Penyakit Batu Ginjal Perlu diwaspadai Saat Usia Produktif

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Minggu, 31 Juli 2016 | 14:05 WIB


IST

Wartakesehatan - Selama ini masalah batu ginjal disebut-sebut sebagai salah satu gangguan yang sering kali dialami pada usia produktif. Kesibukan dan gaya hidup yang tidak sehat membuat seseorang berisiko tinggi untuk mengalami batu ginjal. Apabila dibiarkan batu ginjal dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius pada diri Anda.

"Saat usia produktif, seseorang biasanya akan lupa untuk minum apalagi bila bekerja di ruangan yang sejuk," ucap Nur Rasyid, dokter spesialis urologi, Rumah Sakit Siloam Asri, Jakarta.

Kurang minum memang diketahui sebagai penyebab terbesar terjadinya batu ginjal. Selain itu konsumsi makanan yang tidak sehat dan kelainan metabolisme tubuh juga dapat menjadi penyebab lainnya.

Batu ginjal berasal dari urin yang pekat, sehingga menyebabkan pengkristalan di dalam ginjal. Penyakit yang satu ini biasanya tidak akan menimbulkan gejala yang berat apalagi bila batu belum memasuki saluran kemih. Gejala biasanya baru akan terdeteksi saat sudah memasuki saluran kemih, karena menyebabkan urin sulit keluar sehingga membuat Anda merasakan nyeri, pegal di area pinggang, mual muntah, urin pekat, dan sakit saat akan buang air kecil.

Beberapa jenis batu ginjal diantaranya adalah:

1. Batu kalsium oksalat

Kebanyakan kasus batu ginjal adalah batu yang mengandung kalsium oksalat. Oksalat banyak terdapat dalam makanan seperti kacang dan cokelat. Pola makan, konsumsi vitamin D yang berlebihan, dan gangguan metabolisme tubuh dapat meningkatkan kandungan kalsium oksalat dalam urin.

2. Batu asam urat

Asam urat biasanya terjadi pada orang yang tidak memenuhi kebutuhan cairannya. Selain itu konsumsi tinggi protein juga dapat menyebabkan terjadinya asam urat.

3. Batu struvit

Jenis batu yang satu ini terjadi akibat adanya infeksi saluran kemih. Batu struvit dapat tumbuh dengan cepat dan terkadang hanya menimbulkan sedikit gejala atau tidak sama sekali.

Dengan mengetahui jenis batu ginjal, maka Anda akan mengetahui makanan apa yang harus Anda hindari. Selain itu ukuran batu ginjal juga harus diketahui untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.




Fokus : Batu Ginjal


#Batu Ginjal
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
2 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks