Hebatnya Fungsi Ginjal, Penopang Kesehatan

Oleh : ibrahim romending | Sabtu, 06 Agustus 2016 | 02:03 WIB



Wartakesehatan.com - Pentingnya menjaga organ tubuh ginjal dalam kehidupan sehari hari. Ginjal adalah organ dalam tubuh manusia yang memiliki peran sangat penting. Terdapat dua buah dengan ukuran antara 10 hingga 15 cm dan berat sekitar 200 gram, ginjal berada di dalam rongga perut atas bagian belakang atau dekat dengan tulang belakang. Organ ginjal pada manusia memegang peranan yang sangat penting bagi kesehatan, yaitu:

Menyaring dan membersihkan darah
Bagian nefron pada ginjal bertugas untuk menyaring darah sehingga apabila organ ini tidak mampu menjalankan fungsinya, maka darah akan penuh dengan racun dan kotoran yang sangat berbahaya bagi tubuh secara keseluruhan.

Mengatur volume darah
Ginjal juga berperan untuk mengatur jumlah cairan yang terdapat di dalam darah sehingga volumenya selalu seimbang. Ketika fungsi ini tidak berjalan dengan baik maka resiko yang mungkin terjadi adalah tubuh akan menjadi kering karena kurang cairan atau justru tubuh terlalu banyak cairan yang menumpuk.

Mendaur ulang mineral, air, gizi serta glukosa
Organ ginjal akan mempertahankan zat–zat penting yang masuk ke dalam nefron bersama darah kemudian mengembalikannya ke peredaran darah. Ketika jumlahnya berlebih, maka ginjal tidak akan menyerapnya.

Mengatur keseimbangan kimia darah
Salah satu contoh dari fungsi ini adalah mengatur kadar garam yang ada di dalam darah.Ketika kadar garam terlampau tinggi maka beberapa anggota tubuh akan mengalami pembengkakan. Hal itu juga membuat kerja jantung untuk memompa darah menjadi berat. Di sini ginjal mengambil peran yaitu mengeluarkan kadar garam berlebih agar seimbang. Organ ginjal juga berperan dalam mengatur kadar kalium yakni ketika kadarnya berkurang maka ginjal akan menyerap kembali kalium tersebut. jika kadar kalium terlampau tinggi, maka ginjal akan membuangnya.

Menjaga tingkat keasaman darah
Organ ginjal bertugas untuk menjaga pH atau kadar keasaman darah agar tidak terlampau asam.

Memproduksi hormon
Ginjal memproduksi hormon bernama eritroprotein yang berfungsi untuk merangsang meningkatnya laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang.

 

Sumber : Sehatsekali.com




Fokus : Ginjal


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 7 jam yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 8 jam yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks