Ingin Tahu Penyebab Tekanan Darah Tinggi ?

Oleh : ibrahim romending | Senin, 25 Juli 2016 | 16:05 WIB



Wartakesehatan.com - Perlunya menghindari tekanan darah tinggi bagi orang dewasa. Bagi orang yang mengalami tekanan darah rendah dan tinggi merupakan masalah bagi kesehatannya. Begitu berbahayanya bagi kesehatan lantaran berisiko pada stroke hingga kematian. Berikut ini beberapa faktor penyebab tekanan darah menjadi tinggi yang penting diketahui:

- Faktor Keturunan
Penyakit hipertensi diketahui bisa diturunkan. Sehingga untuk orang tua yang memiliki riwayat penyakit darah yang tinggi bisa jadi menurunkannya pada anak kandungnya.

- Faktor Usia
Faktor penyebab darah tinggi berikutnya yaitu faktor usia. Adapun seiring usia yang bertambah, maka seseorang otomatis akan mendapati tekanan darahnya semakin naik. Hal ini berarti orang tua memiliki risiko lebih tinggi menderita hipertensi.

- Konsumsi Garam Berlebih
Seseorang yang gemar dengan rasa asin yang berasal dari garam berisiko terkena penyakit hipertensi. Pasalnya garam dapat menyebabkan tekanan darah naik dengan cepat. Terlebih untuk mereka yang sudah berusia lanjut dan memiliki riwayat sakit diabetes atau kencing manis.

- Kurang Olahraga
Seseorang yang pasif bergerak dan jarang melakukan olahraga amat berisiko terkena penyakit darah tinggi. Hal ini bisa dijelaskan dimana jarang melakukan olahraga membuat aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Alhasil tekanan darah sangat rentan untuk naik secara drastis.Tentu saja kondisi ini berisiko pula meningkatkan ancaman penyakit kronis seperti stroke dan jantung.

- Riwayat Sakit Kolesterol
Seseorang yang memiliki kolestrol tinggi juga berisiko mengalami gangguan tekanan darah yang tinggi. Hal ini karena kandungan lemak berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit hingga memicu tekanan darah naik. Adapun faktor ini bisa diminimalisir dengan menjauhi makanan berkolesterol.

- Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol
Seorang perokok aktif memiliki risiko menderita tekanan darah yang tinggi. Kebiasaan merokok diketahui membuat tekanan darahnya menjadi tinggi secara otomatis. Hal ini berlaku pula bagi peminum alkohol. Minum minuman beralkohol dalam porsi berlebih sangat berisiko membuat tekanan darah naik dan melebihi ambang batas normal. Risiko penyakit hipertensi pun semakin meningkat bila aktif merokok dan juga minum minuman beralkohol. Oleh karena itu, hindari rokok dan minuman beralkohol bila ingin terbebas dari risiko penyakit hipertensi atau darah tinggi.

 

Sumber : Sehatsekali.com

.

 




Fokus : Hipertensi


#Hipertensi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 13 menit yang lalu

Ibu Hamil Ketahui 5 Makanan ini picu Keguguran

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkir seorang wanita hamil akan lebih banyak menjaga diri agar apapun yang dilakukan bisa..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

4 Cara atasi Nyeri Punggung

Wartakesehatan.com - Sebagai manusia biasa, kadang-kadang bahkan sering mengalami yang namanya nyeri punggung, Sebelum ke..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..

+Indeks