Waspada, Umur bisa berkurang 3 Tahun karena Obesitas

Oleh : Dirk/kompas | Jumat, 16 Agustus 2019 | 11:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Obesitas mungkin terlihat biasa bagi sebagian orang, itu sebabnya ada beberapa orang yang sangat doyan mengonsumsi makanan secara berlebihan tanpa takut menderita obesitas. 

Sebaiknya mulai sekarang anda harus waspada karena menurut para ilmuwan orang yang kelebihan berat badan berisiko mengalami penurunan harapan hidup sebanyak 1 tahun, bahkan harapan hidup orang yang sangat gemuk dapat berkurang hingga 3 tahun.

Kelebihan berat badan dinilai sangat berkaitan dengan komplikasi kesehatan termasuk penyakit jantung, stroke dan kanker, dan penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa kegemukan dapat mengambil beberapa tahun usia Anda.

Kelebihan berat badan kini menjadi penyebab kematian dini nomor dua setelah merokok di Amerika Utara dan Eropa.

Bila merokok menyumbang seperempat dari total kematian dini, kegemukan menyumbang 14 sampai 20 persen dari kematian tersebut.

Peneliti menyaring data dari hampir 4 juta orang dewasa non-merokok di 32 negara yang diterbitkan dari tahun 1970 sampai 2015.

Mereka membandingkan risiko kematian di beberapa tingkat indeks massa tubuh atau BMI serta ukuran lemak tubuh yang dihitung dengan menggunakan tinggi dan berat badan.

Mereka mendefinisikan BMI 18,5-25 sebagai berat badan normal, 25-30 sebagai kelebihan berat badan, 30-35 sebagai kegemukan, dan 40 ke atas sebagai sangat gemuk.

Orang yang kelebihan berat berisiko kehilangan 1 tahun harapan hidup ketimbang orang dengan berat badan normal, sedang orang yang kegemukan dan sangat gemuk dapat kehilangan 3 tahun harapan hidup, kata Richard Peto dari Oxford University, salah satu penulis studi.

Penelitian sebelumnya bahkan menemukan, bahwa menjadi sangat gemuk dapat memotong harapan hidup sebanyak 8 tahun.

Studi ini juga menemukan, bahwa menjadi gemuk jauh lebih berbahaya bagi laki-laki daripada perempuan. "Pria yang kegemukan 3 kali lebih berisiko mengalami kematian dini ketimbang wanita," kata Peto.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 15 persen wanita di seluruh dunia dan 11 persen pria mengalami kegemukan. Secara keseluruhan, WHO memperkirakan bahwa lebih dari 1 miliar orang dewasa kelebihan berat badan dan 600 juta lainnya mengalami obesitas.

Peto mengakui, bahwa diperlukan langkah lebih jauh daripada hanya menyarankan orang-orang untuk menurunkan berat badan, karena menurunkan berat badan pada orang yang kegemukan sangat sulit. Ia melanjutkan, "Mungkin lebih mudah untuk merekomendasikan orang agar tidak menambah berat badan terutama saat mereka masuk usia 30," katanya.




Fokus : Obesitas


#Obesitas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Normalkah Mencium Celana Dalam Pasangan ?

Wartakesehatan.com – Masih banyak orang yang masih mempunyai kebiasaan mencium celana dalam lawan jenis. Kebiasaan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Jaga Kosentrasi Penuh dengan Sarapan Pagi

Wartakesehatan.com - Menurut ahli gizi sarapan tidak seharusnya dilewatkan oleh mereka yang tengah diet..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Konsumsi Oatmeal Terbukti Baik bagi Jantung

Wartakesehatan.com - Terkadang makanan yang dianggap enak, justru punya bahaya kesehatan yang mengintai. Sebut saja memicu..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Sarapan dulu atau Olahraga Dulu ?

Wartakesehatan - Olahraga pagi diakui mampu mampu meningkatkan kebugaran tubuh saat beraktivitas. Namun ada sebuh..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Roti Tawar Biasa Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Wartakesehatan - Hampir sebagaian besar orang mempunyai kebiasaan mengonsumsi roti tawar dipagi hari, memang benar sarapan..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Sereal Menu Sarapan yang Menyehatkan

Wartakesehatan.com - Victoria Taylor, seorang ahli diet British Heart Foundation menyatakan, sarapan yang sehat dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
1 hari yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..

+Indeks