Alasan ASI Bisa Bantu Kurangi Risiko Kanker

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Sabtu, 06 Agustus 2016 | 15:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Air Susu Ibu (ASI) merupakan suatu cairan yang khasiatnya tak ada bandingannya. Tidak hanya nutrisi paling baik bagi bayi, tapi juga bisa meminimalkan risiko terkena kanker. Mengapa demikian?

"Ibu-ibu yang menyusui selama 2 tahun atau lebih akan terhindar dari kanker. Hal ini karena di dalam ASI ada zat HAMLET (Human Alpha-lactalbumin Made Lethal to Tumour cells) yang bisa mencegah ibu dari penyakit kanker seperti payudara serta serviks," kata dr Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM.

Hal itu disampaikannya saat ditemui dalam temu media memperingati Pekan ASI Sedunia 2016 dengan tema 'Ibu Menyusui Sampai 2 Tahun Lebih hebat, Anak Sehat & Cerdas dalam Rangka Mewujudkan Keluarga Sejahtera' di Gedung Adhyatma, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, yang ditulis pada Sabtu (6/8/2016).

Pada anak-anak, ASI akan membuat mereka terhindar dari dua jenis leukemia yaitu limfositik dan mielositik. Terlebih, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 dan 2014 juga menyatakan bila anak yang diberi ASI selama 6 bulan dapat mengurangi 20 persen risiko leukemia.

"Misalnya ada sel leukemia yang menyerang anak saat masih menyusu, sel tersebut akan dilawan oleh HAMLET tersebut. Sayangnya, zat ini baru ditemukan pada 2009 sehingga masih banyak yang belum mengetahuinya," lanjut dr Utami yang juga praktik di RS ST Carolus, Selemba, Jakarta Pusat.

"Menyusui itu bukan untuk makan anak saja, tetapi juga untuk kualitas hidup dari anak dan ibunya sendiri," tutur dr Utami.

HAMLET merupakan zat yang terkandung dalam ASI. HAMLET diketahui dapat membunuh 40 jenis sel kanker dengan keuntungan tidak akan merusak sel-sel yang sehat.

HAMLET ditemukan secara tidak sengaja ketika para peneliti sedang menyelidiki sifat anti bakteri yang ada di ASI. Zat ini terdiri dari protein dan asam lemak yang ditemukan secara alami dalam ASI.

Peneliti percaya jika zat aktif ini telah terpapar asam lambung dapat menimbulkan efek perlindungan yang sama seperti melawan tumor di masa kanak-kanak. Namun mereka menekankan bahwa pengembangan pengobatan antikanker dengan HAMLET tergantung pada pengubahan zat ini dalam bentuk obat.




Fokus : ASI


#Kanker #ASI
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 23 menit yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 4 Fakta tentang Keringat

Wartakesehatan.com -Semua orang pasti mengeluarkan keringat. Keringat bisa juga menjadi tanda dari beragam gangguan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Gejala jika Tubuh Kekurangan Kalium

Wartakesehatan - Kalium merupakan salah satu elektrolit yang paling penting dalam tubuh. Kalium bermanfaat untuk..

+Indeks