5 Tanda Anda Menderita Anemia

Oleh : Dirk/jpnn | Selasa, 12 Juni 2018 | 09:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Anemia bisa dikatakan sebagai penyakit dimana berkurangnya jumlah kandungan hemoglobin atau sel darah merah didalam darah. Biasanya penyakit ini terjadi karena kekurangan zat besi dan juga kekurangan vitamin B12, kerusakan sel darah merah kronis dan anemia aplastik.

Tanda-tanda dan gejala kekurangan zat besi bisa mencakup kuku rapuh, bengkak atau nyeri lidah, celah-celah di sisi mulut, pembesaran limpa, dan sering infeksi.

Berikut beberapa tanda Anda menderita anemia, seperti dilansir laman MSN, Senin (25/7).

1. Kelelahan.

Kelelahan dikatakan gejala yang paling umum dari anemia. Kelelahan ini terjadi karena tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke berbagai bagian lain dari tubuh Anda.

Tingkat hemoglobin jatuh mengakibatkan adanya penurunan tingkat darah yang dikirimkan ke otak Anda. Hal ini pada akhirnya menghasilkan lebih sedikit energi dan kelelahan.

2. Denyut jantung yang cepat atau tidak teratur.

Anemia bisa menyebabkan denyut jantung yang cepat atau tidak teratur (aritmia). Saat Anda mengalami anemia, jantung Anda harus memompa lebih banyak darah untuk mengkompensasi kekurangan oksigen dalam darah. Hal ini bisa menyebabkan pembesaran jantung atau gagal jantung.

3. Insomnia.

Individu dengan sindrom ini menderita insomnia. Jika Anda khawatir Anda mungkin menderita anemia, coba makan makanan yang kaya klorofil yang diduga meningkatkan tidur.

4. Kesulitan berkonsentrasi.

Kekurangan oksigen segar dalam darah bisa menyebabkan kesulitan berkonsentrasi. Otak akan menjadi lelah dan mengganggu fungsi pentingnya.

5. Sakit kepala.

Penderita anemia memiliki sel darah merah yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan kekurangan oksigen ke otak yang menyebabkan sakit kepala.




Fokus : Anemia


#Anemia
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 7 jam yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 8 jam yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks