Menyusui Cegah Risiko Kanker Payudara dan Diabetes

Oleh : Dirk/kompas | Jumat, 22 Juli 2016 | 21:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Selama ini kita semua mengetahui betapa pentingnya ASI bagi bayi untuk masa pertumbuhan, oleh sebab itu setiap ibu diwajibkan menyusui bayinya secar teratur. Namun tahukah Anda? pada saat menyusui bukan hanya bayi yang mendapatkan manfaat, tetapi juga sang ibu. Berdasarkan penelitian, selain menurunkan risiko kanker payudara, menyusui juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 pada wanita dengan diabetes gestasional.

diabetes gestasional adalah penyakit kencing manis yang terjadi pada masa kehamilan. diabetes saat hamil ini bisa berkembang menjadi diabetes tipe 2 akibat berbagai faktor risiko.

Nah, menurut peneliti, menyusui bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya diabetes tipe 2. Penelitian menunjukkan, menyusui dapat memperbaiki metabolisme yang melindungi ibu dari diabetes.

Setelah ibu menyusui lebih dari tiga bulan, itu sudah menunjukkan perbedaan metabolit atau hasil metabolisme yang signifikan dibanding para ibu yang masa menyusuinya anakanya hanya sebentar.

"Periode menyusui yang lebih lama terkait dengan perubahan produksi fosfolipid dan konsentrasi asam amino rantai cabang dalam plasma darah ibu," kata penulis studi, Daniela Much, dari lembaga penelitian di Jerman, Helmholtz Zentrum Munchen.

Dalam penelitian sebelumnya, metabolit tersebut berkaitan dengan resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Sandra Hummel yang juga dari Helmholtz Zentrum Munchen menambahkan, temuan ini menambah pengetahuan baru bahwa laktasi memengaruhi metabolisme yang memberi efek perlindungan.

Hal ini pun menguatkan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa menyusui lebih dari tiga bulan sudah memberi efek perlindungan selama 15 tahun kepada ibu dengan diabetes gestasional.

Jika pemberian ASI eksklusif selama enam bulan dilakukan, efek perlindungan menjadi lebih baik. Pemberian ASI sebaiknya juga dilanjutkan hingga anak berusia dua tahun.




Fokus : Menyusui


#Diabetes #Kanker payudara
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
13 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks