Limbah Padat B3 RS Biang Keladi, Menkes Revisi Incenerator

Oleh : Gunawan Abdillah | Selasa, 26 Juli 2016 | 15:33 WIB



Wartakesehatan.com - Menkes rupanya sudah faham akan pembuangan limbah padat B3 rumah sakit yang menjadi biang keladi vaksin palsu.

Selain membahas soal vaksin palsu, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek yang menemui Menteri PMK Puan Maharani juga membahas revisi Permenkes 58,30 dan 35 bersama BPOM. Revisi Permenkes ini dilakukan untuk memberi wewenang yang lebih besar pada BPOM.

"Untuk revisi Permenkes, tadi sudah dibawa semua regulasi, aturan-aturan mana yang perlu diperbaiki, saat ini Permenkes 58,30 dan 35 itu sudah kami revisi bersama Badan POM dan sudah diberikan kepada DPR," kata Menkes Nila F. Moeloekusai pertemuan di Kemenko PMK, Jl. Medan Merdeka Barat, Selasa (26/07/2016).

Ia mengatakan revisi Permenkes ini sudah dibawa ke DPR untuk dibahas. Namun, Nila menyebut masih ada kelemahan dalam Permenkes ini bahkan tdk menutu kemungkinan akan bertabrakan dengan aturan yang dibuat menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. MIsalnya, KLH mengatur adanya insenerator rumakit,

"Kami melihat ada kelemahan Permen yang dikeluarkan KLH pada 2009, kami sudah koordinasi dengan Kementrian KLH, bagaimana insinerator tersebut atau pembuangan limbah, karena memang aturannya Permen KLH tersebut tidak membenarkan incenerator di setiap rumah sakit tetapi secara regional," tambah Menkes Nila.

Menko PMK, Puan Maharani menyatakan langkah untuk merevisi Permen tersebut menjadi langkah cepat,

"Berkaitan revisi Permenkes dan yang lain yang kita sudah bahas, memang diperlukan penguatan payung hukum apa saja yang dilaksanakan secepatnya ke depan. Contohnya penguatan perlindungan makanan minuman akan dimasukkan ke DPR sehingga BPOM akan lebih tahu tugas dan fungsinya," kata Puan.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks