Pasca Melahirkan, Ini Rahasianya Agar Cepat Langsing

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Rabu, 03 Agustus 2016 | 20:33 WIB


IST

Wartakesehatan - Usai melewati masa persalinan, kebanyakan dari seorang ibu mungkin telah mengagendakan untuk melakukan penurunan berat badan. Bahkan, bagi sebagian ibu, hal ini sudah direncanakan sejak bayi belum lahir. Untuk urusan ini, maka ibu perlu dua cara untuk mencapai impiannya. Yaitu melakukan diet aman untuk ibu menyusui dan olahraga.

Olahraga memang terdengar sederhana, tapi kenyataannya, bagi ibu baru hal ini ternyata cukup sulit. Terutama untuk 'mencuri' waktu berolahraga. Semenjak Anda diperbolehkan melakukan olahraga pascamelahirkan oleh dokter, Anda bisa melakukan beberapa jenis olahraga mudah berikut, yang bisa dilakukan kapan pun.

Jalan kaki

Mungkin kedengarannya tidak terlalu menantang, apalagi kalau Anda sebelum melahirkan begitu aktif, tapi jalan kaki adalah olahraga terbaik bagi ibu baru. Cukup jalan santai, dan lakukan perlahan-lahan. Tambahkan intensitas dan jarak perjalanan Anda pada sesi berikutnya, namun tetap sesuai dengan kemampuan. Anda juga bisa mengajak bayi ikut serta dalam kegiatan ini. Letakkan ia di dalam kereda dorong, dan bayi pun ikut mendapatkan udara segar.

Kontraksi otot perut

Olahraga ini sangat sederhana dan bisa membantu merelaksasi otot sekaligus menguatkan dan membentuk otot perut. Caranya, duduk tegap dan tarik napas dalam-dalam hingga paru-paru terasa penuh dan menekan diafragma. Saat menarik napas, kencangkan otot perut . Sebaliknya, saat melepas napas, relaksasi otot perut. Terus berlatih sampai dapat menahan otot perut dalam waktu yang cukup lama.

Rangkaian sit up

Sit up merupakan salah satu gerakan yang dapat memperkuat otot perut, namun khusus untuk ibu yang baru melahirkan, sebaiknya jangan dilakukan dengan terburu-buru. Hingga kondisi yang dinyatakan aman oleh dokter untuk melakukan olahraga, lakukan gerakan sit up mulai dari gerakan mengangkat kepala, dilanjutkan ke bahu dan kemudian sit up.

Lakukan gerakan ini dengan cara posisikan tubuh dengan tiduran, angkat kepala perlahan-lahan hingga dagu menyentuh dada. Bila Anda bisa melakukan gerakan ini 10 kali tanpa masalah, maka mulailah mengangkat bahu. Sama seperti angkat kepala tadi, angkat kepala dan bahu dengan sedikit membengkokkan punggung. Posisikan tangan lurus ke depan agar terasa berat, atau silangkan tangan di dada. Selanjutnya, bila Anda sudah dapat melakukan ini 10 kali dengan mudah, perlahan mulailah gerakan sit up secara perlahan-lahan.

Yoga cow pose

Gerakan yoga ini bisa membantu Anda membentuk otot perut dan mengurangi nyeri punggung. Caranya ambil posisi merangkak dengan jari kaki menyentuh lantai dan tangan lurus ke depan, sejajar dengan bahu. Pastikan posisi punggung lurus namun santai, tidak ditekuk. Saat menarik napas, angkat kepala sambil melihat ke langit-langit, lalu gerakkan perut ke depan dan sedikit mengangkat bokong. Tahan posisi selama beberapa detik, lepas napas dan perlahan kembali ke posisi awal.

Kegel

Kegel tidak hanya menguatkan otot pada area organ intim wanita, tapi juga membantu mengencangkan otot perut, paha dan bokong. Fokus utama Anda saat melakukan olahraga ini adalah mengencangkan otot yang biasa ditahan saat tahan buang air kecil. Agar lebih jelas otot mana yang perlu Anda tahan, cobalah gerakan ini saat sedang buang air kecil. Fokus pada otot-otot yang dapat menghentikan keluarnya air seni. Semakin lama Anda bisa menahan otot ini, maka semakin bermanfaat bagi tubuh.




Fokus : Langsing


#Langsing
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 24 menit yang lalu

Hindari Risiko Kanker Usus dengan Kayu Manis

Wartakesehatan.com - Semua orang indonesia pasti mengetahui tentang rempah-rempah, seperti: cengkeh, daun bawang, jintan,..
Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Alasan, Serangan Jantung Lebih Sering saat Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Tidak ada yang ingin terkena serangan jantung. Begitu pula dengan Anda. Sebab ketika serangan..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Kebanyakan Tidur? Waspada Penyakit ini

Wartakesehatan.com - Tidur adalah kebutuhan utama manusia. Oleh karena itu, hidup sehat tidak hanya perkara memakan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Telur miliki Manfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Entah orak-arik, dadar, atau rebus, selalu saja ada cara membuat telur menjadi lebih menarik untuk..
Obat & Penyakit - 14 jam yang lalu

Alami, ini cara Cegah Kanker Tulang

Wartakesehatan - Kanker tulang merupakan penyakit yang disebabkan dari sel-sel yang membentuk tulang. Penyakit ini bisa..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

5 Manfaat Sehat dari Berkebun

Wartakesehatan.com - Berkebun diyakini memiliki banyak manfaat. Tidak hanya mempercantik lingkungan rumah, berkebun juga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Manfaat Sehat Pala bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Salah satu jenis rempah yang mudah ditemui dalam masakan Indonesia adalah pala.Walaupun berbentuk..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Ini 4 Fakta Sehat dari Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat adalah salah satu buah yang cukup menjadi favorit. Buah Alpukat memiliki Kandungan gizi..
Kecantikan - 18 jam yang lalu

Cara Mudah Mencegah Rambut Rontok

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan, banyak wanita yang mengalami rambut menipis. Diperkirakan 8 juta wanita di..
Mamin - 19 jam yang lalu

Minum Air Hangat Baik untuk Pencernaan

Wartakesehatan.com - Minum air hangat akan memberikan banyak manfaat kesehatan dan membantu menyingkirkan berbagai..

+Indeks