Cara ini bisa Usir Pikiran Bunuh Diri

Oleh : Dirk/kompas | Sabtu, 30 Juli 2016 | 18:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Ketika memiliki masalah yang berat dan tak kunjung selesai biasanya terlintas di pikiran beberapa orang untuk mengakhiri hidupnya sendir. 

Bila belakangan ini Anda juga memiliki pikiran untuk bunuh diri, hal pertama yang harus Anda ingat adalah kebanyakan orang yang berniat bunuh diri dan bertahan hidup merasa sangat lega karena mereka tidak jadi mengakhiri hidupnya.

Ketika tercetus keinginan bunuh diri, biasanya mereka mengalami perasaan yang sangat putus asa dan tidak tahu ke mana harus mencari pertolongan. Mereka juga merasa tidak bisa mengontrol hidupnya dan banyak hal tak juga membaik. 

Satu-satunya hal yang dirasa masih bisa dikontrol adalah apakah mereka hidup atau mati, dan melakukan bunuh diri seolah menjadi satu-satunya pilihan. Padahal ini adalah pikiran yang keliru.

Beberapa pemikiran yang sering menyertai ide bunuh diri antara lain, tak mau lagi merasakan derita, tidak punya pilihan, merasa orang yang buruk dan tidak layak hidup, merasa orang yang dicintai akan lebih baik tanpa saya, dan sebagainya.

Apa pun pikiran yang Anda miliki dan seberapa buruk Anda merasa, ingatlah bahwa hal itu tidak benar. Bila keinginan untuk bunuh diri timbul, ungkapkan hal ini pada orang terdekat dan jangan segan menerima bantuan. 

Hindari menggunakan alkohol atau obat-obatan pada saat sedang sedih karena ini akan membuat perilaku Anda semakin impulsif. 

Buatlah daftar hal-hal positif tentang Anda dan hidup Anda, lalu bacahlah daftar ini setiap kali rasa putus asa muncul. 

Alihlah pikiran bunuh diri dengan membaca buku, berkumpul dengan teman atau keluarga, menonton film favorit atau film komedi, berbicara dengan orang yang dipercaya, serta tidur cukup (bila perlu minum pil tidur). Tundalah niat bunuh diri setidaknya selama 48 jam karena kemungkinan besar Anda akan berubah pikiran.

Salah satu hal paling penting adalah mencari penyebab mengapa Anda terpikir untuk bunuh diri, misalnya saja adanya gangguan jiwa seperti depresi, ketergantungan alkohol, menghadapi krisis hidup, atau kenangan yang menyakitkan. Diskusikan ini dengan psikiater yang bisa membantu Anda menentukan langkah terapi yang tepat.




Fokus : Bunuh Diri


#Bunuh Diri
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 9 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks