Ingin Bentuk Otot Perbanyak Asupan Protein

Oleh : Dirk/kompas | Jumat, 09 Agustus 2019 | 12:00 WIB



Wartakesehatan - Melakukan gym atau olahraga lainnya guna membangun otot memang sedang dinikmati sebagian besar kalangan muda. Tapi sebaiknya bukan hanya berolahraga memberi nutrisi yang tepat tak kalah pentingnya. Protein adalah solusi yang diperlukan agar massa otot maksimal.

Di antara latihan yang Anda praktekkan secara rutin, otot mungkin mengalami robekan-robekan mikro yang membutuhkan perbaikan. Di sinilah peran penting protein yang akan memperbaiki kerusakan tersebut sekaligus melakukan pembaruan.

Makanan seperti daging merah, daging unggas, ikan, kacang-kacangan, dan telur, kaya akan protein yang ketika kita asup akan dipecah oleh tubuh menjadi asam amino. 

Ketika terjadi kerusakan di bagian otot, akan dikirim sinyal ke asam amino untuk diubah menjadi sel otot baru dan sel satelit, yang bertanggung jawab untuk memperkuat robekan mikro agar semakin besar dan tentunya membuat otot kita lebih kuat.

Pertumbuhan otot ini hanya terjadi saat tubuh kita memiliki cukup asam amino untuk memperbaiki semua kerusakan mikro ini. Tentu saja kita perlu menyediakan bahan bakarnya, yaitu protein.

Bila kita kekurangan protein, robekan kecil di otot tidak akan bisa kembali normal sendiri, dan akibatnya adalah tubuh jadi lebih lemah sebelum Anda melakukan latihan beban. 

Kebutuhan protein setiap orang tjidak sama, tergantung pada jenis latihan dan intensitasnya. Pria yang jarang olahraga butuh 0,8 gram protein per kilogram berat badan. Misalnya, pria dengan bobot 79 kilogram butuh 63 gram protein setiap hari. Pria yang melakukan latihan endurans butuh hampir dua kali lipatnya.

Sebaiknya kita mengonsumsi protein 20 gram setelah berolahraga untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan pada otot tadi. Tetapi ada juga pakar yang menyarankan untuk mengasup minuman protein sejam sebelum berolahraga untuk cadangan energi, dan setelah latihan untuk memperbaiki otot. 

Sebaiknya tetap sesuaikan asupan protein dengan aktivitas fisik. Bila Anda tidak berolahraga dan mengonsumsi protein seperti atlet, oleh tubuh justru akan disimpan menjadi lemak.

Terlalu banyak protein bisa membuat tubuh dehidrasi dan meningkatkan risiko asam urat, batu ginjal, dan juga osteoporosis. Untuk mencegah Anda kelebihan protein, imbangi dengan olahraga rutin dan cukup minum air putih. 




Fokus : Otot


#Protein
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 8 jam yang lalu

Ini Dia 7 Tanda Mr P Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Tak sedikit wanita yang mengeluh kejantanan pria berkurang karena Mister P milik pria kesayangan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Kesehatan bisa Memburuk jika Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Dengan tidur di malam hari bisa membuat tubuh kembali bugar dan segar ketika bangun dipagi hari..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Wow, 5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri menangis tentu saja pernah dialami setiap orang bahkan sejak keluar dari rahim ibu..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Waspada, Merokok picu Penyakit Demensia

Wartakesehatan - Selama ini banyak ahli yang mengaitkan bahaya merokok dapat berujung pada beberapa penyakit seperti..
Herbal - 12 jam yang lalu

Redakan Batuk Berat dengan Lemon

Wartakesehatan.com - Sebagaimana dikutip Solopos.com dari Sportonlinegroup, batuk berat bisa diredakan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Waspada, Dampak Buruk Kerokan bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda kerokan ketika sakit ? Tentunya pernah kan. Kerokan adalah pengobatan alternatif yang..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

8 Manfaat Minum Teh Kunyit

Wartakesehatan.com - Kunyit diklaim sebagai salah satu obat alami atau obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal..
Mamin - 15 jam yang lalu

5 Bahaya Keseringan Konsumsi Mie Instan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang gemar makan mie instan ,mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Mie instan..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Menjadi Pilot Lebih Berisiko Alami Depresi

Wartakesehatan - Mungkin banyak anak kecil yang bercita-cita menjadi pilot karena kerennya membawa pesawat dan..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

4 Bahaya Tato bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tato bisa mengungkapkan memori yang ada di balik ukiran tubuh tersebut. Tato memang bisa menjadi..

+Indeks