Cegah Risiko Serangan Jantung dengan 5 Langkah ini!

Oleh : Dirk Christ | Jumat, 06 Juli 2018 | 07:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri mendengar penyakit jantung bisa jadi membuat semua orang ketakutan, bagaimana tidak penyakit ini bisa menyebabkan kematian dalam hitungan menit. Penyakit ini juga diduga sebagai pemunuh nomor 1 di dunia. Kini, penyakit jantung tak hanya didominasi kaum tua. Penyakit jantung sudah mulai mengincar orang usia muda. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kesehatan organ jantung.

Berikut ini lima langkah sederhana untuk membuat jantung tetap sehat dan mengurangi risiko serangan jantung dikutip dari Metronews.com

1. Rajin Berolahraga

Selain membuat badan bugar, olahraga juga mampu menjaga kesehatan jantung. Olahraga yang ampuh untuk menjaga kesehatan jantung adalah olahraga ringan seperti lari kecil, jalan, bersepeda, dan jalan cepat. Lakukan aktivitas olahraga ini setiap hari 30 menit. Nilai plus lain dari melakukan olahraga tersebut ialah paru-paru semakin sehat.

2. Jauhi Rokok

Seperti kita ketahui, rokok memicu beragam masalah kesehatan. Selain tidak baik untuk kesehatan paru-paru, merokok juga memengaruhi kesehatan jantung. Kandungan zat beracunnya sedikit demi sedikit akan merusak organ-organ penting dalam tubuh seperti jantung dan paru-paru.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Lemak jahat dalam makanan berminyak akan menyumbat pembuluh darah yang digunakan sebagai akses utama darah untuk menuju jantung. Selain itu, lemak juga akan membuat kadar kolesterol seseorang kian meningkat. Makanan yang mengandung lemak jahat ialah makanan yang digoreng. Akan lebih sehat bila Anda menyantap makanan yang direbus, dikukus, atau dipanggang.
 
4. Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan akan menimbulkan beragam penyakit. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh obesitas adalah penyakit jantung. Tumpukan lemak berlebihan di seluruh tubuh membuat jantung tidak dapat bekerja maksimal.

5. Cukupi Konsumsi Air Putih

Wajib bagi Anda mengonsumsi air putih. Jika biasanya Anda meminum air putih 8 gelas, maka dianjurkan agar Anda minum air putih lebih dari 8 gelas setiap hari. Kebiasaan sehat ini bila dilakukan setiap hari akan membuat tubuh sehat dan segar.




Fokus : Serangan Jantung


#Serangan Jantung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
1 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks