Kartu Palsu BPJS, Menkes Minta Diusut

Oleh : Gunawan Abdillah | Selasa, 26 Juli 2016 | 10:23 WIB



Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Farid Moeloek pri­hatin adanya peredaran kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan palsu di Kota Cimahi, Bandung, Jawa Barat.

Kementerian Kesehatan pun meminta BPJS Kesehatan segera menarik kartu dan men­data ulang peserta baru.

Hal itu dikatakan Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek usai penandatanganan MoU Pemberantasan Korupsi di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, kemarin.

"BPJS Kesehatan harus cepat merespons kasus tersebut, dan melakukan pendataan terkait peredaran kartu palsu untuk kemudian di lakukan penarikan kartu dan pendataan ulang pe­serta baru," ucap Nila Moeloek.

Menkes mengatakan, pem­buatan dan distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS) mau­pun Kartu BPJS Kesehatan wewenangnya ada di BPJS, termasuk data by name by addres juga disana.

"Karena itu, Kemenkes me­nyerahkan kasus ini kepada BPJS untuk segera diselesaikan dengan cepat," tegasnya.

Menkes berharap, dengan pe­layanan yang cepat dari BPJS Kesehatan, kasus kartu palsu ini tidak muncul di daerah lain, dan meminimalisir kerugian bagi masyarakat.

"Kita sudah minta BPJS bergerak cepat mengecek di lapangan. Yang pasti kartu BPJS palsu tersebut merugi­kan masyarakat dan harus segera ditarik peredarannya, oknumnya juga harus diproses hukum," lanjut Nila.

Sementara, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris mengatakan, peredaran kartu palsu ini merupakan bentuk kecurangan yang di­lakukan oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Akibat ulah oknum negara dirugikan bila kartu palsu ini berhasil digunakan untuk kesehatan," jelas dia.

Lenih lanut dikatakanFahmi yang memasti­kan, kartu palsu yang beredar tersebut sudah di cek di master file milik BPJS Kesehatan. Hasilnya, data kartu tersebut tidak ditemukan di master file BPJS. Artinya, peserta dengan kartu palsu tidak akan bisa mengakses pengobatan baik di puskesmas maupun rumah sakit.

Fahmi juga mengimbau agar masyarakat tidak mengu­rus kartu BPJS melalui calo, tapi melalui mekanisme yang resmi.

"Masyarakat jangan urus melalui calo dengan alasan lama mengantri, karena seka­rang proses pembuatan kartu jauh lebih cepat. Paling lama proses awal pemberkasan tidak lebih dari tiga menit di teller kita," ujar Fahmi.

Saat ini, BPJS Kesehatan tengah mendata berapa banyak kartu yang dipalsukan. Namun jumlahnya baru bisa diketahui setelah digunakan oleh pe­serta.

"Sebagai langkah antisipasi, jika ragu kartu palsu atau tidak maka dicek dengan menelepon ke 1500400 atau lang­sung datang ke kantor BPJS," ujarnya




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






2 jam yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
5 jam yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..
7 jam yang lalu

Ini Dia Beberapa Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan jika tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Mood

Wartakesehatan.com - Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, studi yang memberitakan dalam..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Langkah Hindari Terjadinya Pikun

Wartakesehatan.com - Pikun terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Bermanfaat Penting bagi Kesehatan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Saat sedang menjalankan puasa  ternyata memiliki banya manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buka Puasa dengan Kurma bisa Cegah Diare

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang manis alami, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan selama berpuasa lho. Salah..

+Indeks