Cegah Risiko Serangan Jantung dengan 5 Langkah ini!

Oleh : Dirk Christ | Jumat, 06 Juli 2018 | 07:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri mendengar penyakit jantung bisa jadi membuat semua orang ketakutan, bagaimana tidak penyakit ini bisa menyebabkan kematian dalam hitungan menit. Penyakit ini juga diduga sebagai pemunuh nomor 1 di dunia. Kini, penyakit jantung tak hanya didominasi kaum tua. Penyakit jantung sudah mulai mengincar orang usia muda. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kesehatan organ jantung.

Berikut ini lima langkah sederhana untuk membuat jantung tetap sehat dan mengurangi risiko serangan jantung dikutip dari Metronews.com

1. Rajin Berolahraga

Selain membuat badan bugar, olahraga juga mampu menjaga kesehatan jantung. Olahraga yang ampuh untuk menjaga kesehatan jantung adalah olahraga ringan seperti lari kecil, jalan, bersepeda, dan jalan cepat. Lakukan aktivitas olahraga ini setiap hari 30 menit. Nilai plus lain dari melakukan olahraga tersebut ialah paru-paru semakin sehat.

2. Jauhi Rokok

Seperti kita ketahui, rokok memicu beragam masalah kesehatan. Selain tidak baik untuk kesehatan paru-paru, merokok juga memengaruhi kesehatan jantung. Kandungan zat beracunnya sedikit demi sedikit akan merusak organ-organ penting dalam tubuh seperti jantung dan paru-paru.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Lemak jahat dalam makanan berminyak akan menyumbat pembuluh darah yang digunakan sebagai akses utama darah untuk menuju jantung. Selain itu, lemak juga akan membuat kadar kolesterol seseorang kian meningkat. Makanan yang mengandung lemak jahat ialah makanan yang digoreng. Akan lebih sehat bila Anda menyantap makanan yang direbus, dikukus, atau dipanggang.
 
4. Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan akan menimbulkan beragam penyakit. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh obesitas adalah penyakit jantung. Tumpukan lemak berlebihan di seluruh tubuh membuat jantung tidak dapat bekerja maksimal.

5. Cukupi Konsumsi Air Putih

Wajib bagi Anda mengonsumsi air putih. Jika biasanya Anda meminum air putih 8 gelas, maka dianjurkan agar Anda minum air putih lebih dari 8 gelas setiap hari. Kebiasaan sehat ini bila dilakukan setiap hari akan membuat tubuh sehat dan segar.




Fokus : Serangan Jantung


#Serangan Jantung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 45 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks