Cek Kondisi Kesehatan Anda Melalui Warna Urine

Oleh : Dirk/jpnn | Jumat, 05 Agustus 2016 | 19:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Selama ini kita mengetahui urine sebagai hal yang biasa. Urine sendiri lebih dikenal dengan sebutan air kencing yang adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi.

Menurut hasil penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, warna urine Anda tidak selalu akurat untuk diprediksi.

"Warna kuning urine berasal dari produk sampingan kimia yang terjadi ketika ginjal melakukan pekerjaan mereka dari pengolahan limbah," kata urologi, Koushik Shaw, MD, seperti dilansir laman Prevention, Selasa (2/8). Semakin dehidrasi Anda, maka akan semakin gelap warna konsentrasi urine Anda.

Berikut ini apa yang bisa warna urine katakan tentang kesehatan Anda:

1. Merah
Anda mungkin makan bit atau mungkin blackberry atau bahkan rhubarb. Kencing berwarna merah atau merah muda setelah makan bit biasanya dikenal dengan nama beeturia.

Beberapa senyawa yang bertanggung jawab untuk warna makanan ini diekskresikan dalam urine setelah ginjal melakukan pengolahan terhadap mereka. Ini harus jelas pada hari berikutnya, tetapi jika urine Anda tetap berwarna merah selama beberapa waktu, hal itu bisa menjadi tanda dari kandung kemih atau tumor ginjal. 

2. Oranye 
Sama seperti kulit Anda yang bisa berubah menjadi oranye jika Anda makan terlalu banyak wortel, begitu juga urine Anda. Jika Anda mengalami penumpukan beta-karoten, hal ini kemudian diekskresikan dalam urine. 

3. Kuning Neon
Vitamin B, terutama B12, mengakibatkan perubahan rona dramatis ini. 

4. Hijau
Bahkan jika Anda tidak melihat bahwa ciri khas asparagus, sayuran mungkin mengubah warna urine Anda menjadi warna kehijauan.

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, urine hijau bisa menjadi tanda dari bentuk spesifik dari infeksi saluran kemih disebut infeksi proteus. Bug yang menyebabkan hal itu juga bisa menyebabkan batu ginjal.

5. Biru
Sebuah kondisi genetik langka yang disebut hiperkalsemia, yang diakibatkan memiliki terlalu banyak kalsium dalam tulang Anda yang mengakibatkan urine berwana biru,

6. Cokelat
Porfiria adalah gangguan langka yang biasanya melibatkan kepekaan terhadap cahaya dan kadang-kadang bisa menyebabkan urine kecoklatan karena sel-sel darah merah dipecah dalam tubuh orang-orang dengan kondisi tersebut.




Fokus : Urine


#Urine
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






9 jam yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..
12 jam yang lalu

Tips Berbuka Puasa Bagi Pengidap Asma

Wartakesehatan.com - Sejauh ini berpuasa di bulan Ramadan dinyatakan aman oleh para dokter dan tenaga kesehatan. Bahkan menurut..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Bercinta Dapat Menghindarkan Kita Dari Penyakit

Wartakesehatan.com   - Memang bulan puasa waktu untuk menahan segala hawa nafsu, namun pasangan suami istri..
1 hari yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
1 hari yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..

+Indeks