepat Saji bisa Merusak Hormon

Wartakesehatan - Bila Anda ingin sehat, sebaiknya lupakan kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji atau fast..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Konsumsi Buah Naga

Wartakesehatan.com - Buah naga termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan. Buah naga ada yang berwarna merah dan ada yang..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Menangis Membuang Racun Pada Tubuh

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

4 Asupan Sehat Ini Ternyata picu Ngantuk Siang Hari

Wartakesehatan - Untuk membangkitkan semangat tubuh, mungkin kita bisa memanfaatkan khasiat dengan mengkonsumsi beberapa..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Mulai Memasuki Masa Menopause, Ini Ciri-cirinya

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, wanita yang akan memasuki masa menopause akan dimulai dengan tanda terjadinya:-..
Ibu & Anak - 20 jam yang lalu

Alasan Ilmiah Ibu Hamil Dilarang Merokok

Wartakesehatan.com - Wanita hamil dilarang konsumsi jamu, tidak boleh olahraga terlalu berat, tidak boleh terlalu capek dan..

+Indeks