Cara ini bisa Usir Pikiran Bunuh Diri

Oleh : Dirk/kompas | Sabtu, 30 Juli 2016 | 18:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Ketika memiliki masalah yang berat dan tak kunjung selesai biasanya terlintas di pikiran beberapa orang untuk mengakhiri hidupnya sendir. 

Bila belakangan ini Anda juga memiliki pikiran untuk bunuh diri, hal pertama yang harus Anda ingat adalah kebanyakan orang yang berniat bunuh diri dan bertahan hidup merasa sangat lega karena mereka tidak jadi mengakhiri hidupnya.

Ketika tercetus keinginan bunuh diri, biasanya mereka mengalami perasaan yang sangat putus asa dan tidak tahu ke mana harus mencari pertolongan. Mereka juga merasa tidak bisa mengontrol hidupnya dan banyak hal tak juga membaik. 

Satu-satunya hal yang dirasa masih bisa dikontrol adalah apakah mereka hidup atau mati, dan melakukan bunuh diri seolah menjadi satu-satunya pilihan. Padahal ini adalah pikiran yang keliru.

Beberapa pemikiran yang sering menyertai ide bunuh diri antara lain, tak mau lagi merasakan derita, tidak punya pilihan, merasa orang yang buruk dan tidak layak hidup, merasa orang yang dicintai akan lebih baik tanpa saya, dan sebagainya.

Apa pun pikiran yang Anda miliki dan seberapa buruk Anda merasa, ingatlah bahwa hal itu tidak benar. Bila keinginan untuk bunuh diri timbul, ungkapkan hal ini pada orang terdekat dan jangan segan menerima bantuan. 

Hindari menggunakan alkohol atau obat-obatan pada saat sedang sedih karena ini akan membuat perilaku Anda semakin impulsif. 

Buatlah daftar hal-hal positif tentang Anda dan hidup Anda, lalu bacahlah daftar ini setiap kali rasa putus asa muncul. 

Alihlah pikiran bunuh diri dengan membaca buku, berkumpul dengan teman atau keluarga, menonton film favorit atau film komedi, berbicara dengan orang yang dipercaya, serta tidur cukup (bila perlu minum pil tidur). Tundalah niat bunuh diri setidaknya selama 48 jam karena kemungkinan besar Anda akan berubah pikiran.

Salah satu hal paling penting adalah mencari penyebab mengapa Anda terpikir untuk bunuh diri, misalnya saja adanya gangguan jiwa seperti depresi, ketergantungan alkohol, menghadapi krisis hidup, atau kenangan yang menyakitkan. Diskusikan ini dengan psikiater yang bisa membantu Anda menentukan langkah terapi yang tepat.




Fokus : Bunuh Diri


#Bunuh Diri
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 57 menit yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 4 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 5 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 6 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Konsumsi Jahe

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jahe berguna untuk menghangatkan tubuh. Di Makassar, meminum olahan jahe seperti sarabba..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Bahan Alami Ini Mampu Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Terdapat sederet pencetus tingginya kolesterol jahat, salah satunya karena terlalu banyak menyantap..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Olahraga Terbaik Sekitar Jam 7 sampai Jam 10

Wartakesehatan.com- Menurut spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO, bila ditinjau dari sisi rekreasi..

+Indeks