Ingin Tahu Penyebab Tekanan Darah Tinggi ?

Oleh : ibrahim romending | Senin, 25 Juli 2016 | 16:05 WIB



Wartakesehatan.com - Perlunya menghindari tekanan darah tinggi bagi orang dewasa. Bagi orang yang mengalami tekanan darah rendah dan tinggi merupakan masalah bagi kesehatannya. Begitu berbahayanya bagi kesehatan lantaran berisiko pada stroke hingga kematian. Berikut ini beberapa faktor penyebab tekanan darah menjadi tinggi yang penting diketahui:

- Faktor Keturunan
Penyakit hipertensi diketahui bisa diturunkan. Sehingga untuk orang tua yang memiliki riwayat penyakit darah yang tinggi bisa jadi menurunkannya pada anak kandungnya.

- Faktor Usia
Faktor penyebab darah tinggi berikutnya yaitu faktor usia. Adapun seiring usia yang bertambah, maka seseorang otomatis akan mendapati tekanan darahnya semakin naik. Hal ini berarti orang tua memiliki risiko lebih tinggi menderita hipertensi.

- Konsumsi Garam Berlebih
Seseorang yang gemar dengan rasa asin yang berasal dari garam berisiko terkena penyakit hipertensi. Pasalnya garam dapat menyebabkan tekanan darah naik dengan cepat. Terlebih untuk mereka yang sudah berusia lanjut dan memiliki riwayat sakit diabetes atau kencing manis.

- Kurang Olahraga
Seseorang yang pasif bergerak dan jarang melakukan olahraga amat berisiko terkena penyakit darah tinggi. Hal ini bisa dijelaskan dimana jarang melakukan olahraga membuat aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Alhasil tekanan darah sangat rentan untuk naik secara drastis.Tentu saja kondisi ini berisiko pula meningkatkan ancaman penyakit kronis seperti stroke dan jantung.

- Riwayat Sakit Kolesterol
Seseorang yang memiliki kolestrol tinggi juga berisiko mengalami gangguan tekanan darah yang tinggi. Hal ini karena kandungan lemak berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit hingga memicu tekanan darah naik. Adapun faktor ini bisa diminimalisir dengan menjauhi makanan berkolesterol.

- Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol
Seorang perokok aktif memiliki risiko menderita tekanan darah yang tinggi. Kebiasaan merokok diketahui membuat tekanan darahnya menjadi tinggi secara otomatis. Hal ini berlaku pula bagi peminum alkohol. Minum minuman beralkohol dalam porsi berlebih sangat berisiko membuat tekanan darah naik dan melebihi ambang batas normal. Risiko penyakit hipertensi pun semakin meningkat bila aktif merokok dan juga minum minuman beralkohol. Oleh karena itu, hindari rokok dan minuman beralkohol bila ingin terbebas dari risiko penyakit hipertensi atau darah tinggi.

 

Sumber : Sehatsekali.com

.

 




Fokus : Hipertensi


#Hipertensi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 7 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
8 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 11 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks