Find us on:

Kondisi yang Diwaajibkan Untuk Cuci Tangan

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Jumat, 05 Agustus 2016 | 09:33 WIB


IST

Wartakesehatan - Ada beberapa kondisi dimana seseorang wajib utnuk mencuci tangan menggunakan sabun dengan cara yang benar. Sebab, tangan yang merupakan salah satu 'sarang' kuman akan menjadi media yang sangat mudah bagi kuman dan bakteri berpindah tempat dari tangan ke dalam tubuh kita. Bila bakteri atau kuman tersebut sudah masuk ke dalam tubuh, maka ia akan lebih mudah berkembang dan menyebabkan penyakit. Sebaiknya Anda tidak menyepelekan cuci tangan pada kondisi-kondisi berikut:

Sebelum makan


Sebelum Anda makan merupakan waktu yang paling tepat untuk mencuci tangan menggunakan sabun, tidak hanya menggunakan air saja. Sebab, Anda tidak akan pernah tahu kondisi kebersihan tangan. Bisa saja sebelum makan Anda menggunakannya untuk menyentuh keyboard komputer, tombol lift, gagang pintu, atau keran air yang merupakan sarang kuman. Mencuci tangan sebelum makan juga bisa menghindarkan Anda dari diare.

Sebelum dan sesudah merawat orang sakit


Sangat penting untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum merawat orang sakit, terlebih jika Anda mengobati bagian tubuh yang terluka. Hal ini akan mengurangi dampak terjadinya infeksi pada penderita. Mencuci tangan setelah merawat orang sakit juga sangat penting bagi diri Anda sendiri. Sebab, tanpa disadari, bisa saja bakteri atau kuman penyakit yang ada pada penderita terbawa ke tubuh Anda.

Usai dari kamar mandi


Banyak sekali kuman penyakit yang terdapat di toilet, apalagi di toilet umum. Untuk itu sangat diwajibkan bagi Anda untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir setelah menggunakan toilet. Hal ini akan mengurangi risiko terkena penyakit menular seperti salmonella atau hepatitis A.

Sebelum menyusui


Kegiatan menyusui dikhawatirkan dapat menjadi sebuah sarana penularan kuman dan penyakit dari ibu ke anak. Sebab, saat menyusui terjadi kontak fisik antara tangan ibu kepada bayi. Ditambah lagi kondisi fisik bayi dalam menghadang kuman penyakit, tidak sekuat orang dewasa. Oleh karena itu, bayi akan mudah jatuh sakit jika terpapar kuman dan bakteri. Untuk itu, sangat diwajibkan bagi para ibu menyusui untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum menyusui.

Setelah bersentuhan dengan hewan


Bila Anda adalah pencinta hewan atau bahkan memiliki hewan peliharaan, maka pastikan untuk selalu mencuci tangan setelah melakukan kontak dengan hewan tersebut. Walaupun kesehatan dan kebersihan hewan peliharaan Anda terjaga dengan baik, tetapi Anda juga harus menjaga kesehatan Anda dengan melakukan cuci tangan menggunakan sabun sebelum melakukan kegiatan lain. Kulit hewan juga jadi salah satu sarang kuman dan bakteri.




Fokus : Cuci Tangan


#Cuci Tangan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks