Cek Irama Jantung sangat Penting!

Oleh : Dirk/Metro | Sabtu, 09 Juni 2018 | 13:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri semua orang tentu pernah mengalami yang namanya jantung berdebar-debar dan hal ini tentu dianggap sebagai hal biasa dan bukan gangguan serius. Biasanya ini disebut dengangangguan irama jantung.

Padahal, gangguan irama jantung yang dalam dunia medis disebut fibrilasi atrium merupakan faktor terbesar dan tercepat pemicu stroke bagi manusia.

“Pemicu stroke dan serangan jantung itu ada banyak. Tapi umumnya masyarakat hanya tahu sebatas hipertensi dan diabetes. Jarang yang tahu dan memahami ?brilasi atrium,” ungkap dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Yoga Yuniadi, dalam acara Atrial Fibrillation Awareness Campaign 2016, di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta, awal pekan ini.

Yoga mengatakan umumnya fibrilasi atrium muncul pada seseorang secara tiba-tiba. Gejala berdebar pada jantung yang timbul juga memiliki rentang waktu yang bervariasi pada setiap orang. Ada yang muncul secara terus-menerus, ada yang muncul pada waktu-waktu yang tidak dapat diperkirakan atau on-off.

“Ini yang kadang diabaikan, ketika gejala hilang, mayoritas orang akan menganggapnya aman dan tidak melakukan tindakan apa pun termasuk memeriksakan diri ke dokter,” tambah Yoga.

Yoga menjelaskan tidak ada penyebab khusus seseorang dapat menderita ?brilasi atrium.

Namun, beberapa hal seperti usia di atas 65 tahun, riwayat penyakit hipertensi dan diabetes, serta kebiasaan merokok dapat menyebabkan seseorang lebih rentan menderita ?brilasi atrium.

Selain itu, berbagai penelitian dan kasus juga membuktikan perempuan lebih berisiko mengalami ?brilasi.

Senada dengan Yoga, Ketua Ikatan Dokter Spesialis Saraf (Perdossi) Salim Haris juga mengatakan ?brilasi atrium merupakan faktor terbesar dan tercepat penyebab stroke. Tidak menunggu waktu yang lama, seseorang yang baru mengalami ?brilasi atrium dapat terserang stroke hingga tingkat keparahan yang fatal.

“Jadi kalau faktor lain seperti hipertensi dan diabetes menyebabkan stroke setelah jangka panjang, ?brilasi atrium bisa hanya dalam waktu 48 jam sudah menyebabkan stroke,” ungkap Salim di kesempatan yang sama.

Salim menjelaskan prevalensi pasien fibrilasi atrium semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Di Indonesia, pada usia 40-60 tahun, penderita ?brilasi atrium berkisar 0,2% dari jumlah populasi. Sementara itu, pada usia di atas 80 tahun mencapai 15%-40%.

“Hal itu menunjukkan ?brilasi atrium merupakan aging disease. Namun, tidak tertutup kemungkinan dapat terjadi pada usia muda. Saat ini, semakin banyak kasus stroke di usia produktif,” ungkap Salim.




Fokus : Irama Jantung


#Jantung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
3 hari yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks