Kartu Palsu BPJS, Menkes Minta Diusut

Oleh : Gunawan Abdillah | Selasa, 26 Juli 2016 | 10:23 WIB



Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Farid Moeloek pri­hatin adanya peredaran kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan palsu di Kota Cimahi, Bandung, Jawa Barat.

Kementerian Kesehatan pun meminta BPJS Kesehatan segera menarik kartu dan men­data ulang peserta baru.

Hal itu dikatakan Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek usai penandatanganan MoU Pemberantasan Korupsi di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, kemarin.

"BPJS Kesehatan harus cepat merespons kasus tersebut, dan melakukan pendataan terkait peredaran kartu palsu untuk kemudian di lakukan penarikan kartu dan pendataan ulang pe­serta baru," ucap Nila Moeloek.

Menkes mengatakan, pem­buatan dan distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS) mau­pun Kartu BPJS Kesehatan wewenangnya ada di BPJS, termasuk data by name by addres juga disana.

"Karena itu, Kemenkes me­nyerahkan kasus ini kepada BPJS untuk segera diselesaikan dengan cepat," tegasnya.

Menkes berharap, dengan pe­layanan yang cepat dari BPJS Kesehatan, kasus kartu palsu ini tidak muncul di daerah lain, dan meminimalisir kerugian bagi masyarakat.

"Kita sudah minta BPJS bergerak cepat mengecek di lapangan. Yang pasti kartu BPJS palsu tersebut merugi­kan masyarakat dan harus segera ditarik peredarannya, oknumnya juga harus diproses hukum," lanjut Nila.

Sementara, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris mengatakan, peredaran kartu palsu ini merupakan bentuk kecurangan yang di­lakukan oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Akibat ulah oknum negara dirugikan bila kartu palsu ini berhasil digunakan untuk kesehatan," jelas dia.

Lenih lanut dikatakanFahmi yang memasti­kan, kartu palsu yang beredar tersebut sudah di cek di master file milik BPJS Kesehatan. Hasilnya, data kartu tersebut tidak ditemukan di master file BPJS. Artinya, peserta dengan kartu palsu tidak akan bisa mengakses pengobatan baik di puskesmas maupun rumah sakit.

Fahmi juga mengimbau agar masyarakat tidak mengu­rus kartu BPJS melalui calo, tapi melalui mekanisme yang resmi.

"Masyarakat jangan urus melalui calo dengan alasan lama mengantri, karena seka­rang proses pembuatan kartu jauh lebih cepat. Paling lama proses awal pemberkasan tidak lebih dari tiga menit di teller kita," ujar Fahmi.

Saat ini, BPJS Kesehatan tengah mendata berapa banyak kartu yang dipalsukan. Namun jumlahnya baru bisa diketahui setelah digunakan oleh pe­serta.

"Sebagai langkah antisipasi, jika ragu kartu palsu atau tidak maka dicek dengan menelepon ke 1500400 atau lang­sung datang ke kantor BPJS," ujarnya




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks