Limbah Padat B3 RS Biang Keladi, Menkes Revisi Incenerator

Oleh : Gunawan Abdillah | Selasa, 26 Juli 2016 | 15:33 WIB



Wartakesehatan.com - Menkes rupanya sudah faham akan pembuangan limbah padat B3 rumah sakit yang menjadi biang keladi vaksin palsu.

Selain membahas soal vaksin palsu, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek yang menemui Menteri PMK Puan Maharani juga membahas revisi Permenkes 58,30 dan 35 bersama BPOM. Revisi Permenkes ini dilakukan untuk memberi wewenang yang lebih besar pada BPOM.

"Untuk revisi Permenkes, tadi sudah dibawa semua regulasi, aturan-aturan mana yang perlu diperbaiki, saat ini Permenkes 58,30 dan 35 itu sudah kami revisi bersama Badan POM dan sudah diberikan kepada DPR," kata Menkes Nila F. Moeloekusai pertemuan di Kemenko PMK, Jl. Medan Merdeka Barat, Selasa (26/07/2016).

Ia mengatakan revisi Permenkes ini sudah dibawa ke DPR untuk dibahas. Namun, Nila menyebut masih ada kelemahan dalam Permenkes ini bahkan tdk menutu kemungkinan akan bertabrakan dengan aturan yang dibuat menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. MIsalnya, KLH mengatur adanya insenerator rumakit,

"Kami melihat ada kelemahan Permen yang dikeluarkan KLH pada 2009, kami sudah koordinasi dengan Kementrian KLH, bagaimana insinerator tersebut atau pembuangan limbah, karena memang aturannya Permen KLH tersebut tidak membenarkan incenerator di setiap rumah sakit tetapi secara regional," tambah Menkes Nila.

Menko PMK, Puan Maharani menyatakan langkah untuk merevisi Permen tersebut menjadi langkah cepat,

"Berkaitan revisi Permenkes dan yang lain yang kita sudah bahas, memang diperlukan penguatan payung hukum apa saja yang dilaksanakan secepatnya ke depan. Contohnya penguatan perlindungan makanan minuman akan dimasukkan ke DPR sehingga BPOM akan lebih tahu tugas dan fungsinya," kata Puan.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






2 jam yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
5 jam yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..
7 jam yang lalu

Ini Dia Beberapa Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan jika tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Mood

Wartakesehatan.com - Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, studi yang memberitakan dalam..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Langkah Hindari Terjadinya Pikun

Wartakesehatan.com - Pikun terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Bermanfaat Penting bagi Kesehatan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Saat sedang menjalankan puasa  ternyata memiliki banya manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buka Puasa dengan Kurma bisa Cegah Diare

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang manis alami, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan selama berpuasa lho. Salah..

+Indeks