Kondisi yang Diwaajibkan Untuk Cuci Tangan

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Jumat, 05 Agustus 2016 | 09:33 WIB


IST

Wartakesehatan - Ada beberapa kondisi dimana seseorang wajib utnuk mencuci tangan menggunakan sabun dengan cara yang benar. Sebab, tangan yang merupakan salah satu 'sarang' kuman akan menjadi media yang sangat mudah bagi kuman dan bakteri berpindah tempat dari tangan ke dalam tubuh kita. Bila bakteri atau kuman tersebut sudah masuk ke dalam tubuh, maka ia akan lebih mudah berkembang dan menyebabkan penyakit. Sebaiknya Anda tidak menyepelekan cuci tangan pada kondisi-kondisi berikut:

Sebelum makan


Sebelum Anda makan merupakan waktu yang paling tepat untuk mencuci tangan menggunakan sabun, tidak hanya menggunakan air saja. Sebab, Anda tidak akan pernah tahu kondisi kebersihan tangan. Bisa saja sebelum makan Anda menggunakannya untuk menyentuh keyboard komputer, tombol lift, gagang pintu, atau keran air yang merupakan sarang kuman. Mencuci tangan sebelum makan juga bisa menghindarkan Anda dari diare.

Sebelum dan sesudah merawat orang sakit


Sangat penting untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum merawat orang sakit, terlebih jika Anda mengobati bagian tubuh yang terluka. Hal ini akan mengurangi dampak terjadinya infeksi pada penderita. Mencuci tangan setelah merawat orang sakit juga sangat penting bagi diri Anda sendiri. Sebab, tanpa disadari, bisa saja bakteri atau kuman penyakit yang ada pada penderita terbawa ke tubuh Anda.

Usai dari kamar mandi


Banyak sekali kuman penyakit yang terdapat di toilet, apalagi di toilet umum. Untuk itu sangat diwajibkan bagi Anda untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir setelah menggunakan toilet. Hal ini akan mengurangi risiko terkena penyakit menular seperti salmonella atau hepatitis A.

Sebelum menyusui


Kegiatan menyusui dikhawatirkan dapat menjadi sebuah sarana penularan kuman dan penyakit dari ibu ke anak. Sebab, saat menyusui terjadi kontak fisik antara tangan ibu kepada bayi. Ditambah lagi kondisi fisik bayi dalam menghadang kuman penyakit, tidak sekuat orang dewasa. Oleh karena itu, bayi akan mudah jatuh sakit jika terpapar kuman dan bakteri. Untuk itu, sangat diwajibkan bagi para ibu menyusui untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum menyusui.

Setelah bersentuhan dengan hewan


Bila Anda adalah pencinta hewan atau bahkan memiliki hewan peliharaan, maka pastikan untuk selalu mencuci tangan setelah melakukan kontak dengan hewan tersebut. Walaupun kesehatan dan kebersihan hewan peliharaan Anda terjaga dengan baik, tetapi Anda juga harus menjaga kesehatan Anda dengan melakukan cuci tangan menggunakan sabun sebelum melakukan kegiatan lain. Kulit hewan juga jadi salah satu sarang kuman dan bakteri.




Fokus : Cuci Tangan


#Cuci Tangan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 7 jam yang lalu

3 Posisi Tidur yang tepat bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com – Seperti yang kita tahu bahwa tidur sangat baik bagi kesehatan namun posisi tidur menentukan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Inilah Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Mamin - 10 jam yang lalu

Konsumsi Ikan miliki Manfaat ini!

Wartakesehatan.com - Tubuh memang perlu dirawat dan dijaga , salah satunya dengan asupan makanan yang Anda konsumsi...
Konsultasi - 10 jam yang lalu

Tips Dan Cara Menghilangkan Luka Gores Dengan Cepat

Wartakesehatan.com-Dari anak kecil hingga orang dewasa, luka akibat goresan sudah umum terjadi. Perawatan bekas luka gores..
Herbal - 12 jam yang lalu

Mengonsumsi Tomat Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com-Ada banyak cara menurunkan tekanan darah, yang alami jika Anda didiagnosis memiliki..
Mamin - 13 jam yang lalu

5 Manfaat Sehat Pisang Merah

Wartakesehatan - Berbicara tentang pisang pasti semua orang mengetahui bentuk fisik serta warna kuning yang selalu..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Turunkan Berat Badan dengan Jus Alami

Wartakesehatan - Memiliki berat badan yang ideal adalah impian setiap orang khususnya wanita. Biasanya cara yang sering..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Awas, Empat Kebiasaan yang Merusak Gigi

Warttakesehatan.com - Pernahkah Anda merasakan sakit gigi ? Tentunya pernah, di saat sakit  Anda bisa kehilangan..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

4 Cara Sederhana Cegah Perut Mulas

Wartakesehatan.com - Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan timbulnya perut mulas, salah satunya dari pengaruh makanan...
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

6 Cara sederhana atasi Sariawan

Wartakesehatan - Sariawan tentu saja pernah dialami setiap orang, selain rasa perih di dalam mulut sariawan sangat..

+Indeks