Waspada, Gejala Batu Ginjal

Oleh : Dirk/kompas | Kamis, 21 Juli 2016 | 19:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri di Indonesia sering ditemukan kasus mengenai penyakit batu ginjal. Menurut kedokteran hal ini terjadi karena endapan kristal berupa kalsium maupun asam urat dan bisa ditemukan di sepanjang saluran kemih.

Dokter spesialis urologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Charles Martamba Hutasoit mengungkapkan, sekitar 75 persen kasus urologi adalah masalah saluran kemih, khususnya batu ginjal.

Charles mengatakan, ada beberapa gejala yang bisa muncul saat terkena penyakit batu ginjal. Sering kali pasien batu ginjal merasa nyeri pinggang menetap atau tak kunjung hilang. Bahkan, bisa kesulitan mencari posisi yang nyaman untuk duduk. Selain itu, bisa juga terjadi kolik atau rasa nyeri di sekitar perut atau pinggang.

"Kolik terjadi karena batu menyumbat aliran air kencing di saluran kemih," kata Charles dalam diskusi media di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Rasa nyeri itu makin lama bisa terasa makin sakit. Bahkan, bisa menjalar dari pinggang ke perut depan, ke lipat paha, hingga bagian genital. Gejala lainnya juga akan terjadi adalah masalah dalam buang air kecil, seperti terasa nyeri, kencing berdarah, hingga aliran air kencing terputus-putus atau tidak tuntas.

Menurut Charles, jika sudah muncul gejala tersebut segera periksa ke dokter agar bisa mendapat penanganan lebih dini. Namun, terkadang gejala batu ginjal memang tidak muncul.

Untuk pengobatan batu ginjal, salah satu metode pengobatan yang bisa dilakukan tanpa operasi yaitu Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL). ESWL menggunakan gelombang suara kejut untuk menghancurkan batu ginjal.




Fokus : Batu Ginjal


#Batu Ginjal
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






9 jam yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..
12 jam yang lalu

Tips Berbuka Puasa Bagi Pengidap Asma

Wartakesehatan.com - Sejauh ini berpuasa di bulan Ramadan dinyatakan aman oleh para dokter dan tenaga kesehatan. Bahkan menurut..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Bercinta Dapat Menghindarkan Kita Dari Penyakit

Wartakesehatan.com   - Memang bulan puasa waktu untuk menahan segala hawa nafsu, namun pasangan suami istri..
1 hari yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
1 hari yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..

+Indeks