Find us on:

Kebiasaan-kebiasaan Buruk yang bikin Gemuk

Oleh : Dirk/kompas | Jumat, 05 Agustus 2016 | 17:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Manusia masih banyak yang belum meyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan. Sering kali kebiasaan-kebiasaan buruk selalu menghatui dan masih banyak yang belum menyadari seperti malas bangun pagi, tidak suka berolahraga, atau sering lupa sikat gigi sebelum tidur.

Banyak juga dari kita, yang punya kebiasaan buruk dalam hal makan. Sebut saja misalnya, melupakan makan pagi atau makan siang atau bahkan keduanya karena alasan kesibukan?

Anda harus tahu, bahwa melewatkan waktu makan, tidak akan membuat tubuh Anda bertambah langsing. Justru sebaliknya bisa membuat Anda bertambah gemuk. Dan masih ada kebiasaan-kebiasaan lain yang bisa menambah ukuran lingkar pinggang Anda. Simak seperti di bawh ini.

1. Kebiasaan buruk: Makan sebanyak-banyaknya di waktu malam
Anda berolahraga pagi tapi tidak sarapan yang cukup dan tidak makan siang. Alasannya? Terlalu sibuk. Walhasil, waktu makan malam Anda jadi kalap.

Perbaiki: Bawa makanan sehat ke manapun Anda pergi. "Kita cenderung makan apa saja yang di depan mata," kata Brian Wansink, Ph.D., direktur Cornell Food and Brand Lab.

Ia merekomendasikan agar Anda membawa makanan atau camilan yang mudah dibawa, sehat dan mengenyangkan seperti kacang-kacangan, apel, dan roti gandum.

2. Kebiasaan buruk: Terlalu banyak snack bar
Ada orang yang sangat mengandalkan snack bar untuk mengganjal perutnya. Mereka makan snack bar sebanyak atlit pelari. Yang perlu diingat adalah snack bar mengandung zat kimia tambahan dan pengawet.

“Plus, jika dikonsumsi terlalu banyak, Anda bisa saja kelebihan asupan sebanyak 300 kalori setiap hari karena bentuknya yang kecil, sering kita merasa baru memakannya sedikit" kata RunDisney ahli gizi di Tara Collingwood, R.D.N.

Perbaiki: Konsumsi energi bar hanya di saat Anda memerlukannya, misalnya setelah berolahraga atau saat Anda benar-benar terlalu sibuk untuk makan normal. Pilih snack bar yang mengandung gula kurang dari 10 gram per 150 kalori.

3. Kebiasaan buruk: Makan dalam porsi besar
Latihan yang keras akan meningkatkan rasa lapar. Tetapi, tubuh Anda tidak bisa mengolah kalori dalam jumlah yang sangat besar sekaligus, meski cadangan glikogen Anda habis, kata Collingwood.

"Ketika Anda makan terlalu banyak pada satu waktu, Anda berisiko menyimpannya sebagai lemak."

Perbaiki: Asup kalori dan minum yang cukup selama sesi olahraga. Anda bisa menyamil kacang-kacangan misalnya, selama latihan berlangsung. Setelah itu, makanlah dalam porsi kecil.

Penelitian Wansink menunjukkan, cara ini akan membuat Anda merasa lebih puas dan kenyang. Jika rasa lapar lagi, konsumsi makanan sarat mineral. Tubuh lebih bisa mengolah asupan makanan menjadi energi (bukan lemak) jika Anda makan dalam porsi seckupnya. .

4. Kebiasaan buruk: Mengonsumsi karbohidrat berlebihan
Ya, terutama Anda yang suka berolahraga, membutuhkan karbohidrat. Pasta, mi instan, sereal instan dan semua yang serba instan lain kerap menjadi pilihan karena mudah dan praktis menyiapkannya.

Masalahnya, kata Collingwood, ketika Anda hanya makan pasta atau sereal dan melupakan sayur, buah atau ikan, Anda tidak mengasup nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk bisa bekerja optimal.

Perbaiki: Buah-buahan, sayuran, dan makanan tinggi serat lainnya seperti lentil dan kacang-kacangan harus mengisi setengah piring setiap kali Anda makan. Makanan ini sara nutrisi dan sama mengenyangkan seperti karbohidrat.




Fokus : Gemuk


#Gemuk
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks