Cegah Rubela dengan Cara Tepat

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Senin, 25 Juli 2016 | 21:09 WIB


IST

Wartakesehatan - Rubela merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui udara. Rubela atau yang akrab disebut campak jerman ini banyak menyerang bayi dan balita karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih lemah. Apabila tidak segera ditangani dengan baik, rubela dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi telinga atau tuli dan peradangan otak.

Rubela biasanya dikenali dengan munculnya ruam akut di kulit yang mengakibatkan pengelupasan. Sebelum munculnya ruam, gejalanya diawali dengan demam, sakit kepala, mata dan hidung berair. Gejala-gejala ini biasanya muncul setelah dua sampai tiga minggu tertular virus.

Untuk mencegah rubela pada anak, Anda sebaiknya memenuhi imunisasi lengkap untuk anak. Anda juga harus lebih waspada dan memiliki kesadaran yang tinggi saat timbulnya gejala awal campak. Meski mirip dengan gejala penyakit biasa yang umum terjadi pada anak-anak, seperti flu dan demam, mengetahui penyakit ini lebih dini tentu lebih baik. Segera berkonsultasi dengan dokter sebelum rubela menjalar menjadi berbagai komplikasi yang sangat membahayakan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Tak hanya menyerang anak, rubela juga bisa dialami oleh ibu hamil. Untuk mencegahnya, mereka disarankan untuk mendapatkan vaksinasi MMR sebelum hamil. Namun bila wanita tersebut sudah terlanjur hamil, namun belum sempat mendapatkan vaksinasi MMR, maka ia tidak dianjurkan untuk mendapatka vaksin ini. Sebab vaksin MMR terbuat dari virus yang dilemahkan. Ibu hamil juga perlu memerhatikan lingkungan sekitar. Hindari berdekatan dengan orang yang terkena flu dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan istirahat teratur dan makan makanan yang bergizi.




Fokus : Bayi


#Bayi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 2 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks