Dampak yang Terjadi pada Anak Jika Orangtua Sering Berteriak

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Jumat, 05 Agustus 2016 | 16:31 WIB


IST

Wartakesehatan - Sebagian orangtua mungkin akan merasa kesal jika anaknya tak bisa diatur. Namun, jika Anda sebagai orangtu mendisiplinkan anak dengan berteriak bisa berdampak buruk pada pribadi anak. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Pittsburgh dan University of Michigan mengungkap fakta ini.

Menurut studi tersebut, jika orangtua kerap berteriak pada anak-anaknya, mereka akan mengembangkan perilaku buruk akibat reaksi verbal yang kasar.

"Ini seperti lingkaran setan dan dapat berdampak dua arah, baik bagi anak dan orangtua. Disiplin lisan yang keras, didefinisikan sebagai kekuatan psikologis dengan tujuan membuat anak mengalami rasa jera atau ketidaknyamanan untuk tujuan koreksi atau kontrol perilaku. Nyatanya, hal ini justru akan mendiskreditkan anak,” ujar penulis studi, Ming-Te Wang.

Sederhananya, kata dia, ketika kita berteriak pada anak-anak untuk berhenti melakukan hal-hal buruk, hal ini akan membuat mereka merasa buruk terhadap dirinya sendiri atau terhadap apa yang mereka lakukan.

Wang dan rekan penulisnya, Sarah Kenny, menemukan disiplin lisan dengan cara ini dikaitkan dengan meningkatnya tindakan atau perilaku masalah, peningkatan agresi, serta masalah intrapersonal pada anak-anak.

Teriakan yang agresif menyebabkan anak-anak merasa ditolak dan membuat mereka merasa orangtuanya tidak menyukainya. Ini juga menghasilkan efek negatif pada pandangan anak tentang dunia mereka, keluarga, dan hubungan sosialnya.

Kesimpulan studi tersebut sangat jelas. Ia menyatakan mendisiplinkan anak dengan berteriak bukan hanya tidak efektif, tetapi juga membuat hal-hal semakin buruk, berpotensi pada masalah psikologis anak yang berjangka panjang, dan merusak hubungan orangtua-anak.

Sayangnya, berubah menjadi orangtua yang hangat setelah melakukan cara disiplin seperti itu, tidak dapat menghilangkan kerusakan yang telah terjadi. Hukuman verbal dapat menggerogoti kemauan anak untuk percaya pada orangtuanya.

Lebih baik, jika Anda ingin mengubah perilaku anak, cobalah untuk berkomunikasi dengannya dalam tingkat yang sama. Jelaskan kekhawatiran dan pemikiran Anda pada anak. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti program pengasuhan anak dari profesional, agar tepat menangani disfungsional dinamika antara orangtua dan anak.




Fokus : Anak


#Anak
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 7 menit yang lalu

Ibu Hamil Ketahui 5 Makanan ini picu Keguguran

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkir seorang wanita hamil akan lebih banyak menjaga diri agar apapun yang dilakukan bisa..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

4 Cara atasi Nyeri Punggung

Wartakesehatan.com - Sebagai manusia biasa, kadang-kadang bahkan sering mengalami yang namanya nyeri punggung, Sebelum ke..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..

+Indeks