Cara Mudah Cek Keaslian Vaksin

Oleh : Gunawan Abdillah | Selasa, 19 Juli 2016 | 10:01 WIB



Wartakesehatan.com - Sekelas pengelola rumah sakit maupun dokter anak tentunya tahu mengenai cara pengecekan vaksin palsu yang terdaftar, bukan mencari kambing hitam dengan mengaku tidak tahu.

Memberantas segala hal yang berbau ilegal di Indonesia tentunya memerlukan usaha dan tenaga yang keras, seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang tak pernah menyerah melakukan berbagai upaya dalam menangani praktik terkait pemalsuan, pembajakan, penyelundupan vaksin palsu di Indonesia.

Akibat pemegang kepentingan tak bertanggung jawab implikasi praktik ilegal tersebut berujung pada kerugian ekonomi secara global, juga terpenting berisiko terhadap kesehatan masyarakat Indonesia juga dunia.

Hal ini menjadi tanggung jawab besar BPOM dalam menanggulangi pangan dan obat yang berbahaya. Namun jika tak didukung dengan masyarakat maka usaha yang dilakukan oleh pihak berwenang akan menjadi sia-sia.


Terkait edukasi yang diberikan oleh BPOM kepada masyarakat, bahwa untuk menjadi masyarakat yang pintar dalam memilih pangan yang aman, masyarakat kedokteran haruslah sadar terlebih dahulu akan pentingnya memilih vaksin yang aman dengan cara CEK-KIK.

"Sebelum konsumen memilih segala produk cobalah mengecek dengan cara CEK-KIK yaitu Cek K. K-nya adalah Kondisi Kemasan, apakah kondisi kemasannya baik. Lalu I adalah izin edar atau izin kemasan - ada enggak izin edarnya atau nomor BPOM yang tertera di kemasan. Tapi, walaupun ada nomor BPOM-nya Anda juga harus periksa lebih lanjut lagi, masih ada yang memalsukan soalnya," jelas mantan penyidik BPOM kepada wartakesehatan.com

Penyidik yang makan asam garan di BPOM ini menambahkan memeriksa nomor BPOM yang tertera pada kemasan dapat dilakukan dengan mengunjungi situs resmi BPOM yakni cekbpom.pom.go.id.

"Nah, cara untuk memastikannya kami sudah punya aplikasi tersendiri yang bisa didownload, atau dengan buka website di cekbpom.pom.go.id. Nanti di sana Anda tinggal masukkan nomor yang tertera di kemasan lalu lihat deh terdaftar atau tidak produknya," tutunya.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






2 jam yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
4 jam yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..
7 jam yang lalu

Ini Dia Beberapa Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan jika tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Mood

Wartakesehatan.com - Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, studi yang memberitakan dalam..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Langkah Hindari Terjadinya Pikun

Wartakesehatan.com - Pikun terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Bermanfaat Penting bagi Kesehatan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Saat sedang menjalankan puasa  ternyata memiliki banya manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buka Puasa dengan Kurma bisa Cegah Diare

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang manis alami, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan selama berpuasa lho. Salah..

+Indeks