Manfaat Luar biasa Meditasi untuk Kesehatan

Oleh : Dirk/kompas | Sabtu, 17 Agustus 2019 | 10:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Meditasi bagi sebagian orang merupakan hal yang aneh dan ganjil oleh sebab itu banyak yang kurang suka dengan proses meditasi. Padahal tahukah anda? meditasi sangat bermanfaat baik bagi kesehatan apalagi bagi pasien penyakit kronis, meditasi bisa membantu kesembuhan dan mempercepat pemulihan.

Praktisi meditasi dari The Golden Space Indonesia Amrit Gurbani menjelaskan, manusia memiliki tubuh, pikiran, dan jiwa atau emosi yang saling berhubungan. Ketika pikiran stres, emosi marah, tubuh mengeluarkan hormon stres yang disebut kortisol. Sedangkan, ketika seseorang bahagia, tubuh mengeluarkan hormon endorfin.

"Penyakit itu bisa terjadi kalau kita terlalu stres," kata Amrit dalam jumpa pers pembukaan The Golden Space Indonesia di Sudirman Park, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Pikiran yang stres bisa menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga lebih mudah sakit atau memperparah penyakit. Untuk itu, tubuh, pikiran, dan jiwa seseorang harus seimbang.

Amrit mengatakan, komunikasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa manusia pun diatur oleh sistem di tubuh, yaitu napas. Misalnya, saat panik atau marah, napas akan lebih cepat.

Nah, meditasi, yang meliputi latihan bernapas bisa membuat seseorang lebih tenang, lebih menggunakan hati dalam menjalani hidip, membangun empati hingga intuisi. Dengan meditasi, seseorang pun bisa melupakan rasa sakitnya.

Selain itu, lanjut Amrit, meditasi juga bisa membantu seseorang menghilangkan fobia. "Fobia itu berasal dari bawah alam sadar kita. Kenapa kita takut? Tapi kalau kita mengerti kenapa takut, biasanya orang sudah enggak takut lagi," jelas Amrit.




Fokus : Meditasi


#Meditasi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 28 menit yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Study : Tidur Siang Bisa Kurangi Resiko Jantung dan Stroke

Health, Warkes.com – Study terbaru telah menemukan bagaimana tidur siang memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Karena Salmonella, CDC Larang Manusia Berkegiatan Dengan Ayam

AS, Warkes.com – Mewabahnya kasus Salmonella terkait dengan unggas, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

UU SDA Swasta dan Pemerintah Dapat Mengelola Air Bersama

Jakarta, Warkes.com - Dengan diketuknya Undang-Undang (UU) Sumber Daya Air (SDA), artinya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Kabut Asap dan Ancaman Bahayanya

Wartakesehatan.com - Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan serta lahan di daerah di riau dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

RUU SDA Sah Menjadi UU Masyarakat Diharap Tak Lagi Kekeringan

Jakarta, Warkes.com - Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) akhirnya disepakati bersama-sama, antara DPR RI dan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...

+Indeks